RSS Feed     Twitter     Facebook

Risalah Hasil Rakernas P2TEL 2013

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading ... Loading ...
   View : 875 views    Font size:

RISALAH RAPAT KERJA NASIONAL P2TEL TAHUN 2013

Bandung  :  16 – 19 April 2013

­­­­­­­­­­­­­­

I.         UMUM/ PENDAHULUAN

 

1.       Dasar Pelaksanaan

 

RAKERNAS P2TEL 2013  diselenggarakan berdasarkan  ketentuan tersebut dibawah ini :

 

  1. AD/ART P2TEL 2010 ayat 1 pasal 23 yang berbunyi : Dalam rangka melaksanakan pokok program perkumpulan, Pengurus Pusat wajib mengadakan Rapat Kerja Nasional, disingkat RAKERNAS, yaitu rapat antara Pengurus Pusat dengan Ketua Pengurus Cabang, paling sedikit 2 (dua) kali dalam masa bakti Pengurus Pusat, tergantung kondisi keuangan perkumpulan atau melalui RAKERNAS PENGGANTI.
  2. Perubahan-perubahan yang terjadi baik internal maupun external P2TEL antara lain : kebijakan PP P2TEL, perubahan struktur organisasi ditubuh PT TELKOM, perubahan kebijakan Dapen TELKOM, perubahan kebijakan Yakes TELKOM dan perkembangan teknologi.
  3. Evaluasi implementasi Program Kerja Organisasi menurut AD/ART 2010, dalam rangka peningkatan peran organisasi P2TEL baik Pusat maupun Cabang dalam melayani anggota.

 

2.       Tujuan Pelaksanaan RAKERNAS.

 

RAKERNAS P2TEL 2013 bertujuan :

  1. Merapatkan barisan dalam pencapaian program kerja menuju organisasi yang mandiri.
  2. Meningkatkan peran kelembagaan Cabang yang mumpuni/mempunyai kapasitas tinggi dalam mewujudkan P2TEL yang bermartabat dan bermanfaat.

 

3.        Penyelenggara.

 

Penyelenggara RAKERNAS P2TEL 2013 adalah Pengurus Pusat P2TEL  dalam hal ini Panitia RAKERNAS P2TEL 2013 yang dibentuk dengan Surat Keputusan Pengurus Pusat P2TEL Nomor :012/ORG-05/P2TEL/PST/2013 tanggal 18 April 2013 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara RAKERNAS P2TEL 2013 yang terdiri dari unsur Pengurus Pusat dan Pengurus Cabang seluruh ondonesia.

 

4.       Waktu dan tempat penyelenggaraan

 

RAKERNAS P2TEL 2013 diselenggarakan pada hari Senin tanggal 16 April 2013 sampai dengan Kamis tanggal 18 April 2013 di Hotel Topas Galeria, Jalan dr Djundjunan/Terusan Pasteur  Nomor 153 Bandung 40173, Jawa Barat.

 

5.       Peserta

 

Peserta RAKERNAS P2TEL 2013 berjumlah ……. orang yang terdiri  dari utusan Pengurus Cabang P2TEL 107 orang, Pengurus Pusat P2TEL ….. orang dan Kordinator Area 2 orang, masing-masing dari Koordinator Area P2TEL Jawa Barat  dan   Jabodetabek Sekapur.  ( Daftar hadir terlampir).

 

II.       JALANNYA RAPAT

 

RAKERNAS P2TEL 2013 berjalan selama 3 hari secara maraton dan diikuti oleh semua peserta dengan semangat yang tinggi serta penuh keakraban dan kekeluargaan.

