Wisata dan Kuliner

Wisata Kotagede

Di Yogyakarta ada banyak obyek wisata menarik : wisata alam, belanja, atau lainnya. Jadi, apapun minat/hobi Anda, pasti akan betah disana. Jika menyukai arsitektur tua, Anda dapat berkunjung ke Kota Tua di Kotagede yang banyak bangunan tua yang bersejarah.

 

Arah menuju ke Kotagede samasekali tidak membingungkan. Jika Anda datang dari arah bandara,  tinggal belok ke kiri (ke arah selatan) di pertigaan Janti, masuk ke ring road. Saat sampai di perempatan, anda harus berbelok ke kanan, keluar dari ring road.

 

Ikutilah jalan tersebut, melewati JEC, dan Anda akan sampai di sebuah perempatan yang apabila Anda belok ke kanan, Anda akan sampai di kebun binatang Gembira Loka. Tapi tentunya, Anda tidak belok ke kanan, melainkan lurus terus, dan Anda akan sampai di Kotagede.

 

Saat memasuki daerah Kotagede, Anda merasakan suasana berbeda. Disana, ditemukan banyak bangunan tua, sehingga seakan Anda masuk kedalam lorong waktu dan berada di tahun 1700 an. Jadi, tidak heran jika daerah ini disebut Kota Tua.

 

Di daerah Kotagede, ada 170 bangunan yang dibangun antara tahun 1700-1930 an. Dulunya, Kotagede merupakan ibukota kerajaan Mataram Islam yang berkuasa di hampir seluruh P. Jawa. Pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyokrokusumo, kerajaan Mataram Islam ini mengalami perkembangan pesat. Kerajaan ini kemudian mengalami konflik yang mengakibatkan perpecahan.

 

Tempat menarik yang dapat dikunjungi di Kotagede antara lain reruntuhan tembok benteng, makam pendiri kerajaan Mataram Islam, Masjid Agung Kotagede, Sendang Saliran, dan Pasar Gede, (Sargede). Sendang Saliran adalah tempat yang tidak boleh Anda lewatkan saat Anda sedang berada di Kotagede.

 

Tempat ini dibuat oleh Panembahan Senopati dan Ki Ageng Mataram. Sendang Saliran terbagi 2 bagian. Satu tempat untuk lelaki, dan satu lagi untuk pengunjung perempuan. Dulu, disendang tini dipelihara ikan lele dan kura-kura. Jangan lewatkan Masjid Agung Kotagede. Arsitektur masjid ini sangat menarik, karena menggabungkan antara arsitektur Budha dan Hindu.

 

Selain memiliki bangunan bernilai sejarah yang tinggi, Kotagede merupakan sentra kerajinan perak. Disana, ditemukan banyak toko yang menjual kerajinan perak. Ada banyak yang hanya berupa kios kecil, dan ada beberapa yang berupa toko besar dengan area parkir yang luas.

 

Kerajinan perak yang dijual di Kotagede beragam. Ada yang berupa cincin, kalung, gelang, dan banyak lagi. Anda juga dapat melihat kegiatan para pengrajin yang sedang membuat berbagai macam kerajinan dari perak. (http://www.panduanwisatajogja.com/mengunjungi-kota-tua-di-kotagede/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close