RSS Feed     Twitter     Facebook

Mengenali Potensi Diri

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 1,112 views    Font size:
Mengenali Potensi Diri

Mau takut, silahkan takut, tapi janganlah terlalu takut. Mau berani, silahkan berani, tapi janganlah terlalu berani. Mau iri, silahkan iri, tapi janganlah terlalu iri. Mau rendah hati, silahkan rendah hati, tapi janganlah sampai rendah diri.

Mau punya ambisi, silahkan punya ambisi, yang penting jangan sampai terlalu ambisius.  Mau optimis, silahkan optimis, yang penting jangan sampai terlalu optimis. Mau pesimis, silahkan pesimis, yang penting jangan sampaiterlalu pesimis atau putus asa.

Mau sombong, silahkan sombong, yang penting rajin melakukan kebaikan dan kebajikan, tapi tetap tidak boleh terlalu rajin. Mau beribadah secara ritual, silahkan sering-seringlah melakukan ibadah ritual, tapi janganlah lupa melakukan ibadah dalam bentuk berbuat baik dan kebajikan dalam perbuatan nyata dengan menolong sesama yang pantas, perlu, dan mau menerima bantuan kita secara wajar (bukan kurang ajar).

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Nah kalo pengin tau potensi diri anda, coba deh ikuti tipsnya:

1. Kenali diri sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.

2 Tentukan tujuan hidup
Tentukan tujuan hidup anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.

3. Kenali motivasi hidup
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup anda, apa yang bisa melecut semangat anda untuk menghasilkan karya terbaik, dll. Sehingga anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik.

4. Hilangkan negative thinking
Enyahkan pikiran pikiran negatif yang bisa menghambat langkah anda mencapai tujuan. Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap.

5. Jangan mengadili diri sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju.

Kini anda sudah tau kan cara mengetahui potensi diri anda?. Ingat, potensi anda adalah kekuatan anda untuk menggapai sukses. (Suhirto M Sumarto). FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code