Hari pertama : Sehari sebelum dilaksanakan RAKERNAS,  para Ketua Cabang mengikuti pertemuan yang diselenggarakan DAPEN TELKOM dalam rangka persiapan kegiatan sebagai tindak lanjut pelaksanaan PKS antara DAPEN TELKOM mengenai :

  1. Rencana Kerjasama sosialisasi yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2013
  2. Pelaksanaan konseling dengan akan diluncurkannya program MPS oleh Telkom
  3. Persiapan DATUL KHUSUS untuk kelengkapan pendataan anggota yang pelaksanaannya sepenuhnya diserahkan kepada Pengurus Cabang.
  4. Penyabaran informasi lewat majalah Penstel, website P2TEL, Kalender dan Kordinasi Pelaporan
  5. Pembinaan pelayanan kepada anggota

 

President Direktur DAPEN TELKOM  dalam sambutannya menjelaskan butir-butir penting sebagai berikut :

  1. Pengaruh adanya OJK yang menekankan kepada kepatuhan terhadap PDP berkaitan dengan mandat pemotongan MP untuk iuran anggota P2TEL
  2. Perubahan PDP yang masih belum dilaksanakan yang terkait dengan pemberlakuan MPS
  3. Konseling bagi pensiunan tentang dampak negatif untuk yang akan mengambil MPS
  4. Rencana pembentukan Yayasan yang akan merencanakan pengumpulan dana abadi untuk dinvestasi -usahakan bagi peningkatan kesejahteraan pensiun

 

Pada hari pertama dilaksanakan penandatanganan Kerja sama antra P2TEL – DAPEN TELKOM dan P2TEL –YAKES TELKOM yang pada intinya adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada anggota P2TEL

 

Hari kedua : RAKERNAS P2TEL 2013  dibuka oleh Ketua Umum PP P2TEL yang memberikan pengarahan kepada seluruh peserta dengan butir-butir sebagai berikut :

  1. Perlunya kekompakan dan kerukunan para Pengurus Cabang baik dalam menyelesaikan masalah intern Cabang maupun dalam menyikapi dinamika organisasi yang terjadi di luar cakupan Cabang termasuk namun tidak terbatas pada  upaya sekelompok anggota yang tidak disiplin mentaati ketentuan organisasi yang menjurus ke tindakan merusak citra organisasi.
  2.   Ketaatan kepada berbagai Pedoman yang telah ditetapkan oleh Pengurus Pusat P2TEL sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan (capacity building). Kondisi seperti itu memerlukan pedoman dan prosedur,  upaya ini akan terwujud jika para pengurus mempunyai kemampuan yang memadai (mumpuni) baik aspek manajerial maupun kepemimpinan dilakukan secara bertahap.
  3. Kebutuhan adanya Kordinator Cabang di suatu Area yang kita namakan  Kordinator Area, di beberapa tempat sudah mulai dirasakan. ditetapkan dan sifatnya adalah membantu tugas-tugas Pengurus Pusat atau merupakan perpanjangan Pengurus Pusat (bertindak untuk dan atas nama Pengurus Pusat).
  4.   Upaya perjuangan peningkatan MP akan terus diperjuangkan dengan titik berat adanya ketidak adilan  kebijakan dari pendiri  (dalam hal ini BOD PT. Telkom)  dengan menerapkan diskriminasi atau perbedaan perlakuan dimana para pensiunan sebelum Juli 2002 ditetapkan berdasarkan 1 x Gaji Dasar, sedangkan setelah itu mendapatkan manfaat pensiun sebesar 3 x Gaji Dasar. Berbagai pendekatan dan konsultasi terus dilakukan baik di level Direksi, Komisaris, Kementrian BUMN maupun DPR-RI.
  5. Pengurus Pusat melakukan berbagai kajian untuk meningkatkan kesejahteraan anggota antara lain :
    1. kenaikan santunan duka dari P2TEL yang dinaikan dari Rp.300 ribu menjadi Rp. 1.500.000.
    2. bisnis keluarga melalui kerjasama dengan CDC dan CDA.
    3. peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, kerjasama  dengan Yakestel pembentukan Zakatel,  melalui bantuan langsung, pinjaman usaha ataupun kegiatan Bedah Rumah.
    4.  MOU PP SEKAR TELKOM dengan PP-P2Tel pada tanggal 1 Maret 2011 untuk membantu mensejahterakan pensiunan anggota P2Tel.

