RSS Feed     Twitter     Facebook

Temukan Harta Karun Berupa Potensi Diri

Vote This Post DownVote This Post Up (+1 rating, 1 votes)
Loading...
   View : 872 views    Font size:
Temukan Harta Karun Berupa Potensi Diri

Salah satu penemuan terpenting pada diri manusia adalah ketika ia mampu menemukan potensi dirinya yang dapat ia wujudkan menjadi sebuah  prestasi. Banyak orang tidak tahu potensi dirinya, bahkan tidak tahu apa kelebihan yang dimilikinya. Padahal, potensi diri merupakan salah satu kekuatan untuk memudahkan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Tetapi kalau ditanya apa kekurangan dirinya,  dengan cepat ia bisa menjawab: ”Kurang tinggi, terlalu gemuk, terlalu kurus, kurang ganteng, miskin, bodoh, malas, dan sebagainya.” Sebagian orang beranggapan tidak etis kalau membangga-banggakan dengan menyebut apa yang menjadi kelebihan dirinya.

 

Sombong dan membangga-banggakan diri memang bukan sifat yang baik, tetapi jika kita mengetahui potensi apa yang dimiliki untuk kita kembangkan, rasanya justru bisa lebih bermanfaat. Bisa untuk menunjang karir kehidupan, baik dalam belajar maupun bekerja.

 

Banyak orang yang belum menyadari potensi yang ada di dalam dirinya. Padahal, potensi diri merupakan karunia yang diberikan Tuhan kepada makhluk-Nya.  Jika dioptimalkan menjadi sumber kebaikan, maka potensi tersebut dapat bersinar untuk menerangi kehidupan. Tidak ada seorang pun yang tidak memilikinya, hanya kadar dan spesifikasinya yang mungkin berbeda.

 

Potensi adalah harta karun terpendam yang belum sepenuhnya dikelola atau dipergunakan secara maksimal. Namanya juga harta karun, kalau usaha menggalinya sedikit, dapatnya juga sedikit. Tetapi kalau Anda mau menggali potensi lebih dalam lagi, hasilnya pasti akan sebanding dengan usaha dan kerja kerasnya.

 

Arus penentu impian dan pembentuk kehidupan mengalir dari paradigma berpikir dan berperilaku yang dibina setiap hari. Apabila Anda berani mengambil langkah setapak, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk bisa berlari dengan bebas tanpa hambatan.

 

Waktu Anda melihat keterbatasan sebagai kesempatan, maka dunia akan menjadi luas. Tetapi jika pikiran Anda memandang bahwa diri Anda kecil dan tidak mempunyai apa-apa, maka dunia pun akan tampak sempit, dan apa yang Anda lakukan pun tidak maksimal.

 

Namun apabila pikiran Anda memandang bahwa Anda memiliki potensi, dunia akan terlihat luas. Anda akan dapat melakukan hal-hal penting dan berharga. Emas atau batu bata, sama nilainya kalau masih berada di dalam tanah. Potensi diri itu harus digali, sama seperti mengebor minyak bumi.

 

Tidak ada minyak yang berada di atas tanah. Kita harus mencari lokasi yang tepat untuk menggalinya. Kedalamannya pun tidak selalu sama. Ada yang cepat ditemukan, ada juga yang perlu menggali lebih lama karena minyaknya terletak jauh di kedalaman.

Demikian pula potensi yang Anda miliki, tidak  akan ada nilainya kalau masih Anda biarkan tetap terkubur dan tersembunyi. Anda harus mampu menemukan harta berupa potensi yang masih tersembunyi tersebut, lalu membawanya ke permukaan.

 

Di sanalah harta yang sangat mahal baru akan memiliki nilai apabila Anda dapat membawanya pada kebaikan. Untuk dapat menemukan potensi diri, Anda harus menggali lebih dalam lagi agar dapat mengenali jiwa Anda sendiri.

 

Jangan biarkan potensi itu tetap tertidur. Potensi itu harus dikeluarkan dari dalam diri kita. Kalau dikelola dengan baik, potensi yang kita miliki akan terus tumbuh dan berkembang. Potensi yang tumbuh dan berkembang akan menjadi modal kesuksesan.

 

Pengembangan potensi sangat tergantung bagaimana seseorang mengenal kemampuan dirinya. Pengembangan potensi diri adalah tindakan mengurangi kekurangan  dan memperbesar kekuatan. Keterbukaan menerima masukan dari orang lain diperlukan bagi setiap individu agar lebih mengenal potensi dirinya.

 

Potensi yang Anda miliki akan berubah menjadi prestasi, kalau Anda mau membiasakan diri secara sadar dan terus menerus tiada henti melakukan tindakan-tindakan yang berarti, sehingga akan menjadi sebuah kebiasaan yang positif.

 

Kebiasaan yang kita jalani sekarang ini adalah hasil dari bentukan kebiasaan kita sehari-hari yang telah dilakukannya selama bertahun-tahun. Semakin lama kita mampu melakukan kebiasaan positif yang dilakukan secara konsisten, akan semakin membuka peluang sukses kita di masa mendatang. Dunia telah memberikan banyak pilihan. Setiap diri manusia yang ingin mengubah nasibnya menjadi lebih baik, harus mampu melejitkan potensinya.

 

Sukses hanya akan datang kepada orang yang mau berusaha untuk mendapatkannya dengan penuh kesabaran, bukan pada mereka yang hanya mengharapkan tanpa berbuat apa-apa.  Jauhkan hidup Anda dari khayalan tanpa menyentuh realitas kehidupan.

 

Sinkronkan antara pikiran, hati, dan jiwa dengan keyakinan bahwa Anda harus dapat meraih sukses, dan Anda harus kaya agar Anda dapat menjalankan kewajiban ibadah Anda dengan lebih sempurna. Kaya raya serba berkecukupan dengan niat ibadah, jauh lebih baik daripada miskin serba kekurangan. Karena itu, temukan harta karun berupa potensi diri, dan ubahlah segera menjadi prestasi. (By Muchtar A.F)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*