Hobi danKetrampilan

Layang Layang Unik

Walaupun di era modern ini anak – anak lebih akrab dengan gagdet yang super canggih sehingga tak jarang anak – anak tidak mengenal permainan warisa leluhur. Namun nyatanya, layang – layang nyatanya tidak pernah lekang walaupun sekarang ini banyak permainan yang lebih canggih dan modern.

 

Apalagi jika bentuk layang – layang unik, anak – anak biasanya akan semakin bersemangat untuk menerbangkannya. Bentuk unik layang – layang seperti bentuk hewan atau bentuk – bentuk lainnya memang lebih menarik.

 

Layang – layang unik biasanya dibuat secara handmade sehingga tidak mengherankan jika harga laying- layang unik biasanya lebih mahal dibanding dengan layang – layang biasa. Semakin unik dan semakin rumit bentuk dari layang – layang unik, maka akan semakin mahal pula harga yang dibandrol untuk layang – layang ini.

 

Sehingga umumnya layang – layang unik hanya dimainkan pada lahan yang luas seperti pantai atau sejenisnya dan biasanya hanya dimainkan pada festival atau perlombaan layang – layang.

 

Festival Layang- layang

Untuk melestarikan layang – layang yang notabena adalah warisan leluhur yang kaya akan pesan moral, hingga sekarang masih banyak daerah yang mengadakan festival layang – layang. Sebut saja wilayang Bangka Belitung yang telah mengagendakan festival layang – layang setiap tahunnya sebagai salah satu daya tarik untuk para wisatawan.

 

Walaupun tidak dispesifikasi bahwa layang – layang yang harus diikutsertakan dalam festival ini harus unik, namun nyatanya kebanyakan peserta dari festival ini adalah layang – layang unik. Yang kesemuanya hampir tidak memiliki kemiripan, baik bantuk maupun besar semuanya sangat bervariatif.

 

Walaupun  festival telah masuk dalam agenda pariwisata, namun sebenarnya ada pesan moral yang terkandung dalam festival layang – layang ini. Bermain layang – layang sebenarnya mengajarkan kita untuk hdiup secara bergotong royong dengan baik agar tujuan hidup kita bisa tercapai.

 

Dan ketika layang – layang sudah naik kita harus pandai mengontrol layang – layang agar tidak putus atau bergesekan dengan layang – layang lain yang bisa menyebabkan layang – layang rusak. Begitu juga dalam hidup, kita harus pandai mengontrol diri agar kita tidak kehilangan arah dan agar tidak menimbulkan perselisihan dengan orang di sekitar yang bisa membuat orang terluka.

 

Sedangkan untuk penilaian layang – layang yang mengikuti festival akan dinilai berdasarkan keunikan dan kekreatifan bentuk layang – layang. Juga dari ketinggian terbang yang bisa dicapai oleh layang – layang unik tersebut. (nn; http://indobeta.com/layang-layang-unik-bentuknya-menambah-kecantikan-langit/5375/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close