RSS Feed     Twitter     Facebook

Sosialisasi DAPEN-P2TEL di Jakarta

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4,127 views    Font size:
Sosialisasi DAPEN-P2TEL di Jakarta

Giliran Sosialisasi kini di Cabang :  Jaksel, dengan tempat Sosialisasi  :  Kantor Telkom Jakarta Selatan, Jl. Si Singamangaraja Kav. 4-6 pada hari :  Selasa, 13/11/12. Pembicara Materi, Dapentelkom : Djaka Rubijanto;  sedangkan tentang P2TEL oleh : Abang Anwar D. Sedangkan Pembicara lain dari YAKESTEL  Area Jakarta;  dan  Bank Saudara.

 

Sambutan Ketua PC Jakarta Selatan, Arief Suryono : Dibidang Organisasi :  Jumlah anggota sebanyak 954 orang, dengan 3 Komisariat.  Edangkan kegiatan rutin :  Pertemuan Komisaris, Pengajian,  Senam pagi bersama, Kunjungan ke anggota terutama yang uzur / sakit.   Pada sosialisasi yang diusulkan 594 orang, disetujui Dapentelkom 811 orang saja.

Hiburan pengisi acara :  Organ Tunggal, vokalis : Ibu Arief Suryono;  Untuk diketahui Doorpriz dengan hadiah utama 1 bh Sepeda lipat.

 

Beberapa Pertanyaan, jawaban dan Saran Peserta :

1)        Tentang tindak lanjut Sarasehan HUT Telko à akan diteruskan ke PP P2TEL, terkait rencana pertemuan dengan Direksi Telkom.

2)        Tentang berita uang Dapentelkom amblas di RDPT Penajam (M. BcTT)  à  dijelaskan kejadian yang sebenarnya perihal investasi RDPT Eastkal Supply Base Penajam.

3)        S a r a n       :     (WM Bc.TT & M Bc TT

a)         Agar batas MPS ditetapkan sesuai KMK 50/2012, atau Rp. 1.500.000,-

b)        Mendengar ada kenaikan batas PTKP oleh Menkeu, maka disarankan agar jumlah yg sudah dianggarkan untuk pensiunan sebelum Juli 2002, digunakan untuk kesejahteraan mereka.

c)         Agar ada tindaklanjut hasil sarasehan PP P2TEL tentang HUT PT Telkom

d)        Tentang persetujuan jumlah sosialisasi 811 orang dari 954 anggauta, agar Bid. Organisasi mengecek adakah perbedaan data antara Dapentelkom dengan hasil Reboundary Simpens.

(Djaka Rubijanto)-FR

———-

SOSIALISASI  DAPENTELKOM – P2TEL JAKUT

Empat hari berikutnya yaitu Sabtu, 17 November 2012, Sosialisasi selanjutnya di Cabang Jakarta Utara dengan mengambil tempat Sosialisasi  :  Kantor Telkom Jakarta Utara. Pembicara Materi  Dapentelkom & P2TEL : Djaka Rubijanto; didampingi oleh Totok Sugiarto

 

Acara ini cukup meriah, dengan tingkat Kehadiran :   90,9 % , yaitu  100 Orang hadir dari  110 orang undangan. Sedangkan tambahan acara diisi oleh Pembicara lain dari Bank BTPN. Hiburan pengisi acara :  Doorprize.

 

Pada kesempatan tersebut memberikan Sambutan Koordinator Cabang Jabotabeksekapur yang menguraikan :

a.  Terbentuk dan terpilihnya Koordinator Cabang Jabotabeksekapur; dan

b.   Menyarankan agar dibuat sebuah peraturan terobosan untuk kenaikan MP sehubungan telah 10 tahun tidak mampu menembus benteng penghalang.

 

Pertanyaan, jawaban  dan Saran Peserta :

1)      Setelah pada 2038 semua Karyawan aktif peserta Dapentelkom telah pensiun, Dana Dapentelkom digunakan untuk apa à Tetap dikembangkan untuk memenuhi kewajiban membayar  MP sampai PMP/Janda/Duda/Anak  terakhir meninggal (hapus), mengurangi Iuran Pendiri dan/atau menaikkan MP, kalau masih ada sisa dikembalikan kepada Peserta atau ahli warisnya sesuai ketentuan.

