Kesehatan

Nyeri punggung saat nyetir

Mengemudi lama, perjalanan mudik dengan kendaraan darat atau kendaraan pribadi di hari-hari dekat Lebaran merupakan momen yang sangat melelahkan. Anda akan bersama-sama dengan masyarakat lainnya menuju kampung halaman, sehingga kemacetan hebat sering terjadi.

Belum kerusakan jalan-jembatan. Perjalanan terhambat berjam-jam. Bila ini terjadi, kelelahan mendera. Salah satunya kelelahan tulang belakang (nyeri punggung). Ini jadi persoalan jika terjadi pada yang sering berurusan dengan riwayat nyeri punggung. Berikut tips agar perjalanan bebas rasa nyeri punggung:

1-Duduk dengan nyaman : Luangkan waktu untuk memastikan bahwa Anda merasa nyaman saat Anda berangkat. Jangan berangkat saat Anda merasa ada gangguan pada tulang belakang. Bila perlu, konsultasikan masalah Anda dengan dokter sebelum berangkat.

Mudik2-Bantu dengan handuk. : Gulung handuk atau bantal dan tempatkan di antara punggung bawah dan kursi untuk dukungan lebih pada tubuh Anda. Ada banyak bantal khusus yang dapat membantu mengurangi sakit linu panggul, atau memberikan dukungan untuk leher, tulang belakang lumbal, bawah, dan tubuh. Mungkin Anda bisa memilihnya sebelum perjalanan jauh.

3. Jangan duduk di dompet Anda, ponsel atau yang mungkin membuang tulang belakang Anda lelah.
4. Bila Anda mengemudikan kendaraan pribadi, carilah sopir pengganti, agar Anda tak terlalu lelah.
5. Jika memungkinkan, duduk tegak dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda.
6. Ubahlah posisi duduk tiap 15-20 menit, jangan terpaku hanya dalam satu posisi.

7-Bawa kantong isi es : Seka bagian tubuh yang nyeri 20 menit. Kebanyakan nyeri punggung disertai peradangan. Terapi es memperlambat pembengkakan, jaringan sakit mati rasa, memperlambat impuls saraf di daerah yang terkena, dan mengurangi kerusakan jaringan. Jangan langsung seka dengan es langsung, tapi dibungkus dengan handuk atau kain.

8-Terapi panas : Terapi es bergantian dengan terapi panas. Isi botol air panas dan tempatkan di bagian nyeri Anda. Atau beli bantal pemanas, yang bisa dihubungkan dengan adaptor mobil, sehingga Anda dapat plug in dalam perjalanan. Bisa juga sediakan paket gel hangat atau obat oles untuk sakit punggung.

9. Keluar dari mobil Anda untuk meregangkan tubuh : Berjalan di sekitar mobil untuk sedikit meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot punggung.

10. Jika sakit punggung Anda terasa tak tertahankan, berbaringlah sebentar (Penulis: Nessy Febrinastri/FAB; Sumber:Spine-Health; http://www.beritasatu.com/kesehatan/199083-tips-mengurangi-nyeri-punggung-dalam-perjalanan-mudik.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close