Info DAPEN TELKOMMitra

Sosialisasi kepada PMP tahun 2013

Dalam upaya meningkatkan pemberian informasi dan silaturahmi, mulai  tahun 2011 DAPEN Telkom menggandeng P2TEL dalam pelaksanaan sosialisasi. Kerjasama Dapen Telkom – P2Tel meliputi penyelenggaraan sosialisasi dan sekaligus sebagai Pembicara yang menyampaikan materi informasi  Dapen Telkom. Hal tersebut dilakukan  karena Dapen Telkom kekurangan Pembicara. Dengan pola seperti, diharapkan dapat tercipta sinergi antara DAPEN Telkom dengan P2TEL.

Adapun tujuan yang ingin dicapai DAPEN Telkom dalam program sosialisasi kali ini adalah  menyampaikan pemahaman informasi dan aturan-aturan terbaru dari pemerintah termasuk Peraturan Dana Pensiun Telkom yang berdampak kepada Penerima Manfaat Pensiun serta  lebih mengenal Penerima Manfaat Pensiun untuk memudahkan perbaikan pelayanan dari Dana Pensiun Telkom.

 

Pada tahun 2012 penyebaran informasi melalui sosialisasi dikelompokkan menjadi 3, yaitu:

  1. Sosialisasi door to door/ kunjungan, yaitu sosialisasi yang diperuntukkan bagi Penerima Manfaat Pensiun sakit atau uzur, yang secara fisik tidak dapat datang ke tempat penyelenggaraan sosialisasi tatap muka.
  2. Sosialisasi Tatap Muka, yaitu sosialisasi yang diperuntukkan bagi Penerima Manfaat Pensiun yang secara fisik masih dapat hadir ke tempat pertemuan/ tempat diselenggarakannya sosialisasi.
  3. Sosialisasi yang dilakukan pada kegiatan/ silaturahmi Pensiunan.

 

Selama tahun 2012 sosialisasi telah dilaksanakan di 78 lokasi P2TEL Cabang dengan peserta sebanyak 20.227 orang. Artinya masih ada 36 cabang yang belum melaksanakan sosialisasi pada tahun 2012.

Bila dilihat dari prosentase tingkat kehadiran dengan yang diundang maka pencapaiannya baru sebesar sekitar 80%, bahkan beberapa cabang pencapaiannya masih di bawah 70%. Untuk itu merupakan tantangan bagi semua pihak untuk dapat meningkatkan tingkat kehadiran PMP dalam sosialisasi.

Program sosialisasi ini akan terus dilanjutkan agar para PMP tidak ketinggalan informasi khususnya berkaitan dengan DAPEN Telkom, hak maupun kewajibannya selaku penerima manfaat pensiun.

Untuk lebih meningkatkan keefektifan pelaksanaan sosialisasi pada tahun 2013, maka diharapkan P2TEL Pusat dapat berlaku sebagai koordinator penyelenggaraan sosialisasi dari P2TEL Cabang. Pengurus P2TEL Cabang dapat berkoordinasi secara aktif dengan P2TEL Pusat, sehingga dapat dijadwalkan pelaksanaan sosialisasi yang optimal. Jadwal ini agar juga mengakomodasi kegiatan-kegiatan P2TEL yang berhubungan dengan banyak PMP, misalnya MUSCAB.  Untuk itu proposal Sosialisasi 2013 ditujukan kepada P2Tel Pusat sehingga manfaat sosialisasi semakin dapat dirasakan oleh PMP, P2TEL dan DAPEN Telkom. Untuk itu diharapkan Koordinator penyelenggara Sosialisasi secara nasional adalah P2Tel Pusat, sehingga usulan dari cabang tentang proposal Sosialisasi 2013 ditujukan kepada P2Tel Pusat.

Pada tahun 2013, DAPEN Telkom akan semakin memperbanyak sosialisasi kunjungan (door to door) dengan memprioritaskan P2TEL yang belum melaksanakan sosialisasi dan PMP yang belum menerima sosialisasi. Sedang materinya akan difokuskan pada perubahan PDP 2013 dibandingkan dengan PDP sebelumnya, yang saat ini dalam proses persetujuan PT. Telkom

Untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan sosialisasi tahun 2013 maka diharapkan kerja sama P2TEL Cabang dalam mempersiapkan:

  1. Daftar Penerima Manfaat Pensiun (nama, alamat dan nomor telepon) yang akan dikunjungi pada saat sosialisasi door to door/ kunjungan.
  1. Daftar Penerima Manfaat Pensiun (nama, alamat dan nomor telepon) yang akan diundang dalam sosialisasi tatap muka. Diharapkan PMP yang diundang adalah PMP yang dipastikan hadir dalam sosialisasi tatap muka.

Data tersebut akan dilampirkan pada proposal P2TEL Cabang pada saat mengajukan pelaksanaan sosialisasi.

Mengingat saat ini proses revisi PDP masih berlangsung di PT Telkom, maka diharapkan pelaksanaan sosialisasi tahun 2013 akan dilaksanakan setelah PDP yang telah direvisi terbit, mengingat banyak informasi baru yang perlu disampaikan kepada PMP khususnya berkaitan dengan pelaksanaan MPS.*** DPT/penstel No.86

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Imam Sujoto

Kabid Infokom PP P2TEL periode 2010 - 2014

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close