RSS Feed     Twitter     Facebook

Manfaat Secang

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 975 views    Font size:
Manfaat Secang

Tanaman ini menyenangi tempat terbuka sampai ketinggian 1.000 m dpl., seperti di daerah pegunungan yang berbatu tetapi tidak terlalu dingin. Secang tumbuh liar dan kadang ditanam sebagai tanaman pagar atau pembatas kebun.

Perdu atau pohon kecil, tinggi 5-10 m, batang dan percabangannya berduri tempel yang bentuknya bengkok dan letaknya tersebar, batang bulat, warnanya hijau kecoklatan. Daun majemuk menyirip ganda, panjang 25-40 cm, jumlah anak daun 10-20 pasang yang letaknya berhadapan.

Anak daun tidak bertangkai, bentuknya lonjong, pangkal rompang, ujung bulat, tepi rata dan hampir sejajar, panjang 10-25 mm, lebar 3-11 mm, warnanya hijau. Bunganya bunga majemuk berbentuk malai, keluar dari ujung tangkai dengan panjang 10-40 cm, mahkota bentuk tabung, warnanya kuning.

Buahnya buah polong, panjang 8-10 cm, lebar 3-4 cm, ujung seperti paruh berisi 3-4 biji, bila masak warnanya hitam. Biji bulat memanjang, panjang 15-18 mm, lebar 8-1 1 mm, tebal 5-7 mm, warnanya kuning kecoklatan.

Panenan kayu dapat dilakukan mulai umur 1-2 tahun. Kayunya bila digodok memberi warna merah gading muda, dapat digunakan untuk pengecatan, memberi warna pada bahan anyaman, kue, minuman atau sebagai tinta. Perbanyakan dengan biji atau stek batang.

Nama Lokal : Secang (Sunda), kayu secang, soga jawa (Jawa),; Sedangkan Penyakit Yang Dapat Diobati : Diare, disentri, batu darah (TBC), luka dalam, sifilis, darah kotor,; Muntah darah, berak darah, luka berdarah, memar berdarah; Malaria, tetanus, tumor, radang selaput lendir mata.;

Bagian yang dipakai sebagai  Tanaman Obat : Kayu. Kulitnya dibuang, dipotong-potong lalu dikeringkan. Pemakaian : Untuk minum : 3-9 g, direbus.

Pemakaian luar: Kayu direbus, airnya untuk mencuci luka, luka berdarah atau dipakai untuk merambang mata yang meradang.

Cara pemakaian :
1. Pembersih darah :  Kerokan kayu ditambah ketumbar dan daun trawas, rebus.
2. Diare / mencret : 5 g kayu dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 2 gelas air bersih
selama 15 menit. Setelah dingin disaring, dibagi menjadi 2 bagian.  Minum pagi dan sore hari.

3. Batuk darah pada TBC : 1 1/2 jari kayu secang dicuci dan dipotong-potong seperlunya,
rebus dengan 4 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas, Setelah dingin disaring, minum. Sehari 3 x 3/4 gelas.

4. Radang salaput lendir mata :  2 jari kayu secang dicuci dan dipotong-potong seperlunya, rebus
dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, airnya dipakai untuk merambang mata yang sakit.

5. Berak darah :  1 jari kayu secang dicuci dan dipotong-potong seperlunya, rebus  dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu seperlunya. Sehari 2 x 3/4 gelas.

Komposisi :
Sifat kimiawi dan efek farmakologis: Sepat tidak berbau. Menghentikan perdarahan, pembersih darah, pengelat, penawar racun dan antiseptik. Kandungan kimia: Kayu: Asam galat, tanin, resin, resorsin, brasilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, oscimene, minyak atsiri. Daun: 0,16%-0,20% minyak atsiri yang berbau enak dan hampir tidak berwarna. (Hariadi Susanto; Prasetya B Utama dan FatchurR; bahan dari FB dan http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/Kesehatan-Pengobatan/?kid=2464)

Catatan dari diskusi dari I loce P2Tel :
(a)    Baru tahu lho, kalau minuman Secang ( bukan utara Magelang ) itu enak. Warnanya mirip Fanta, beli di Yogyakarta Hadiningrat sudah diracik tinggal rebus saja dan ditambah gula sesuai selera. (HSs)
(b)    Kalau ingin beli kayunya masih glondongan di ngawi ada di jual (SY)
(c)    Kira-kira di daerah Semarang yang racikan bisa dibeli dimana ya? (HSp)
(d)    Kayu secang serutan di smg malah sangat murah. Beli 5 ribu rupiah, dapat satu tas kresek besar. (mangsude ada isinya). Bisa beli di penjual jamu di Jl Pedamaran langganan saya. ***

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code