 

  • Dalam menyikapi berbagai perubahan lingkungan, terutama yang terkait dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, Pengurus Pusat menghimbau agar para Ketua Cabang  membiasakan penggunaan internet. Saat ini baru 70 Cabang dari 115 Cabang yang memiliki email address, dan dari 70 tersebut hanya 50 Cabang yang tergolong aktif berkomunikasi dengan Pengurus Pusat.
  • Restrukturisasi organisasi P2TEL yang antara lain dengan menghapuskan struktur Pengurus Wilayah  terdapat alokasi anggaran operasional yang semula diperuntukan kegiatan Pengurus Wilayah sebesar 15% dari iuran anggota, dan mulai bulan Maret 2013 alokasi tersebut diperuntukan Pengurus Cabang 10 % & dan sisanya  5% untuk kegiatan operasional Pengurus Pusat.
  • Untuk pertanggung jawaban penggunaan keuangan Pengurus Pusat akan menerapkan Laporan Keuangan yang di audit oleh kantor Akuntan Publik mulai tahun  2011, 2012 dan seterusnya.Fungsi-fungsi bendahara tidak dirangkap oleh Ketua karena akan menimbulkan penilaian yang negatif.
  • Sehubungan dengan adanya pandangan untuk menawarkan MPS (MP sekaligus) sebagai pelaksanaan dari KMK 50/2012, disarankan kepada para pengurus Cabang agar terlibat langsung didalam memberikan pengertian kepada anggota yang “tergoda” untuk mengambil tawaran ini dengan berbagai alasan termasuk misalnya kebutuhan dana segar diawal pensiun.

(Naskah lengkap butir-butir pengarahan KETUM P2TEL terlampir)

 

Hari Ketiga : RAKERNAS diisi juga   dengan  paparan oleh mitra kerja selain DAPEN TELKOM dari :

a.       Ketua Serikat Karyawan TELKOM (Imron R.) tentang  rencana strategis  SEKAR.

b.      Direktur CDC (Community Development Center) dan  Sdr. Teguh Wahyono.

c.       Direktur Yakes TELKOM tentang pola hidup sehat dan manfaat kerjasama layanan YAKES TELKOM terhadap pensiunan.

 

Materi yang dibawakan pada prinsipnya bagaimana  kerjasama antar P2TEL dengan tiga lembaga tersebut perlu dipelihara dan berkesinambungan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan pensiunan dan keluarganya.

Komitmen SEKAR kepada P2TEL yang utama adalah akan memperjuangkan dengan maksimal perjuangan perbaikan MP dari Direksi TELKOM sampai ke Mentri BUMN

CDC membantu dalam meningkatkan  kesejahteraan pensiunan melalui berbagai pelatihan ketrampilan baik pensiunan maupun keluarganya  DAN Program PKBL.

Sedangkan YAKES TELKOM memaparkan pola hidup sehat, misi dan visi YAKES, dan permasalahan tingkat kepuasan pensiunan dalam merasakan layanan YAKES yang dirasakan masih terdapat daerah yang bilamana mengurus yang sakit atau meninggal terlalu lama dan bertele-tele.

Laporan hasil evaluasi program kerja 2010-2013 disampaikan oleh Badan Pengawas Pusat, paparan Laporan beberapa Pengurus Cabang yang dinilai memiliki kelebihan dan kelebihan dalam bidang tertentu, paparan Ketua Bidang Pelayanan tentang Pedoman Tata Kelola Cabang yang berintikan berbagai petunjuk pengelolaan cabang dalam menghadapi berbagai perubahan kebijakan dan paradigma yang semakin cepat dalam lingkungan organisasi.

Setelah  setiap paparan materi RAKERNAS P2TEL 2013 selesai dibahas disediakan sesi  tanya jawab untuk memperoleh solusi berbagai permasalahan yang mungkin timbul dan menghindari pemahaman yang berbeda.

