RSS Feed     Twitter     Facebook

Telkom dan Edutainment

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 599 views    Font size:
Telkom dan Edutainment

JAKARTA – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menyelenggarakan kompetisi Edutainment Sains Asyik 2011 untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan nasional. Operations Vice President Public Relations Telkom, Agina Siti Fatimah menjelaskan, kompetisi ini merupakan uji kemampuan siswa-siswi sekolah dasar menyelesaikan soal ujian dengan menggunakan media portal www.speedycerdas.com serta untuk membangun dan mewadahi komunitas edutainment yang terdiri dari para guru, murid, dan para orangtua murid di kalangan sekolah dasar di beberapa kota.

“Sesuai dengan tema kompertisi yakni edutainment, kami mencoba merancang proses pembelajaran dimana muatan pendidikan dan hiburan dapat dikombinasikan secara harmonis, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan,” terang Agina di Jakarta, Senin (19/9).

Dia melanjutkan, tujuan dari kegiatan yang dimenangkan oleh Dhia Fadhilah B siswi Sekolah Dasar Islamic Village itu memberikan pengalaman kepada siswa-siswa sekolah dasar untuk belajar dalam suasana yang menyenangkan.

Pembelajaran yang menyenangkan biasanya dilakukan dengan humor atau melalui permainan (game), bermain peran (role play) dan demontrasi atau melalui pemanfaatan teknologi multimedia seperti animasi yang dikemas dalam bentuk CD Pembelajaran maupun aplikasi online berbasis internet.

Menurutnya, saat tren pertumbuhan industri telekomunikasi berkembang pesat yang didorong oleh konten dan content based devices seperti Google, Facebook, BlackBerry dan iPhone, Telkom menangkap peluang untuk berinovasi guna tetap mempertahankan competitive sustainable growth. “Peluang-peluang tersebut diwadahi Telkom melalui rangkaian proses transformasi dengan mengubah arah bisnis dari bisnis infocom menjadi Telecommunication, Information, Media dan Edutainment (TIME),” Tambah Agina.

Beberapa produk Telkom di bidang Edutainment saat ini antara lain Indismart dan PesonaEdu. Layanan tersebut dapat diakses melalui portal www.telkomspeedy.com dan Flexi Gaul yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu.

Flexi Gaul Cerdas merupakan aplikasi tambahan yang ada pada handset bundling Flexi yang berisi layanan informasi tentang dunia sekolah, kegiatan belajar-mengajar, bimbingan belajar dan kreativitas para siswa.

Produk edutainment lain adalah ‘Belajar Sains bersama Prof. Yohanes Surya’ yang dikemas dalam bentuk CD (compact disc). Sudah ada 15 judul yang diterbitkan. Metode pembelajaran yg dikembangkan oleh Prof Yohanes Surya yang sudah dikenal sebagai GASING-Gampang, Asyik, dan Menyenangkan ini nantinya akan diintegrasikan ke super portal e-learning Telkom yg saat ini sedang dikembangkan oleh Telkom RDC. (SPS; bahan dari dni/E-6). FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code