RSS Feed     Twitter     Facebook

Rivalitas prosessor AMD

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 525 views    Font size:
Rivalitas prosessor AMD

Kabar pertama berembus dari Advanced Micro Devices (AMD) yang akan merilis chip berarsitektur Cortex A5 dari Advanced RISC Machine (ARM) pada akhir 2013. AMD membenamkan teknologi Cortex A5 pada chip Accelerated Processing Unit (APU). Langkah ini diharapkan menambahkan fungsi yang berhubungan dengan masalah keamanan, misalnya pembayaran yang dilakukan lewat ponsel dan tablet.

Dengan strategi itu, AMD berharap dapat menggerus pasar chip yang dikuasai Intel. Pada saat ini teknologi x86 yang digunakan AMD dalam pembuatan chip juga digunakan Intel. Walau demikian, AMD tetap memproduksi chip berbasis arsitektur x86 bernama Jaguar yang diluncurkan 2013 untuk tablet.

AMD bersiap mengetengahkan chip serupa bernama Tamesh, penerus Hondo pada perkenalan Windows 8 pada Oktober-12. “Kami bidik industri tablet,” kata Lisa Sun, GM Unit Bisnis Global AMD. Kerja sama AMD-ARM dalam penyediaan chip bagi smartphone dan tablet tidak membuat ARM berdiam diri.

Perusahaan ini juga menciptakan prosesor grafis bernama Mali-450 untuk tablet berbasis Android bagi kelas pemula seharga kurang dari US $ 399. Keunggulan Mali 450 memiliki chip dengan 8 inti atau 2X lebih besar dibanding generasi sebelumnya yakni Mali 400. ARM berencana melepas Mali 450 pada pertengahan tahun depan.

Pengembangan Chip
Intel juga bersaing di pasar smartphone dengan chip berkode “Merrifield” dengan kinerja grafis lebih tinggi yang direncanakan hadir pada tahun depan. Perusahaan ini mengklaim pengembangan chip akan dilakukan Intel dua kali lebih cepat dari hukum Moore. “Pengembangan prosesor bisa diselesaikan tiga tahun dari enam tahun biasanya,” ujar Paul Otellini, chief executive offi cer (CEO) Intel.

Merrifield masih merupakan chip dengan single core. Hal ini berbeda dengan chip berbasis ARM multicore yang banyak digunakan perangkat berbasis Android. Mike Bell, general manager Mobile Group and Communication Intel, berpendapat chip multi core belum bisa dimaksimalkan para vendor dengan sistem operasi Android.

Ini terjadi akibat elemen thread scheduler dari sistem operasi tersebut tidak bisa efisien sehingga kinerja chip multi core lambat. Namun, Intel akan memperkenalkan chip bernama Medfi eld Z2580 bagi smartphone dengan dual core pada paro pertama 2013. Chip ini memakai teknologi 32 nanometer.

Menyambut kedatangan Windows 8 telah disiapkan Intel berupa chip dengan nama Clover Trail yang berkode Atom system on chip (SoC) bagi tablet. Chip ini memakai teknologi transistor 32 nanometer yang diklaim bertenaga baterai tinggi yang dibarengi kinerja tinggi.

Tom Killroy, Senior VP Intel, sempat pada ajang Computex 2012 di Taiwan mengatakan sejumlah kerja sama telah dilakukan dengan vendor yang akan merilis tablet berbasis Windows 8. Vendor-vendor ini diduga adalah Asus, Acer, dan Samsung.

Pada saat sekarang, chip Intel Atom telah dibenamkan sejumlah vendor pada smartphone buatannya. Sebelumnya, ini hanya ditanamkan pada netbook saja. “Kami hanya melakukan penyesuaian fungsi,” tutur Steve Dalman, vice president and general manager Worldwide Reseller Channel Organization Intel.

175 Snapdragon S4
Potensi besar pasar smartphone yang besar tidak didiamkan Nvidia. Perusahaan semikonduktor ini menawarkan chip dengan platform Tegra 3 yang quad core dan kinerja grafis tiga kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya pada 2012.

Pemain lama, Qualcomm, bersaing di pasar chip dengan mengeluarkan jurus bisa digunakan pada jaringan long term generation (LTE) atau fourth generation (4G) dengan Snapdragon S4. Chip ini berteknologi 32 nm dan kekuatan sampai 2,5 GHz dengan tiga varian yakni single core, dual core, dan quad core.

“Di pasar akan ada 175 lebih prosesor Snapdragon S4,” ucap Ben Siagian, country manager and senior director Business Development Qualcomm Indonesia. Snapdragon S4 mendukung sejumlah hal seperti layar sentuh, pengenalan wajah secara digital, merekam video 1080p High Defi nition (HD), dan berbagi konten dengan kecepatan cahaya.

Selain itu chip bisa melakukan pada smartphone berupa perpindahan aplikasi secara cepat dan bermain game tiga dimensi (3D). Ben memperkirakan 400 lebih jenis perangkat bergerak berbasis Snapdragon S4 yang 30 di antaranya merupakan tablet beredar di pasar. Ini merupakan bagian lebih dari 420 macam perangkat yang segera dirilis vendor.

“Sebanyak 70 lebih perusahaan manufaktur akan menerima Snapdragon S4 dari Qualcomm,” ujarnya. Tablet telah diproduksi Qualcomm yang berbasis Snapdragon S4 APQ8064 jenis quad core yang masing-masing bisa berjalan di 1,5 Ghz. Tablet dipatok seharga 1.299 dolar AS.

Perangkat LTE
Penyediaan jaringan LTE diakmodasi smartphone bermerek Grand X LTE dengan chip seri Qualcomm MSM8960 bagi pasar Eropa dan Asia Pasifi k pada kuartal III 2012. Hal serupa juga telah dilakukan HTC dengan HTC One X dan HTC Evo 4G LTE bagi pasar Eropa dan AS.

“Komunikasi 4G memberikan kesempatan besar bagi industri telekomunikasi,” jelas He Shiyou, Executive Vice President and Terminal Division Head ZTE. Dukungan LTE dilakukan Nvidia pada perangkat modem pertama LTE Icera 410 pada akhir 2012. Ini akan digantikan Icera 500 pada 2013.

Menyinggung Intel dilakukan pembenaman chip Clover Trail pada tablet berbasis Windows 8. Lenovo K800 menggunakan Intel Atom Z2460. Chip bisa mendukung pemroses grafi s Power VR SGX 540 kecepatan 400 Mhz, sedangkan Nexus 7 akan merasakan Nvidia Tegra 3 yang dibandrol 199 dollar AS. (mochamad ade maulidin; http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/98037)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code