Psikologi

Bekerjalah ikhlas dan maksimal

“Apapun juga yg kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu dan ikhlas karena Allah, dan bukan untuk manusia.” Di Victoria British Columbia, ada satu SPBU milik pebisnis sekaligus motivator bernama Dunsmuir. Meski hanya SPBU, tapi SPBU ini sangat terkenal & maju.

Sebagian besar SPBU di AS adalah self service, tapi di SPBU milik Dunsmuir, ada 4 org pekerja yg melayani setiap mobil yg datang. Pekerja 1 membukakan pintu & mempersilahkan penumpangnya keluar,kemudian memakai penyedot debu untuk membersihkan bangku & interior mobil.

Pekerja 2 membuka kap mobil untuk mengecek olinya.
Pekerja 3 mengisi tangki bahan bakar sambil membersihkan semua kaca jendela mobil.
Pekerja 4 mengecek ban mobil.Semua dilakukan dgn ramah & bersahabat.

Kebanyakan pekerja itu adalah anak² muda. Menjadi petugas pompa bensin tentu bukan profesi idaman karna bukan pekerjaan bergaji tinggi. Namun Mr.Dunsmuir selalu menekankan bahwa sangat mungkin pengemudi mobil yang mereka layani adalah calon bos mereka.

Jika mereka melayani dengan baik & bersemangat, itu promosi yg baik. Faktanya, banyak dr pekerja SPBU itu direkrut oleh para bos yang terkesan dengan etos kerjanya. Hal itu memotivasi pekerja untuk selalu melayani dengan prima & SPBU itu seolah menjadi batu loncatan & “kampus” kehidupan mereka.

Tak heran, SPBU itu selalu kebanjiran pelamar & reputasi SPBU dgn pelayanan istimewa itu juga membuatnya selalu laris. Yg tak kalah menarik, para mantan pegawai Mr. Dunsmuir juga kemudian sllu mengisi bahan bakar di situ.

Kunci suksesnya, excellent service & motivasi yg menyala. Ini berlaku bagi kita. Walau tugas yg kita kerjakan bukan pekerjaan impian,tapi jika itu kita lakukan dgn sebaik²nya, akan membawa kita ke promosi yg sesungguhnya. Anda tdk akan rugi jika memberi layanan terbaik. Menolong orang lain berarti menolong diri sendiri. (Budiono; https://www.facebook.com/yayasan.kpi/posts/177994899069854)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close