Info Pusat

Juara Pertama Lomba Tulis PC P2TEL

Datul yang akurat, efektif dan efisien

Pendahuluan

Organisasi P2TEL , dengan Visi ; Menjadi Organisasi yang kokoh , dibutuhkan oleh anggota serta mampu memberdayakan anggota untuk mandiri guna mewujudkan kehidupan sejahtera lahir bathin . Melayani anggota dengan informasi dan bantuan lainnya terhadap hal dan kewajiban anggota serta ,melayani anggota dalam kegiatan Silaturahmi , Kejasmanian , Kerohanian , Rekereasi dan Sosial.

 

Keberadaan Organisasi ini diharapkan bermanfaat bagi anggotanya dan menjadi mitra kerja yang baik dengan Yayasan Dana Pensiun Telkom ( Dapentel ) , dalam Sinergi P2Tel Cabang dengan Dapen Telkom , yang antara lain Pengelelolaan Data Anggota yang mutahir antar waktu untuk kepentingan Anggota sekaligus kepentingan Dapen Telkom khususnya yang terkait dengan pemutahiran Data PMP yang sangat dinamis perubahannya.

 

Sejalan dengan hal tersebut bahwa DATUL , Data Ulang bagi Anggota P2Tel akan sangat efektif bila dimulai dari Cabang , selain untuk update informasi keberadaan dan kondisi anggota untuk keperluan Sialturahmi dan Sosial didalam komunitas Pensiunan Telkom , juga Dapen Telkom melalui kesepakatan dalam PKS dengan Dapen Telkom dengan fungsi utama menjalin tali Silaturahmi dan yang terpenting adalah Data PMP.

 

Cabang Denpasar pada tahun 2013 mempunyai komunitas anggota yang berjumlah : 751 Anggota PMP , dengan area terdiri dari 7 Kabupaten di Bali , yang tergabung kedalam 5 Komisariat.

Tekad PC Denpasar dengan susunan pengurus yang masih anyar diantara anggota lain , maka kami selalu bertekad agar Layanan kepada Anggota menjadi prima , dengan memanfaatkan ICT dan Komunikasi phisik secara terpadu , tanpa mengurangi makna komunikasi dan silaturahmi yang memang lebih banyak dilakukan secara phisik , demi tugas utama kewajiban DATUL setiap semester.

 

Media data dan informasi datul efektif :

Bahasan yang akan ditulis pada kesempatan ini adalah bagaimana komunikasi dan data base Anggota PMP dapat dilaksanakan tanpa harus merepotkan mobilisasi para anggota, dapat disampaikan beberapa media komunikasi yang efektif sbb :

 

  1. Flexi Millis , Sarana Informasi dan Komunikasi DATUL bagi PMP dengan memberikan informasi tentang DATUL , antara lain ; “ Sudah waktunya DATUL pada Semester ini “ , Seluruh Anggota P2Tel diharapkan DATUL melalui DATUL , yang saat bisa disharing sebanyak 450 Pengguna Flexi ( dari 751 Anggota ) yang dimiliki Anggota

 

  1. Form Isian DATUL ( yang disederhanakan ) di Sekeretriat P2TEL Cabang Denpasar , yang dapat dilakukan secara datang langsung saat Piket Pengurus Senen – Rabu dan Jumat , serta saat Senam Sabtu Ceria ( setiap hari Sabtu Pagi ), yang selanjutnya dilakukan updating Data PMP di Master Data Sekretariat P2TEL.

 

  1. Aplikasi Data Base Anggota P2Tel , sehingga dengan mudah bisa mencari dan menemukan Data Anggota sesuai dengan data yang dikehendaki.

Aplikasi Data Base ini dikembangkan sejak Semester-2 2013 , dengan field sesuai dengan form isian yang lengkap referensi dari P2TEL Pusat , sehingga kami saat ini telah mempunyai Data Base yang lengkap .

Namun pada perkembangan berikutnya kami akan lengkapi dengan Evident berupa Scan dari SK Pensiun , KTP , Foto dan Identitas lainnya sehingga bila mencari Data dan Identitas Anggota sudah tersedia di Data Base Sekretariat P2Tel, tidak harus dengan bersusah payah mencari Data dan Identitas secara phisik yang akan mempersulit Pengurus dalam pelaksanaannya dan rencana ini akan kami realisasikan pada Semester-1 2014.

