RSS Feed     Twitter     Facebook

Peduli : Toni dan Mbok Wariah

Vote This Post DownVote This Post Up (+1 rating, 1 votes)
Loading...
   View : 1,591 views    Font size:
Peduli : Toni dan Mbok Wariah

Keduanya hari-hari merawat dan membersihkan taman Lansia ( Lanjut Usia ), yang dibatasi, disebelah utara : Jl.Diponegoro ; selatan, Jl Citarum ; Barat, Jl.Cilaki ; Timur, Jl.Cisangkuy dan ditengah-tengahnya ada Jl.Cimanuk, Bandung.

Toni, Lelaki ± 45 tahun, tuna wisma, pekerja keras, perokok, jebolan panti di Ciumbuluit Bandung itu, hari-hari tinggal dan beraktifitas di taman lansia bagian utara (Jl.Cimanuk smp Jl Diponegor), ‘rumahnya’ tempat beliau tidur dan istirahat malam, adalah sebuah ruangan bekas mesin pompa air.

Ukuran ( 2×3 )m2 dan tinggi setinggi bahunya, pintunya/jendela adalah tutup beton bulat. Maka jika hujan, dipastikan bocor atau ada rembesan air. ‘Rumahnya’ ini hanya selemparan batu saja dari Gedung Sate, tempat Kantor Telkom berada (MCC dan Yakes). Kebutuhan makan dan lainnya dipenuhi dari belas kasihan warga yang beraktifitas olahraga disitu, yang pada hari Sabtu & Minggu, ramai.

mBok Wariah, wanita cacat ini (pincang), bisa ditemui lagi menyapu , membersihkan taman sektor selatan, antara Jl.Cimanuk–Jl Citarum dan Jl Cilaki–Jl.Cisangkuy, nasibnya lebih beruntung dibanding Toni, karena mbok Wariah ini masih bisa numpang tidur dirumah anaknya yang berada kampung tidak jauh dari sana.

Itulah profil orang-orang yang terabaikan, dari hiruk pikuk, hingar-bingar kehidupan kota yang makin hari bukan makin mensejahterakan mereka-2 ini, tetapi makin sulit hanya sekedar bisa makan untuk hari itu saja.

Siapa yang mau peduli orang-orang macam Toni dan mBok Wariah ini, pemerintah…..? Rasanya seperti ‘menunggu godot yang tak kunjung datang’…..!!!. Uluran tangan kita inilah yang diharapkan mau peduli menolong, ‘pahlawan’ lingkungan yang jumlahnya pasti banyak tersebar disemua sektor kehidupan bermasyarakat. Kapan kita mau mulai ? Hari ini, besok, atau kapan-kapan……? (Mustadjab Admodihardjo). FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*