2)      Mengapa perjuangan kenaikan MP hanya untuk yang pensiun sebelum Juli 2002 saja à dijelaskan tentang kesenjangan penerimaan MP, ketidak adilan yang dirasakan dan untuk masalah MP masih diprioritaskan bagi pensiunan sebelum Juli 2002 sampai dicapai tingkat kewajaran yang memenuhi rasa keadilan.

3)      Mengapa Hasil Usaha Dapentelkom tidak dibagikan kepada Pensiunan sebagai pemegang saham sebagaimana  di Perusahaan lain pada umumnya à  Dapen(Telkom) berbeda dengan sebuah perusahaan berbentuk PT, Koperasi, dll. karena dasar hukum UU yang berbeda.  Perbedaan istilah a.l Peserta (Dapen) / Pemegang Saham (PT) / Anggota.

 

4)      Daripada kredit ke Bank dengan bunga cukup besar, mengapa Dapentelkom tidak membuka peluang Kredit bagi PMP  à  Tidak diatur di dalam ketentuan perundang-undangan Dapen, dan bahwa Dapen memiliki kewajiban jangka panjang yang penuh ketidak-pastian menyangkut usia Peserta, sehingga harus cermat dan hati-hati di dalam mengelola kekayaan/dana/asset.

 

5)      Mengapa PMS Dapentelkom tidak seperti di PNS, yaitu dengan batas umur 80 tahun, dan perkalian 12 untuk setiap tahunnya à perhitungan PMS dilakukan oleh Aktuaris yang professional di bidangnya dengan menggunakan asumsi mortalitas tertentu.  Yang untuk PNS belum dipastikan.

 

Saran :

  1. Agar dibuat peraturan trobosan untuk kenaikan MP apabila benteng penghalang terlalu kuat ditembus dan belum berhasil dalam 10 tahun ini;
  2. Agar disampaikan bahwa kebijakan kenaikan Gaji Dasar secara otomartis 8% per tahun bagi karyawan atif itu bersifat tidak adil terhadap pensiunan yang rumus MP-nya juga berdasarkan Gaji Dasar, karena menyebabkan merosotnya RKD Dapentelkom;

b)        Agar disampaikan kepada Bidkominfo PP P2TEL, hendaknya Website P2TEL memuat penawaran pekerjaan (tender) sehingga tertangkap peluangnya oleh Pensiunan.

 

Hal-hal lain ;

  1. Dari pertanyaan lisan yang dikemukakan tentang kepemilikan Buku Saku Dapentelkom ternyata dijawab serempak: Tidak punya.
  2. Demikian pula tentang penerimaan majalah Penstel, jawaban juga serempak: tidak menerima. Hal tersebut telah saya minta perhatian Ketua Cabang Bp. Slamet Samsuddin dan kiranya ada pengecekan juga dari Bidkom. (Djaka Rubijanto)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

10 Responses to “Sosialisasi DAPEN-P2TEL di Jakarta”

  1. misbah says:

    Dear P2TEL.

    Kami ingin menanyakan apakah jadi mengenai berita PENSIUN PUTUS ?

    Demikian kami sampaikan dan terima kasih.

    Salam

    Misbah
    082112986001

  2. Ali Amran says:

    Selamat bergabung
    from ali amran tg.pinang

  3. admin says:

    Kirim ke redaksi@p2tel.or.id atau rekan2 redaksi alamatnya klik “kontak”.
    Admin – ims

  4. HENDRO SUPROBO says:

    Pak Admin, selamat siang
    Kalo mau ngirim berita atau rubrik tentang kegiatan P2TEL Cabang Madiun lewat mana pak? Thank FYI

  5. Ivan Nurhakim says:

    selamat siang,
    sebelumnya saya dari orang tua yang bekerja di PT Telkom.
    mohon bantu informasi untuk sosialisasi di bandung kapan? kemudian untuk realisasinya sendiri tepatnya kapan?

    kemudian untuk info-info terupdate bisa di dapat dimana selain di web ini, apakah ada facebook atau twitter nya?
    atau buletin yang dikirim via email.

    terima kasih.

  6. Ivan Nurhakim says:

    selamat siang,
    sebelumnya saya dari orang tua yang bekerja di PT Telkom.
    mohon bantu informasi untuk sosialisasi di bandung kapan? kemudian untuk realisasinya sendiri tepatnya kapan?

    terima kasih.

Leave a Reply

*