Psikologi

Perkembangan Skateboard

Skateboard pertama ditemukan 1950, seiring perkembangan era surfing di daerah California, AS. Pertama kali muncul, skateboard diciptakan tangan dan terbuat dari kayu menggabungkan ban sepatu roda dan disambungkan oleh trucks dari sepatu roda juga yang tebal dan berat. Pada saat itu belum dikenal nama ‘skateboard’, melainkan ‘sidewalk surfing’.

Masa-masanya mulai ketika Marty McFly menggunakan dalam film berjudul “Back To The Future”, disini Marty menggunakan media skateboard sebagai alat transportasinya. Pertengahan tahun 1960, skateboard menjadi permainan yang cukup mainstream di Amerika.

 

Dua buah brand, yaitu Hobie dan Makaha melihat celah tersebut dan mulai memproduksi skateboard, jadi para penikmat permainan ini tidak perlu lagi bersusah payah untuk membuat skateboard. Mereka dapat membeli langsung dan langsung memainkannya.

Popularitas skateborad meningkat ketika majalah lokal membahas permainan ini, yaitu Skateboarder Magazine menjadi media yang membantu para skateboarder lebih tahu lengkap mengenai hal ini. Maka sebagai salah satu brand waktu itu mengeruk keuntungan luar biasa, yaitu 4 juta dolar AS dalam jangka dua tahun (1963-1965).

Second generation

Awal 1970, Frank Nasworthy berkarier di dunia skateboard dengan merancang skateboard berbahan polyurethane (lebih tenar dengan nama “Cadillac”). Melihat kejayaan skateboard, maka makin banyak perusahaan yang saling berlomba menjadikan lahan ini sebagai ladang bisnis mereka.

 

Salah satunya Tracker Trucks (1976). Skateboard yang dihasilkan jauh lebih bagus dari skateboard sebelumnya. Banana Board jadi papan yang cukup trend saat itu, bentuknya ringkas dan elastis membuat papan ini laris di pasaran. Belum lagi warna dan desain menarik yang terdapat pada papan tersebut.
Kejayaan itu tidak bertahan lama, biaya yang besar untuk membuat skate park menjadi sebuah masalah pada era itu, dan akhirnya pada awal tahun 1980 skateboard mulai tidak terdengar lagi beritanya.

Third generation

Setelah menghilang lama, skateboard mulai bangkit lagi pada pertengahan 1980. Pada era ini banyak skateboarders yang mulai kreatif dan memiliki dana yang cukup sehingga mereka mampu membuat vert ramp yang menjadi lahan untuk bermain skateboard.
Jika awalnya para skateboarder bermain dengan meluncur saja, maka saatnya para pemain berterima kasih pada Alan Gelfand. Dia orang yang pertama kali menemukan teknik ollie, maka dari itu namanya lebih banyak dikenal dengan sebutan Alan “Ollie” Gelfand.

Setelah Alan Gelfand, maka kini giliran Rodney Mullen yang memberikan sentuhan baru pada dunia skateboard. Mullen menciptakan sebuah gaya baru yang cukup ekstrim yaitu freestyle skating yang merupakan langkah awal dari modern skateboard.

 

Gaya-gaya seperti flatground ollie, the ollie kickflip, the heelflip dan 360 flip merupakan ciptaannya karena bosan dengan gaya yang itu-itu saja. Setelah itu barulah gaya-gaya yang lainnya tercipta seperti with short noses, slide rails dan large soft wheels.

Bosan skatepark, para skateboarder mencari yang lebih menantang. Akhirnya sarana umum seperti tempat perbelanjaan, trotoar dan taman kota jadi ladang bagi mereka. Gaya permainan mereka yang cukup ekstrim akhirnya mendapat perhatian yang ekstra ketat dari pihak berwajib.

 

Dari terguran hingga sanksi berat menjadi hal yang harus diterima para skaters yang tertangkap. Namun itu semua tidak membuat jera mereka, bahkan di beberapa negara akhirnya mulai mengikuti cara bermain seperti itu bahkan di Indonesia sendiri pun juga ikut terjangkit virus tersebut.

The Fourth Generation
Papan skate mulai menunjukan perubahan kembali. Lebar papan kini 8 inci; panjang 30-32 inci dengan ban yang terbuat dari polyurethane. Steve Caballero salah satu pelopor pada era ini. Selain bentuk papan baik itu desain, gaya para skaters terlihat lebih menarik dibanding dengan tahun sebelumnya.

Gaya berpakaian mereka, tidak langsung terinspirasi musik yang biasa didengarkan para skaters, mulai dari black music hingga musik cadas. Celana jeans yang dipadukan dengan t-shirt menjadi salah satu pilihan wajib. (http://www.anehdidunia.com/2012/05/sejarah-skateboard-pertama-kali.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close