Dengan ditanda tanganinya PKS antara Dapen TELKOM dan PP/PC P2TEL serta Yakes Telkom dan PP P2TEL disepakati untuk menindaklanjuti/mengimplementasikan isi PKS tersebut sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Selain dari pada itu sehubungan dengan beberapa PC akan melaksanakan MUSCAB dan rencana sosialisasi gabungan dengan DAPEN TELKOM dan YAKES TELKOM, KETUM memberikan pengarahan dengan butir-butir penting yang perlu ditindak lanjuti oleh para Ketua PC sebagai berikut :

  1. Kewenangan pengurusan terhadap anggota P2TEL sepenuhnya dibawah Cabang, maka peranan Cabang harus dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan memenuhi persyaratan kelembagaan suatu organisasi.
  2. Sifat Cabang adalah unik akan tergantung pada kondisi masing-masing daerah dan kreativitas masing-masing , namun sebagai organisasi harus ada keseragaman.
  3. Ketaatan terhadap AD /ARTdalam  menjalankan operasional Cabang antara lain :
    1. Masa jabatan Pengurus maupun Badan Pengrus.
    2. Kelengkapan kepengurusan, untuk menghindari jabatan rangkap
    3. Ketua tidak menjabat sebagai Bendahara.
    4. Perlunya Kaderisasi dengan cara terbuka dan pendekatan kekluargaan
    5. Kekompakan diantara anggota dan kerjasama antar Cabang yang berdekatan untuk membentuk Koordinator (Contoh Jawa Barat dan Jabodetabek Sekapur)
    6. Komunikasi dengan  Telkom agar mendapatkan Ruangan untuk Kantor dan alamat Pengurus cabang.
    7. Penggunaan internet/web untuk berkomunikasi dan pelaporan-pelaporan.
    8. Apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap seluruh Cabang yang telah melaksanakan Kaderisasi.

 

Wakil Ketua Umum PP P2TEL memberikan pengarahan dengan topik semangat  Jiwa Korsa bagi para Pengurus Pengurus Cabang.  Kata Jiwa korsa berasal dari bahas Perancis “l’esrt de corps” merupakan kekuatan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

Dengan semangat jiwa korsa yang kuat maka anggota P2TEL akan memiliki dan  mampu :

1). Menciptakan Kekompakan kelompok ( anggota Pensiunan )

2). Memahami dan mengerti akan AD/ART.

3). Meningkatkan kemitraan

4). Menerapkan teknologi dalam mengelola kepengurusan Cabang dan Anggota.

5). Meningkatkan partisipasi.

6). Meningkatkan Value P2TEL dimata mitra

7) Peningkatan Peran PC dalam melayani anggota

 

Hasil dari seluruh pembahasan dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan dan Rekomendasi  yang wajib dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh peserta RAKERNAS P2TEL 2013 dengan penuh tanggung jawab.

 

III.                HASIL RAKERNAS P2TEL 2013.

 

RAKERNAS P2TEL 2013 menghasilkan beberapa kesepakatan dan Keputusan PP P2TEL dalam berbagai bidang antara lain :

 

1.       Pencapaian Program Program MUNAS VI 2010 :

 

  1. Program Tali Asih

1)    Program Tali Asih adalah program pemberian tambahan  penghasilan kepada 888 pensiunan/janda/duda melalui program Pensiun Anuitas dengan PT Asurasi Jiwa Sraya / AJS (25 PMP janda sejak 1 Desember 2007) dan Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera / AJB (863 PMP Pensiunan/janda/duda sejak 12 Desember 2008) dengan dukungan dari Sekar dan sejumlah Donatur lainnya.

2)    Program pensiun Anuitas dengan AJS berjalan baik, dilaporkan 1 orang peserta meninggal dunia dan sisa dana sebesar Rp. 708.381,- dikembalikan ke PP P2TEL.

3)    Program pensiun Anuitas dengan AJB terdapat 207 peserta yang gagal transfer pensiun anuitasnya, yang masih dalam penelitian bersama antara PP P2TEL dengan pihak AJB.

