Psikologi

Lagu soundtrack berpengaruh

Salah satu unsur penting dalam film adalah Lagu yang membuat gambar bergerak jadi lebih hidup. Lagu-lagu soundtrack yang baik tidak hanya lekat dalam ingatan penonton, tapi juga memberi nyawa film. Dalam sejarah film Indonesia, banyak lagu soundtrack populer sama dengan filmnya. Beberapa soundtrack secara artistik bagus namun tidak cukup populer.

 

Berikut 10 lagu soundtrack film terbaik. Lagu-lagu ini sebagian dibuat khusus untuk film. Ada lagu populer yang telah ada namun didaur ulang untuk keperluan film. Terbaik tidak selalu terlaris. Terbaik di sini adalah lagu soundtrack yang berpengaruh dapat menghidupkan scene tertentu atau filmnya secara keseluruhan.

 

10. Indra Lesmana  – Mimpi Rumah Ketujuh (OST Rumah Ketujuh, 2003)
Film komedi romantis Indonesia “Rumah Ke-7” menggunakan formula sama dengan tipikal film komedi romantis Hollywood yang menyertakan lagu berirama swing. Walau idenya tidak original, eksekusinya bisa dikatakan berhasil. Melalui lagu “Mimpi Rumah Ketujuh” dan lagu lain dalam soundtrack Rumah Ketujuh, Indra Lesmana memberi hawa segar dan menyenangkan di Jakarta, latar tempat dari film.

 

09. Cokelat – Bendera (OST Bendera, 2002)
Lagu ciptaan Erros Candra dari Sheila On 7 yang dibawa grup band Cokelat jadi lagu nasionalis yang baik untuk generasi sekarang. Lagu ini pun mampu menjadi sidik jari yang kuat dari film yang berjudul sama.

 

08. Ahmad Dhani & Andra Ramadhan – Kuldesak (OST Kuldesak, 1998)
Film bentuk omnibus dianggap tonggak sejarah gerakan film independent yang punya lagu tema bagus. Diciptakan Ahmad Dhani-Andra Ramadhan, dua personil dari grup papan atas Dewa 19. Pada intro lagu, kita dengar suara Once yang menjadi vokalis Dewa 19. Lagu ini bernuansa dan lirik gelap, selaras tema dari cerita yang ada pada film “Kuldesak”.

 

07. Erros & Octa – Gie (OST Gie, 2005)
Walau film “Gie” berlatar ’60-an, album soundtracknya tidak dipenuhi lagu era itu. Ada beberapa lagu baru yang tidak punya aransemen tempo dulu. Contohnya lagu “Gie” yang diciptakan Erros Candra dari Sheila on 7 dan dinyanyikan Octa. Aransemen lagu ini dengan iringan gitar akustik, terasa jujur dan bersahaja seperti sosok Soe Hok Gie. Liriknya merepresentasikan semangat juang Soe Hok Gie yang penuh inspirasi.

 

06. SORE – Pergi Tanpa Pesan (OST Berbagi Suami, 2006)
Lagu ini pertama dirilis 1950an penyanyi Nina Kirana. Untuk film “Berbagi Suami”, grup musik SORE mendaur ulang lagu ini dengan adonan musik khas mereka. Lagu ini jadi pengiring untuk salah satu adegan dalam film yang menggambarkan kepergian sang tokoh utama.

 

05. Anda – Tentang Seseorang (OST Ada Apa Dengan Cinta, 2002)
Album sountrack “Ada Apa Dengan Cinta” termasuk jajaran album terlaris hingga kini. Film dan soundtracknya, fenomenal. Salah satu lagu mampu menggambarkan sisi-sisi dari tokoh Rangga di film, adalah lagu “Tentang Seseorang” yang dinyanyikan sangat baik. Lagu ini menjadi perwakilan yang ‘sangat cowok’ di film yang menggambarkan kehidupan geng remaja putri.

 

04. Sherina  – Jagoan (OST Petualangan Sherina, 2000)
Soundtrack film musikal “Petualangan Sherina” masuk jjajaran soundtrack terlaris.  Salah satu lagu ‘jagoan’ dalam soundtrack ini berjudul “Jagoan”. Lagu ini contoh lagu anak-anak yang tepat karena terasa naif dan menyenangkan. Dan “Jagoan” menggambarkan dunia anak, jauh dari kata cinta atau selingkuh.

 

03. Chitra Dewi, Mieke Wijaya, Idrianti Iskak – Theme Tiga Dara (OST Tiga Dara, 1956)
Film musikal “Tiga Dara” adalah satu film musikal pelopor. Banyak lagu bagus di film ini. Yang lekat di ingatan dan penanda dari film adalah lagu tema “Tiga Dara”. Dinyanyikan ketiga pemeran utamanya. Lagu ini memberi ilustrasi kepada generasi sekarang mengenai gaya hidup era ’50-an yang dipenuhi pesta rumahan dan dansa dansi.

 

02. Chrisye – Galih dan Ratna (OST Gita Cinta Dari SMA, 1979)
Jika ingin tahu gaya pacaran era ’70-an, Film “Gita Cinta Dari SMA” ini jadi contohnya. Chrisye melantukan lagu bertema selaras dengan kisah cinta kedua tokoh di film. Lagu irama pop riang ini jadi gambaran utuh dari proses jatuh cinta ala remaja. Walau cerita film merupakan kisah cinta remaja, bukan berarti lagu temanya lagu cinta jaman sekarang.

 

01. Berlian Hutauruk – Badai Pasti Berlalu (OST Badai Pasti Berlalu, 1977)
Banyak yang menilai soundtrack “Badai Pasti Berlalu” merupakan pencapaian tertinggi dari album musik dan album soundtrack film Indonesia. Lagu, lirik dan penyanyi, semua menyuntikkan nafas besar untuk filmnya. Hingga kini, banyak lagu dalam film ini tak lekang dari ingatan banyak orang.

 

“Badai Pasti Berlalu” dinyanyikan elegan-megah oleh Berlian Hutauruk ini wakil kehebatan soundtrack “Badai Pasti Berlalu”. (BRX-

https://id.celebrity.yahoo.com/blogs/blog-editor/soundtrack-film-indonesia-terbaik-sepanjang-masa-071229855.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close