Iptek dan Lingk. HidupWisata dan Kuliner

Bandara ramah lingkungan-Sepinggan

BALIKPAPAN, TRIBUN-Terminal baru Bandar Udara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, yang mulai beroperasi Sabtu (22/3/2014) subuh, dirancang berbeda dengan Bandara lain di Indonesia. Terminal ini hadir dengan konsep baru.

Selain ramah lingkungan, hemat energi, juga ada pusat belanja. Ramah lingkungan dan hemat energi direpresentasikan karakteristik bangunan fisik. Atapnya seperti lempeng daun sedikit bergelombang, yang beberapa bagiannya berbahan kaca. Selain atap, beberapa sisi dinding bangunan berasal dari kaca.

Dampaknya sistem pencahayaan dari sinar matahari, masuk maksimal ke dalam gedung terminal hingga ke lantai dasar. “Semua open dan siang hari tidak butuh lampu. Malam hari yang digunakan adalah lampu hemat energi dan LED. Banyak unsur kembali ke alam (back to nature),” kata Direktur Teknik Angkasa Pura I, Polana Banguningsih, kepada Kompas.com.

Selain fasad, ramah lingkungan ini ditemukan sistem pengelolaan dan penggunaan air. “Air yang sudah digunakan tidak dibuang, tapi didaur ulang, digunakan kembali untuk hidran. Tidak keseluruhan yang digunakan, tetapi sebagian besar lagi digunakan kembali,” jelas Head of Sepinggan Airport International Balikpapan Project, Taochid Purnomo Hadi.

Bandara ini dipercantik dengan kehadiran “hutan mini”. Aneka tumbuhan cukup rapat menghias lobi dan taman di tengah lantai dasar. Bukan sekadar ornamen, “hutan mini” ini juga dimaksudkan sebagai simbol identitas kota Balikpapan, dan juga Pulau Kalimantan secara umum.

“Kalimantan kan banyak hutan. Jadi dihadirkan pula “hutan mini” dan tiang-tiang ornamen yang berbentuk batang melambangkan jungle, sehingga landscape tampak alami dan elegan,” kata Polana.

Mal masuk bandara
Selain terdapat “hutan mini”, terobosan lain yang dihadirkan Angkasa Pura I untuk Terminal baru Bandara Internasional Sepinggan ini adalah pusat belanja. Mal ini dikembangkan untuk melayani penumpang dan juga masyarakat umum.

Menurut Polana, kehadiran pusat belanja di Terminal baru Bandara Internasional Sepinggan, bertujuan untuk dapat memberikan konstribusi signifikan terhadap pendapatan berkelanjutan (recurring income) Angkasa Pura I.

“Airport ini dilengkapi mal. Terminal bandara tentu memiliki banyak area komersial. Dan mungkin di Indonesia, ini baru pertama kali Bandara dilengkapi pusat belanja,” kata Polana. (kompas.com; dan
http://jabar.tribunnews.com/2014/03/22/pertama-di-indonesia-bandara-internasional-ini-dilengkapi-pusat-belanja)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close