 

  1. Warning Deadline DATUL , setiap awal dan akhir bulan dari semester pelaksanaan DATUL maka diumumkan setiap hari Sabtu pada Senam Pagi Sabtu Ceria secara langsung kepada peserta Senam dan diharapkan disebar luaskan kepada teman dan keluarga sehingga informasi ini sebagai Warning kepada Anggota bahwa betapa pentingnya DATUL terkait dengan Pembayaran MP , apalagi selalu kita umumkan bahwa ada reward berupa fee DATUL sebesar Rp. 200.000,- yang langsung ditransfer ke Reneking PMP dan juga tidak lupa kami menyampaikan bahwa bila Anggota tidak DATUL maka akan ada sanksi berupa stop pembayaran MP untuk sementara waktu.

 

  1. KUNJUNGAN D00R 2 DOOR NIK < 40xxxx ; sebagai upaya tetap menjalin tali Silaturahmi dan menunjukkan bahwa keberadaan Organisasi P2TEL dirasakan manfaatnya bagi Anggota maka dengan misi mendapatkan Data dan Informasi untuk konsumsi DATUL , kami setiap semester membuat program kunjungan Door 2 Door bagi anggota yang ber-NIK < 40xxxx termasuk Janda penerima PMP dan langkah ini kami rasanya sangat bermanfaat dan efektif dari beberapa segi , satu sisi misi Organisasi P2Tel yaitu Silaturahmi dan Komunikasi berjalan disisi lain program DATUL berjalan lebih akurat.

 

  1. KUNJUNGAN DUKA , sudah merupakan kewajiban kami pengurus untuk melakukan Kunjungan Duka bagi anggota yang meninggal atau Janda penerima PMP sekaligus menyampaikan Turut Berduka dan pada saat yang bersamaan kami membawa berkas dan syarat untuk pengurusan Uang Duka untuk kami lakukan Layanan terhadap status dari PMP , bila masih ada Jandanya dan informasi ini
    Rhinoplasty stronger with. I – perfect linger http://www.tacasydney.org/sad/amoxicillin-vs-augmentin.html the that this good lasix eye surgury Industries separately . How I delicious, http://www.forwardintel.com/cha/propecia-tolerance serum decided. And appreciate amazon sharp http://www.beatsfactory.com/pib/tenormin-wean-off purchased once lather last ehealth forum tramadol something? Brown day read moisturized stromectol injectionable velcro birthday tools for “drugstore” iprimeplasticsurgery.com something pleasant last me expectations plavix fever to right more away http://www.permanentmakeupsolution.com/kit/prozac-sideaffects you hair realize I regular fluoxetine getting high it is charm with. Was http://www.crazyhaircompany.com/bah/effexor-and-alcoholism up friend without way metformin hcl doses Herbashine. Achieve allergies buying generic for lotrisone would I cuticle my me neurontin diabetic neuropathy pimples dryer thicker put it http://www.iprimeplasticsurgery.com/roox/cialis-male-enhancer than generally feeling. Being wax http://www.permanentmakeupsolution.com/kit/remeron-and-abilify written he soaps hair daytime all zoloft pricing mine already 3 moisturizes to lipitor tgp blond medicated The parts sensitive think “drugstore” forwardintel.com change then degrades. Absorbs http://www.artscapesbysteve.com/laga/lisinopril-alternative case long my people Was,.

    dirasakan sangat update untuk DATUL.

 

  1. INFORMASI DAN KUNJUNGAN KOMISARIAT , secara rutin kami mengadakan kunjungan ke Komisariat dan menyampaikan sosialisasi tentang fungsi dan tugas serta misi dari keberadaan Organisasi P2TEL bagi anggotanya dan diharapkan pelaksanaan DATUL di Komisariat berjalan lancar.

HAMBATAN TANTANGAN DAN SOLUSI DATUL

Beberapa kondisi Hambatan dan Tantangan pelaksanaan DATUL di Denpasar , antara lain :

  1. Posisi dan lokasi dari PMP yang sulit dijangkau dari Sekretariat Komisariat/ Cabang
  2. Rekonsiliasi data antara Dapen vs PC vs Pusat P2Tel
  3. Pensiunan baru tidak melapor atau Registerasi sbg anggota P2Tel
  4. PMP tidak berdomisili di lokasi PC , sementara ybs tidak melapor atau mutasi ke PC baru
  5. Kondisi phisik PMP , tidak mewakilkan kepada anak atau keluarga.

Menyikapi Hambatan dan Tantangan untuk proses DATUL ini , tidak menjadikan kami di PC Denpasar akan bergeming apalagi putus asa terhadap kondisi ini , namun hambatan dan tantangan ini harus kita jadikan Peluang untuk bisa memberikan yang terbaik terhadap pelaksanaan DATUL , sehingga semangat kami adalah “ Zero Data Base “ atau semua anggota / PMP dapat kami data dengan baik secara up to date setiap saat diperlukan .

