RSS Feed     Twitter     Facebook

Mencoba tanam selada Hidroponik(2)

Vote This Post DownVote This Post Up (+1 rating, 1 votes)
Loading...
   View : 1,498 views    Font size:
Mencoba tanam selada Hidroponik(2)

Kalau sebelumnya pernah kami sajikan manfaat selada. Kini dilanjutkan cara menanam selada hidroponik sederhana dan bisa dilakukan di rumah anda. Hidroponik sebenarnya merupakan cara atau teknik bercocok tanam menggunakan media tanam non tanah ataupun selain tanah.

 

Media tanaman hidroponik bisa  berupa sekam bakar, pasir , cocopeat, kerikil rockwool dll. Untuk Cara menanam selada  hidroponik bisa dilakukan di halaman rumah, wadahnya juga dapat menggunakan pot, kaleng bekas cat, drum bekas ataupun  botol mineral bekas.
Cara menanam selada hidroponik cocok  diterapkan didaerah perkotaan atau daerah urban, sebab banyak manfaatnya yang diantaranya hemat tempat dan juga ramah lingkungan. Berikut tahapan dari menanam selada hidroponik.

1. Penyemaian Benih Selada
Semaian  benih dari selada ini pada tray atau wadah semai, yang di gunakan benih dari selada. Untuk media semai yang umum dan baik untuk di gunakan adalah  rockwool. Karena Rockwool ini praktis sebab berdaya serap air yang tinggi dan steril. Bila benih cukup umur maka anda dapat memindahkan ke dalam media tanam.

2. Penyiapan media tanam
Anda dapat menggunakan media tanam berporos yang dapat di gunakan campuran sekam bakar dan pasir kerikil, atau campuran rockwool serta pasir kerikil. Lalu Tempatkan media tanam di wadah yang anda inginkan seperti pot ataupun kaleng bekas.

3. Pemberian Nutrisi
Anda dapat  menggunakan nutrisi hidroponik yang tepat. Pemberian nutrisi di dalam  cara menanam hidroponik  ini penting untuk pertumbuhan selada. Anda bisa meracik atau membeli nutrisi hidroponik di setiap pasar.

 

Pemberian nutrisi ini dapat dengan cara siram manual pagi serta sore hari, ataupun jika anda ingin lebih praktis anda dapat mencoba cara menanam hidroponik dengan melalui sistem sumbu ataupun wick. Teknik wick ini merupakn salah satu teknik  dari hidroponik yang cukup sederhana.

4. Perawatan pada Selada
Perawatan pada  selada yang menggunakan sistem hidropinik pada dasarnya tidak beda jauh dengan perawatan penanaman sistem konvensional seperti  di lakukan pemangkasan dan pembersihan gulma, serta pembersihan lainnya seperti tanaman lainnya. Inilah cara menanam selada hidroponik yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.
Inilah cara menanam selada hidroponik yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda. Sebagai antisipasi untuk digunakan sebagai bagian dari asupan makanan dalam rangka “Berparadigma sehat. (http://www.caramenanam.com/2013/07/cara-menanam-selada-hidroponik-yang.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*