Wisata dan Kuliner

Keindahan danau segitiga Klakah

Lumajang dikenal dengan kota pisangnya, tapi Kabupaten ini lebih tepatnya juga punya rangkaian danau berbentuk segitiga membentang luas berlatar belakang alam pegunungan indah. Lokasi danau yang menyimpang dari jalan propinsi utama ini, membuat popularitas danau segitiga ini kurang populer di dalam peta wisata Jatim.

 

Triangle Lake (Danau Segitiga) adalah gugusan danau terletak di 2 Kecamatan yaitu Kec-Klakah dan Kec-Ranuyoso, Kab-Lumajang. Koordinat GPS menunjukkan (-7.57252, 113.16156) – Ranu Bedali, (-7.59851, 113.16181) – Ranu Klakah, (-7.5952, 113.1610) – RanuPakis. Dan lokasi Ke 3 Ranu ini saling berdekatan dan membentuk sebuah segitiga.

 

Jarak tempuh Ranu satu dengan ranu lain tak lebih 8 Km. Ranu Bedali ke Ranu Klakah jaraknya 5-7 Km. Jarak tempuh Ranu Klakah-Ranu Pakis tidak lebih dari 2 Km. Semuanya bisa dijangkau mudah menggunakan kendaraan roda-2 atau roda-4 bahkan bisa menjadi alternative liburan keluarga untuk kegiatan hiking.

 

RANU BEDALI

Ranu Bedali lokasinya paling dekat dengan jalur jalan raya propinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang. Selepas Pasar Ranuyoso yang terletak di Kota Kecamatan Ranuyoso, ke arah timur kurang lebih 5 Km.

 

Disana nanti akan dijumpai penunjuk jalan berupa papan penunjuk arah menuju Ranu Bedali. Dari persimpangan jalan tersebut, lokasi Ranu Bedali diperkirakan sekitar 10 Km ke arah utara dengan kondisi jalan menanjak.

 

Ranu Bedali menjadi penghubung segitiga dengan kedua Ranu tersebut kawasan ini, tidak kalah menariknya karena lokasi Ranu Bedali terletak dibawah permukaan tanah seperti membentuk kubangan kawah yang besar dan luas.

 

Terletak di wilayah Kec-Ranuyoso, pada ketinggian 700 M dpl, luasnya 25 Ha . Kedalaman ± 30 m. Kawasan Ranu Bedali ini menarik untuk wisata karena untuk menuju bibir danau, pengunjung harus melewati hutan belantara dan lereng bukit Gunung Lamongan dengan diiringi hembusan udara pegunungan yang segar.

 

Keunikan dari Ranu ini, lokasi danaunya. Letak bibir danau atau permukaan airnya berada jauh di bawah permukaan tanah. Sehingga untuk mencapai tepian danau, pengunjung diharuskan menuruni jurang dalam yang makan waktu dan tenaga. Juga perlu waspada dan kehati-hatian yang tinggi. Namun menikmati keindahan Ranu Bedali dari atas puncak bukit adalah sebuah pilihan yang bijak, dalam menikmati utuhnya sebuah bentang alam Indah ciptaan Tuhan.

 

RANU KLAKAH

Terletak di Desa Tegal Randu, Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang. Berjarak kurang lebih 5 – 7 Km dari Ranu Bedali, obyek wisata ini berada pada ketinggian 900 meter dpl, dengan luas diperkirakan sekitar 25 HA dengan kedalaman kurang lebih kedalaman 30 m dengan latar belakang Indah bentang alam gunung Lamongan yang memiliki ketinggian 1.668 m dari permukaan laut.

 

Udara yang sejuk dan segar khas pegunungan diselingi dengan senandung riang burung burung kecil berdecit bersahutan menyambut kedatangan kami. Di desa ini potensi wisata sudah digarap dengan baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa infrastruktur infrastruktur yang dibangun untuk melengkapi sarana dan prasarana pariwisata.

 

Pasar ikan apung, cottage wisata, persewaan perahu, sepeda air bahkan speedboat, lokasi pemancingan di tengah danau dan fasilitas fasilitas wanawisata juga banyak dibangun dikawasan wisata ini.

 

RANU PAKIS

Obyek wisata ini mempunyai ketinggian 600 Meter dari permukaan laut dengan luas danau diperkirakan mencapai 50 Ha dengan kedalaman air sekitar 25 m. Masih dengan latar belakang Gunung Lamongan dan nampak lebih dekat, serta kondisi alam yang masih perawan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat alam atau wisatawan yang membutuhkan refreshing total untuk tubuh dan pikiran.

 

Kawasan perairan Ranu Pakis ini, beberapa tahun terakhir dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk pengembangan perikanan. Terdapat puluhan kerambah ikan yang semuanya berisikan ikan nila atau mujair serta jenis ikan lainnya yang laris dipasaran.

 

Untuk mendukung obyek wisata ini, warga setempat juga membuka sejumlah tempat berjualan ikan tawar sejenis TPI (Tempat Pelelangan Ikan) , bahkan tidak jauh dari Ranu Pakis terdapat sebuah depot makan yang menyediakan menu ikan bakar segar yang semuanya hasil tangkapan dan ternak ikan di Ranu Pakis tersebut.

 

Mengunjungi Triangle Lake Kab-Lumajang, bisa menjadi alternative liburan menyenangkan bersama keluarga, teman atau komunitas. (S2W 685; Biems Kapiten Bajaj;

http://s2w-surabaya.org/info-lain/triangle-lake-sebuah-pesona-keindahan-tersembunyi-kabupaten-lumajang/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close