YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Review Menu Makanan Sehat-(2)

SALAD KEMBANG KOL

Sumber buku : Resep Panjang Umur Sehat dan Sembuh. dr. Tan & Hindah J.M. Hal 82-83

Bahan :

4 buah     jamur kancing/padi, iris tipis

½ buah   kembang kol, petik kuntum

1 buah     paprika merah, iris dadu

2 buah     wortel, serut kasar

1 siung     bawang Bombay, cincang kasar

1 ruas       jahe, haluskan

2 siung     bawang putih

4 pucuk                  daun kemangi, cincang kasar

Cara membuat :

1.       Campur semua bahan

2.       Sajikan segera

Review Gizi sumber makanan dan manfaatnya

Sumber Bahan Makanan

Jumlah

Kalori

Komposisi Bahan Makanan

Manfaat

Jamur kancing/padi

100gr

22

50% karbohidrat

37% protein

13% lemak

Maknanan ini rendah dalam lemak jenuh dan sodium dan sangat rendah kolesterol. Sumber baik  serat, Protein, Vitamin C, Folate, Iron, Zinc, Manganese dan sumber sangat bagus Vitamin D, Thiamin, Riboflavin, Niacin, Vitamin B6, Pantothenic Acid, Phosphorus, Potassium, Copper danSelenium

Kembang kol

½ buah

66

78% Karbohidrat

19% Protein

3% Lemak

Indeks Glikemi 7

Anti Inflamasi 47 (ringan)

Makanan ini rendah lemak jenuh dan kolesterol. Sumber yang baik untuk Protein, Thiamin (Vit B1), Riboflavin (Vit B2), Niacin (Vit B3), Magnesium dan Phosphorus, dan sumber yang baik untuk serat, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B6, Folate, Pantothenic Acid, Potassium and Manganese.

Paprika merah

1 buah (74 gr)

23

78% karbohidrat

13% Protein

9% Lemak

Indeks Glikemi 1

Anti Inflamasi 63 (sedang)

Makanan ini sangat rendah lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Sebagai Sumber yang baik Vitamin K, Thiamin, Riboflavin, Niacin, Potassium and Manganese, dan sumber yang sangat baik untuk serat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E (Alpha Tocopherol), Vitamin B6 and Folate

Bawang Bombay

100 gr

40

90% karbohidrat

8% protein

2 % lemak

Indek glikemik 3

Anti inflamasi 234 (sedang)

Makanan ini sangat rendah dalam lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Sumber yang baik untuk serat, Vitamin B6, Folate, Potassium and Manganese, dan sumber yang sangat baik untuk Vitamin C.

Jahe

11 gr

9

86% karbohidrat

6% Protein

8% Lemak

Indeks glikemi 1

Anti Inflamsi 710 (sangat tinggi)

Makanan ini rendah dalam lemak jenuh dan sangat rendah dalam kolesterol dan sodium. Sumber yang baik untuk Vitamin C, Magnesium, Potassium, Copper dan Manganese

Bawang putih

6 gr

8

85% karbohidrat

12% protein

3% lemak

Indeks Glikemi 0

Anti Inflamasi 107 (sedang)

Makanann ini sangat rendah dalam lemak jenuh, kolesterol dan sodium. Sumber baik dari Calcium, Phosphorus and Selenium, dan sumber yang sangat baik Vitamin C, Vitamin B6 and Manganese.

Daun kemangi

2 gr

1

44% karbohidrat

33% protein

23% lemak

Indeks Glikemi 0

Anti inflamasi 4 (rendah)

Makanan ini rendah dalam lemak jenuh dan sangat rendah dalam kolesterol dan sodium. Sumber yang baik untuk Protein, Vitamin E, (Alpha Tocopherol), Riboflavin and Niacin, dan sumber yang sangat baik untuk serat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B6, Folate, Calcium, Iron, Magnesium, Phosphorus, Potassium, Zinc, Copper and Manganese.

Total

171

 

Jika dilihat dari kandungan salad kembang kol diatas terlihat jelas bahwa dengan rata-rata hampir 70% kandungan salad diatas adalah karbohidrat, disusul Protein dan Lemak, dengan mengkonsumsinya atau memliihnya sebagai bahan pengganti karbohidrat yang buruk/pati maka terlihat selain terpenuhinya kebutuhan terhadap komposisi bahan makanan harian tapi juga terpenuhinya kebutuhan akan vitamin dan mineral. Selain itu dengan sangat sedikitnya pengolahan bahan makanan diatas (mentah, hanya dengan pencucian yang baik dan benar) maka enzim dan antioksidan pun akan masuk ketubuh kita dengan optimal sehingga didapatkan badan yang lebih sehat.

Tips membuatnya menjadi makanan utama adalah dengan menambah ayam kukus atau ikan steam 100 gram dan sumber lemak anda bisa memberikan 2 sdm olive oil. (FatchurR; bahan dari Yakes Telkom)

 

 

 

 

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close