RSS Feed     Twitter     Facebook

Usir nyamuk dengan tanaman

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 414 views    Font size:
Usir nyamuk dengan tanaman

Kehadiran nyamuk yang menyerbu ke setiap penjuru rumah sungguh merepotkan. Bagi mereka yang bermukim di Jakarta atau daerah panas lainnya tentu sudah biasa menghadapi hewan ini. Walau tubuhnya kecil, namun nyamuk membuat repot sekaligus bisa membahayakan kesehatan.

 

Gigitan nyamuk bisa menyebabkan berbagai penyakit parah seperti demam berdarah, malaria, chikunya, kaki gajah dan lain-lain. Selain itu, tidur bisa terganggu akibat bunyinya yang bising dan gigitannya yang membuat merah dan gatal-gatal.

 

Nyamuk juga bisa membuat sebagian orang enggan untuk berkebun atau sekadar bertandang ke kebun. Kehadiran nyamuk yang siap menyambut sekaligus menggigit membuat kesal mereka yang harus beraktivitas di area sekitar kebun.

 

Apa yang biasa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan si nyamuk? Menggunakan obat nyamuk berbahan dasar kimia? Memasang kasa anti nyamuk di ventilasi sekaligus di pintu atau memakai kelambu setiap kali akan tidur?

 

Selain cara di atas, ada alternatif yang bisa dicoba untuk menghadapi si nyamuk. Cobalah untuk menanam tanaman yang bisa mengusir nyamuk. Tanaman berikut, selain cantik juga bisa mengusir nyamuk.

 

Zodia

Tanaman asli Indonesia ini ditenggarai mampu mengusir nyamuk selama 6 jam. Cara menggunakannnya dengan digosok ke badan atau disimpan di sekitar ventilasi udara atau berdekatan dengan kipas angin. Aroma wangi yang keluar dari tanaman ini akan mengusir nyamuk.

Tanaman yang ditemukan di Papua ini sudah dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Orang Papua biasa menggosok-gosokkan badan mereka dengan daun Zodia sebelum masuk ke hutan.

 

Serai Wangi

Jika selama ini tanaman Serai digunakan untuk memasak di dapur, ternyata Serai Wangi pun ampuh untuk mengusir nyamuk. Sehingga serai pun kita banyak digunakan sebagai bahan lotion anti nyamuk. Zat sitronelal yang terkandung di nyamuk ternyata merupakan racun kontak bagi nyamuk.

 

Geranium

Seperti Serai, tanaman Geranium juga mengandung sitronelal yang efektif mengusir nyamuk. Geranium juga mengandung geraniol yang berfungsi serupa. Nyamuk juga tidak menyukai aroma geranium. Tanaman yang satu ini tidak menimbulkan iritasi pada kulit sehingga aman digunakan.

 

Lavender

Seperti tanaman lain, Lavender bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara digosokkan ke badan. Selain itu, Lavender juga bisa diletakkan di tempat ventilasi udara sehingga aroma Lavender tersebar. Dengan begitu, nyamuk akan menghindar. (http://kabarinews.com/usir-nyamuk-dengan-tanaman-cantik/58251)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*