4)    P2TEL telah menghimbau kepada SEKAR untuk melanjutkan program Pensiun Anuitas ini, yang disampaikan dalam Sidang komisi Munas SEKAR belum lama ini.

 

  1. Evaluasi Program Kerja Munas 2010

Evaluasi program kerja bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian program kerja menurut hasil Munas 2010 dan menyusun strategi baru untuk menuntaskan sasaran program kerja yag belum tercapai sepenuhnya.

Pencapaian program kerja sampai dengan tahun 2013:

a.)    Perubahan logo P2TEL, 100%

b.)    Kelengkapan susunan kepengurusan dan personalianya 100%

c.)     Meningkatkan aktivitas netwoking dengan pihak internal dan ekstenal selesai 80 %

d.)    Menyusun rumusan mekanisme kerja dalam AD/ART MUNAS VI 2010 selesai 100 %

e.)    Pelaksanaan program SIMPEN dilaksanakan melalui  Kerja Sama dengan TELKOM pencapain input data yang diterima dari seluruh cabang adalah 50 %

f.)     Pelaksanaan Reboundary untuk 6 Cabang P2TEL. dari 114 cabang dan akan dilanjutkan sampai selesai

g.)    Penetapan beberapa Pedoman a.l : Pendirian Kordinator Area, Reboundary. Bansos,  Pemakaman dll

h.)    Penandatanganan PKS dengan DAPEN TELKOM dan YAKES TELKOM selesai 100 %.

i.)      Pelaksanaan Pelatihan kepada para pensiunan dan keluarganya yang bekerja sama dengan CDC TELKOM telah dilaksanakan pelatihan antara lain : tata boga, ternak kelinci, pemanfaatan lampu neon bekas. Sejak  tahun 2012 sampai tahun 2013 telah diselenggarakan 7 angkatan yang diikuti oleh 210 orang pensiunan dan keluarganya.

 2. Peningkatan Penerimaan MP

a. Penunjukan aktuaria independen untuk menghitung dampak yang wajar dari perbaikan MP terhadap pendanaan Dapentelkom dan beban sesuai PSAK24 pada PT Telkom.

b. Pengurus Pusat  P2TEL telah mengajukan permohonan tertulis kepada Direksi Telkom, No. 076/UM 004 / P2TEL /PUSAT/2011/RHS, tanggal 14 Juni 2011 berisi 2 (dua) opsi kenaikan MP bagi PMP sebelum Juli tahun 2002, untuk mengurangi ketidak-adilan penerimaan MP Pensiunan Telkom. Sampai dengan  RUPST Telkom tanggal 11 Mei 2011, BELUM diperoleh jawaban dari BOD, meskipun sudah diterima bertemu langsung dengan Direksi.

c. Surat permohonan yang sama No. 195/UM 004/P2TEL/PUSAT/2013/RHS dikirim kembali kepada Direksi baru pada tanggal 14 Januari 2013 dan hingga kini  MASIH JUGA BELUM  memperoleh jawaban.  Permohonan untuk bertemu langsung dengan Direksi masih belum didapatkan kepastian waktunya dari Telkom.

d. Mempersiapkan bahan paparan (dokumen tentang usulan perbaikan MP) dalam rangka pendekatan ke Dewan Komisaris Telkom, Direksi Telkom, Ketua DPR, SESMEN BUMN dan Menteri Negara BUMN guna merintis pemudahan jalan untuk proses selanjutnya. Kondisi terakhir masih menunggu jawaban resmi untuk permohonan pertemuan dengan Direksi Telkom dan Kementrian BUMN.

 

Dasar pemikiran usulan P2TEL tetap menjaga agar upaya perbaikan MP bagi pensiunan sebelum Juli 2002 diajukan dengan memberikan pertimbangan bahwa menaikkan MP secara model yang diajukan P2TEL secara bertahap :

  • Tidak mengganggu kinerja keuangan DAPEN TELKOM
  • Tidak mengganggu dan kinerja TELKOM untuk melanjutkan perjuangan dengan berbagai pihak terkait.