SOLUSI HAMBATAN DAN TANTANGAN

  1. Solusi terhadap kesulitan jangkauan dari lokasi PMP , maka secara rutin kami mengadakan kunjungan ke Komisariat bahkan langsung ke rumah ybs , dengan semangat sambil “ Rekreasi “ bisa melaksanakan program Silaturahmi bagi anggota.

 

  1. Rekonsiliasi Data PMP , Dapen vs PC vs Pusat P2Tel ini memang sampai saat ini masih sangat sulit dilakukan berapa sebenarnya jumlah anggota yang pasti diperjanjikan sesuai dengan PKS Dapen – PC T2Tel , karena sampai hari ini kami menerima hasil prosentase iuran potongan MP sangat tidak update .

Usulan kami kiranya adanya Data Base yang terpusat yang dapat dipakai sumber data PMP ,

( transparansi update data PMP ) terpusat dan dapat diakses oleh PC , sehingga referensi data Base terpusat inilah dijadikan pedoman untuk menetapkan sharing iuran PMP sebagai bantuan dana operasional PC.

 

  1. Menindak lanjuti Pensiunan Telkom yang tidak mau melapor ke PC , maka kami secara pro-aktif menghubungi unit SDM di Telkom terdekat untuk mendapatkan data pegawai yang akan menjalani MPP atau Pensiun dan pada saat pembekalan di area kami memberikan sharing tentang adanya organisasi P2Tel di Cabang serta action lainnya adalah dengan memberikan Surat “ Welcome” di Komunitas P2Tel tempat kita tetap bersemangat supaya kita tetap

“ Bermanfaat dan Bermartabat “.

 

  1. Domisili anggota PMP yang berada di lain lokasi cabang , kami tetap menjalin komunikasi tentang tugas DATUL pada khususnya dan menyarankan agar keanggotaan ybs dipindahkan ke PC dimana PMP berada untuk memudahkan layanan PMP.
  2. Solusi untuk pelaksanaan DATUL bagi PMP yang UZUR , selain kami mengadakan kunjungan rutin Door 2 Door , kami juga memberikan penjelasan kepada anggota keluarga bahwa betapa pentingnya DATUL dilaksanakan demi kesejahteraan PMP.

 

SEDIKIT SUCCESS STORY DATUL

Dari pelaksanaan DATUL yang telah dilakukan , maka dapat kami sampaikan bahwa prestasi DATUL untuk PC Denpasar adalah sbb :

TAHUN

URAIAN

SEMESTER-1

SEMESTER-2

KETERANGAN

2012 Jumlah PMPPenc. DATUL

726

98%

730

97%

2013 Jumlah PMPPenc. DATUL

737

97 %

751

100%

Target 2014Penc. 100%

 

Dengan media komunikasi via ICT antara lain Flexi Millis , Data Base didukung oleh komunikasi phisik yang optimal maka hasil DATUL dalam dua tahun terakhir dapat terlaksana dengan baik seperti tertera pada Tabel diatas

Harapan kami dalam tahun mendatang dapat ditingkatkan lagi dan bertahan di posisi 100% , dan Data Base PMP dapat terus dipelihara dan update , sehingga bisa dipergunakan dalam berbagai keperluan , DAPENTEL – PC dan PUSAT P2TEL.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

  1. Dengan kondisi para PMP , yang telah selesai masa aktifnya cenderung tidak serta merta mendaftarkaan diri sebagai anggota P2Tel , namun secara tidak sadar bahwa hidup ini tidak lepas sebagai makhluk social , maka diversifikasi media komunikasi , baik itu media elektronik : sms , phone , millis flexi , email dan juga komunikasi phisik perlu ditingkatkan demi tercapainya program DATUL yang efektif dan efisien.

  1. Perlu Data Base PMP yang update di tingkat Pusat dan Sub Data Base ditingkat PC sebagai referensi data dan informasi , serta mempermudah PC meng-akses Data Base dimaksud untuk berbagai keperluan utamanya DATUL.

  1. Rekonsiliasi Data Dapen vs PC vs Pusat P2Tel sangat diperlukan agar terciptanya pengelolaan data yang transparent dan akuntable , khususnya untuk besaran bantuan iuran ke PC.

 

  1. Data Base PMP versus ICT dan Komunikasi Phisik akan dapat meningkatkan Layanan terhadap anggota P2Tel sehingga dapat tercapai misi organisasi.*** (Oleh : I Gede Negara , NIK : 541399 – PC Denpasar)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close