RSS Feed     Twitter     Facebook

Bromo dari Cemoro Lawang

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 394 views    Font size:
Bromo dari Cemoro Lawang

Bisa jadi anda telah mengunjungi obyek wisata ini. Namun ada baiknya kami sajikan Gunung Bromo yang menyimpan sejuta makna, dari cerita rakyatnya, keadaan history sosiologinya, antropologinya sampai mitos yang kuat dibalik kisah gunung bromo itu.
Bromo berasal dari bahasa Jawa Kuna: Brahma, Dewa Utama Hindu. Gunung ini berapi aktif dan terkenal sebagai obyek wisata. Tinggi Bromo 2.392 Mt di atas permukaan laut berada di 4 wilayah, Kab. Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kab. Malang. Bentuk tubuh Bromo bertautan antara lembah-ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 Km.

Kawahnya bergaris tengah ± 800 Mt (utara-selatan) dan ± 600 Mt (timur-barat). Daerah bahayanya berupa lingkaran dengan radius 4 km dari pusat kawah Bromo. Gunung Bromo nan eksotik muncul dari lembah Pegunungan Tengger. Bromo adalah salah satu dari tiga puncak gunung berapi di Jawa Timur.

Rute termudah dan populer untuk pendakian Bromo dari Cemoro Lawang yang bisa diakses dari Probolinggo. Mencapai puncaknya, harus melewati kawah pasir. Mendaki satu jam, Anda bisa mencapai puncak Bromo. Dari puncaknya bisa dinikmati indahnya kawah panas dan Gunung Semeru yang masih dalam satu rangkaian dengan Bromo. Waktu paling disukai mencapai puncaknya saat matahari terbit.

Anda harus hati hati memasuki area padang savana di bromo karena terdapat pasir hisap/pasir hidup yang dimungkinkan menyedot anda sampai kebawah, untuk itu disarankan agar tidak malu bertanya. Hal aneh yang kami temui adalah jalan yang terjal tapi tak membuat diri kita ketakutan.

 

Secara psikologi daerah curam , yang berbentuk jurang kita merasa khawatir dan takut, namun rasa itu hanya sekedar  datang. Sebelum melanjutkan perjalan bekali banyak hal dari penjaga bromo yang mahir dan tahu akan gunung Bromo.

 

Beberapa pancuran air ditemukan yang di batasi patok agar tidak dilewati manusia karena berbahaya . Sebelum mengunjungi gunung bromo ada beberapa syarat yang harus anda lakukan

a)            Niat baik akan membawa kelancaran. Suatu ketika dua sejoli bermesraan di Bromo, melakukan hal amoral. Ketika itu mereka hilang dan tak ditemukan jasadnya. Semua itu kehendak Tuhan tetapi setiap daerah pasti ada aturan yang harus di taati

b)            Jangan merasa kuat dikeadaan dingin. Kedinginan Bromo mulai antara 23-05. Pastikan bawa baju tebal.

c)             Hargai saran orang bromo. Contoh petunjuk jalan yang disarankan harus diikuti dengan baik. Karena mereka lebih mengenal medan di gunung bromo. (http://www.smartnewz.info/2012/06/gunung-bromo-yang-menyimpan-misteri.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code