Kesimpulan usulan P2TEL tentang perbaikan MP :

  1. Landasan dan pertimbangan usulan adalah follow up Rekomendasi MUNAS SEKAR TELKOM.
  2. Usulan yang PTEL adalah solusi terbaik pada saat ini.
  3. Tetap optimis  untuk melanjutkan perjuangan dengan melakukan pendekatan dengan berbagai pihak.

 3.       Tata kelola Kelembagaan Cabang :

Ditetapkannya  pedoman  pengelolaan kelembagan ditingkat Cabang P2TEL dengan Surat keputusan Pengurus Pusat P2TEL yang wajib dijadikan pedoman dalam menjalankan organisasi ditingkat Cabang  meliputi penglolaan :

  1. Organisasi dan Manajemen
  2. Pelayanan
  3. Keuangan
  4. Pelaporan
  5. Pengawasan

 4.       Tindak lanjut  PKS DAPEN TELKOM – P2TEL dan PKS YAKES TELKOM – P2TEL :

  1. Seluruh Cabang sepakat untuk mengamankan dan mempersiapkan rencana kerja yang menjadi hak dan tanggung jawab dalam implementasi kedua PKS tersebut
  2. Khusus dengan akan diterbitkannya program MPS sebagai dampak dari terbitnya peraturan pemerintah KMK. 50, para Pengurus Cabang P2TEL sepakat untuk membantu dalam meningkatkan kesadaran dan mempertimbangkan lebih mendalam anggota yang akan mengambil tawaran MPS, serta  dampaknya bagi pensiunan di kemudian hari bila tidak dapat  mengelola keuangan yang baik bagi kehidupan yang layak.

5.       Apresiasi Kinerja Cabang

Apresiasi   diberikan kepada Pengurus Cabang dengan tujuan untuk memberikan semangat para Pengurus Cabang lainnya dalam melaksanakan kegiatan operasional  dan peningkatan peran dan kinerja Cabang dalam melayani anggota serta mewujudkan tujuan organisasi yang bermartabat dan bermanfaat.

Pemaparan berisi uraian : tantangan, keberhasilan, apa kata kunci keberhasilan dalam mengelola  Cabang, dimana kunci utama yang menjadi keberhasilam kepengurusan, adalah : kebersaman, ihlas, kekompakan.

Paparan   dibawakan oleh  4 ( empat )Pengurus Cabang :

  1. Cabang P2TEL Makasar :
  2. Cabang Malang
  3. Tangerang
  4. Malang

 

6.       Penyerahan Bendera Organisasi P2TEL.

Telah ditetapkan ukuran dan corak bendera P2TEL dan dibagikan kepada seluruh unit organisasi. Penetapan dan pembagian  Bendera P2TEL bagi seluruh Pengurus Cabang untuk digunakan pada saat-saat dibutuhkan a.i : Pemakaman pensiunan, Upacara Ulang Tahun P2TEL,  Rapat dan Musyawarah P2TEL, di dalam Ruang Kantor P2TEL .

 

IV.      REKOMENDASI

 

Rekomendasi  RAKERNAS P2TEL 2013 dibagi  dalam   4 bidang yaitu :

 

  1. A.     Sumber Daya Manusia
  2. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan agar seluruh Pengurus Cabang wajib meningkatkan pembinaan kemampuan dan ketrampilan  personil pengurus dalam rangka menjalankan  fungsi dan tugas pokok organisasi.
  3. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan agar Pengurus Cabang melaksanakan kaderisasi untuk calon Pengurus Cabang dalam rangka mentaati jadwal waktu pelaksanaan MUSCAB

 

