Kesehatan

Yoga Pranayama Untuk pemula

Senam Yoga bermanfaat fisik atau psikis, seperti melangsingkan/mengecilkan perut, menambah stamina dan vitalitas bahkan ketenangan pikiran. Itu semua bisa dicapai melalui gerakan/pose/asana, teknik pernafasan maupun meditasi.

 

Teknik Pernafasan Yoga bagi Pemula : Pranayama

Dari 5 prinsip dasar Yoga, latihan pernafasan (Pranayama) salah satunyaTujuannya mengajarkan cara bernafas yang benar terutama melaksanakan gerakan yoga. Bernafas yang baik dan benar berarti membawa oksigen cukup ke otak dan aliran darah, dan mempengaruhi energi kehidupan alias Prana.

Penggabungan antara gerakan yoga (asana) dengan teknik pernafasan (pranayama) dianggap sebagai bentuk pembersihan diri baik dari sisi pikiran maupun fisik. Dengan teknik pernafasan akan membugarkan tubuh, menstabilkan emosi serta menciptakan pikiran yang jernih dan segar.

 

Sebelum belajar teknik bernafas, harus dipahami lebih dulu cara bernafas yang benar dan teknik mengendalikan diafragma. Dalam melaksanakan latihan ini agar aliran oksigen benar dan lancar, duduk bersila dan posisikan tulang belakang, leher dan kepala dalam satu garis lurus vertikal.

 

Posisi duduk bisa Easy Pose atau Lotus Pose, atau jika anda belum terbiasa bisa juga duduk di kursi. Ada 2 teknik pernafasan yang sebaiknya dipelajari dan dikuasai, dan dianjurkan dilakukan setiap kali secara rutin sebelum melakukan gerakan yoga harian.

 

1. Kapalabhati (Kapala = tempurung kepala; bhati = yang membawa cahaya)

Metoda :

  • Lakukan dua kali pernafasan normal.
  • Tarik nafas, kemudian hembuskan nafas, tarik abdomen ke dalam. Ulangi sampai 20x, atur ritme dan penekanan dilakukan lebih kepada saat hembusan nafas.
  • Kemudian tarik nafas, hembuskan sepenuhnya, tarik nafas sedalam-dalamnya dan tahan nafas selama yang anda sanggup. Secara perlahan hembuskan.

 

Teknik ini cocok untuk membersihkan saluran pernafasan, misalnya hidung tersumbat cairan atau dada sesak. Prinsip dari teknik ini membuat paru-paru layaknya pompa, tekanan udara yang dihasilkan sanggup membuang sumbatan di saluran pernafasan, mulai dari paru-paru sampai lubang hidung.

 

Mungkin kepala terasa pusing saat melakukan teknik pernafasan ini. Karenanya disarankan menutup latihan dengan beberapa kali pernafasan lambat atau menghembuskan nafas panjang. Kapalabhati juga sesuai dipraktekkan sebagai terapi misalnya bila kepala terasa berat, menderita sinus atau kebas di sekitaran mata.

 

2. Anuloma Viloma

 

Metoda :

  • Siapkan tangan anda dalam posisi Vishnu Mudra (lihat penjelasannya di bawah).
  • Tarik nafas melalui lubang hidung kiri, tutup sebelah kiri dengan ibu jari sampai di hitungan ke-4.
  • Tahan nafas, tutup kedua lubang hidung sampai hitungan ke-16.
  • Keluarkan nafas melalu lubang hidung sebelah kanan, tutup hidung kiri dengan jari manis dan kelingking, sampai hitungan ke-8.

 

  • Tarik nafas melalui hidung kanan, posisi hidung kiri tetap tertutup dengan jari manis dan kelingking, sampai hitungan ke-4.
  • Tahan nafas, tutup kedua lubang hidung sampai hitungan ke-16.
  • Keluarkan nafas melalui hidung kiri, tutup hidung kanan dengan ibu jari sampai hitungan ke-8.

 

Prinsip teknik pernafasan ini adalah bernafas dengan satu lubang hidung, tahan nafas dan hembuskan melalui lubang hidung lainnya. Lubang hidung ditutup dengan memakai teknik Vishnu Mudra pada tangan kanan. Caranya, lipat jari telunjuk dan jari tengah ke hidung. Letakkan ibu jari di sebelah kanan lubang hidung dan jari manis serta jari kelingking di sisi lubang hidung kiri.

 

Manfaat dari teknik pernafasan Anuloma Viloma, mengoptimalkan fungsi kedua sisi otak; berarti sisi kreativitas dan sisi logika jadi seimbang. Praktisi yoga menganggap teknik ini berguna menenangkan pikiran dan sistem syaraf. Para yogis tahu sejak ribuan tahun lalu bahwa bernafas melalui hidung kiri lebih banyak dari kanan bisa menimbulkan Asma, sedangkan penyakit diabetes disebabkan lebih sering bernafas melalui lubang hidung kanan.

 

Ke-dua teknik di atas adalah sebagian dari sejumlah teknik pranayama. Dengan melatih teknik pernafasan yang baik dan benar, maka tidak hanya kesegaran tapi sejumlah manfaat seperti  media terapi misalnya, dan yang paling penting adalah keseimbangan. (http://artikel-senam-yoga.blogspot.com/2012/06/teknik-pernafasan-yoga-bagi-pemula.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close