Kesehatan

Risiko kurang tidur

Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh manusia untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Tidur yang larut malam tetapi ingin bangun pagi-pagi adalah memainkan waktu dengan sangat keras. Karena tubuh anda butuh waktu istirahat yang normal 7-8 jam.

Pengaruh dari begadang, anda akan susah untuk berkosentrasi, dapat menimbulkan tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi. Banyak diantara kita yang mengabaikan aktivitas tidur. Ini dapat dibuktikan, seringkali kita masih terjaga dimalam hari seperti menonton tv sampai larut malam.

Juga ngobrol dengan teman sampai lupa waktu istirahat, atau melakukan aktivitas malam, terkecuali mereka yang harus bekerja dimalam hari. Bekerja memang kewajiban setiap orang, apa lagi seorang pria yang harus selalu bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Kadang di dalam pekerjaan kita mendapatkan banyak kesibukan, sehingga mungkin kita melupakan salah satu hal penting dalam hidup ini, terutama menjaga kesehatan. Kurang tidur di malam hari sangat tidak baik untuk kesehatan anda. Berikut ini 5 Bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan.

1. Hilang Fokus Saat Berkendara. Jika anda seorang pekerja yang harus memakai mobil dan motor. Anda harus memiliki istirahat yang cukup dimalam hari. Ini dikarenakan, jika anda kurang tidur di malam hari, maka dapat dipastikan fokus anda ketika menyetir akan menurun. Ini bisa berbahaya bagi anda, karena kita tahu jumlah kendaraan dari tahun ketahun terus meningkat sehingga dapat dibayangkan. Anda kehilangan fokus di tengah banyaknya kendaraan di samping kiri, kanan, belakang, depan anda. Ingat nyawa taruhannya, akibat kurang tidur. Dilansir dari kompas.com, sebuah penelitan di amerika menunjukkan bahwa kualitas tidur yang rendah, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja.
2. Pelupa. Tidak ingin lupa dengan kenangan terbaik dalam hidup Anda? Cobalah perbanyak tidur. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukkan bahwa peristiwa otak yang disebut “sharp wave ripples” bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, dimana kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.
3. Hilang Konsentrasi Saat Belajar. Tahukah anda, kurang tidur dapat menyebabkan konsentrasi menurun. Bagi anda yang berstatus pelajar dan mahasiswa, atau anda yang harus bekerja menggunakan pikiran anda, kurang tidur dapat menyebabkan terganggunya konsentrasi ketika anda sedang belajar atau membutuhkan untuk mengingat tentang sesuatu yang sudah dan belum anda kerjakan sebelumnya.
4. Memperburuk Kondisi Kesehatan Tubuh. Akibat kurang tidur juga sangat buruk untuk kesehatan tubuh anda. Berbagai penyakit akan menghampiri anda seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke bahkan diabetes. Anda tidak berharap mengalami hal itu semua kan.?
5. Stres Yang Meningkat. Akibat kurang tidur yang lain yaitu anda sering mengalami stress, sering marah-marah tidak jelas dan kelihatan sering murung di sela waktu aktivitas anda sehari-hari.

Untuk mengurangi akibat dari kurang tidur tersebut, sebisa mungkin anda juga bisa mengurangi begadang di malam hari apa bila itu tidak penting, Karena Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari aktivitas tidur tersebut.

Salah satunya tubuh lebih bugar dan segar ketika bangun. Sehingga kita siap menghadapi hari2 berat dan melelahkan yang harus kita jalani setip harinya. Sebaliknya, kurang tidur akan berdampak negatif bagi kesehatan Tubuh. (Ardi Adrian; http://m.kompasiana.com/post/read/725731/2/kurang-tidur-dapat-berbahaya-bagi-kesehatan-tubuh.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close