B.      Tata kelola

  1. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan agar seluruh Pengurus Cabang dan anggota pensiunan P2TEL merapatkan barisan dalam menghadapi dinamika perubahan lingkungan luar dan pengaruhnya tehadap kinerja organisasi.
  2. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan  agar dalam meningkatkan   kualitas layanan kepada anggota, Pengurus Pusat dan Pengurus Cabang wajib menyusun Rencana Aksi (actions plan).
  3. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan agar fungsi-fungsi organisasi yang meliputi perencanaan, pengorganisasin pelaksanaan, dan pengawasan sesuai dengan Pedoman Tata Kelola Kelembagaan Pengurus Cabang wajib dipatuhi dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
  4. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan  agar Pengurus Cabang wajib melakukan perubahan dalam pengelolaan tata usaha /pengadministrasian perkantoran dan komunikasi antara Pengurus Cabang dengan Pengurus Pusat P2TEL dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berupa penggunaan internet dan pemasyarakatan penggunaan website untuk mewujudkan   paperless di lingkungan P2TEL.

 

C.      Kelembagaan :

  1. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan agar dilakukan koordinasi yang lebih intensif antara Pengurus Pusat dan Pengurus Cabang.
  2. RAKERNAS 2013 P2TEL merekomendasikan bahwa Pengurus Cabang wajib mengevaluasi beban kerja Pengurus Cabang dengan meninjau Keberadaan Komisariat.
  3. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan agar Pengurus Cabang segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka penguatan Komisariat masing-masing.

 

D.     Pelayanan

RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan  bahwa semua pihak akan berupaya dengan segenap kemampuan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban dalam meningkatkan   kualitas pelayanan kepada anggota  sehubungan dengan telah ditandatanganinya 2 (dua) buah PKS yaitu PKS DAPEN TELKOM – P2TEL dan PKS YAKES TELKOM – P2TEL. pada tanggal 17 April 20

 

Lain-lain      

  1. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan   agar dalam mewujudkan perjuangan penerimaan MP yang adil akan mendukung arah kebijakan Pengurus Pusat P2TEL.
  2. RAKERNAS P2TEL 2013 merekomendasikan dan memberikan mandat kepada Pengurus Pusat P2TEL untuk melakukan upaya guna tetap mempertahankan penarikan Iuran Anggota secara terpusat sesuai AD/ART P2TEL  untuk kemudahan dan efektifitas pendanaan organisasi.
  3. Evaluasi kuesioner para Ketua Cabang dilakukan untuk melihat gambaran umum pendapat para Ketua Cabang terhadap keberadaan organisasi, dilakukan sebagai langkah awal dalam upaya menyusun rencana menyempurnakan kelengkapan sumber daya organisasi ditingkat Cabang .

 

V.      PENUTUP

 

Risalah RAKERNAS P2TEL 2013  memberikan gambaran  proses dan suasana berlangsungnya Rapat Kerja  Nasional P2TEL Tahun 2013 yang diselenggarakan dalam rangka mengantisipasi berbagai dinamika perubahan baik kebijakan internal maupun lingkungan eksternal  dengan tujuan agar para Pengurus Cabang P2TEL mampu meningkatkan peran dan tata cara pengelolaan kelembagaan yang seragam dalam meningkatkan pelayanan kepada anggota.

Demikian risalah ini disajikan kepada seluruh peserta rapat yaitu Pengurus Pusat  dan para Pengurus Cabang dari seluruh Indonesia untuk dipergunakan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

 

Bandung,     18 April 2013

RAPAT KERJA NASIONAL  P2TEL  2013

 

Ketua panitia :                                                                                                 Ketua tim Perumus                         

                               ttd                                                                                                                   ttd

 

 Adeng Ahmad                                                                                                  Prijatna Gunawan

  NIK : 531268                                                                                                      NIK : 470744     

VI.                LAMPIRAN-LAMPIRAN

  1. SK Panita RAKERNAS P2TEL 2013
  2.  SK Pedoman Tata Kelola Kelembagaan Pengurus Cabang P2TEL
  3. Daftar hadir peserta RAKERNAS 2013
  4. Paparan :
    1. Dapen TELKOM
    2. Yakes TELKOM
    3. CDC TELKOM
    4. SEKAR TELKOM
    5. Hasil evaluasi   kuesioner para Ketua Cabang P2TL
    6. Dokumen penting lainnya.

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.