Iptek dan Lingk. Hidup

Lima kota aneh(4/5)-Green Bank

(Serial)-Merdeka.com – Green Bank di Pocahontas County di Virginia Barat, USA, mungkin adalah salah satu tempat paling tenang di bumi. Di sana, Anda tidak akan menemukan ponsel, Wi-Fi, radio atau bahkan televisi.

Meski begitu, Green Bank bukanlah daerah terpencil yang buta teknologi. Sebaliknya, Green Bank menjadi rumah bagi teleskop radio terbesar yang dikendalikan sepenuhnya di bumi – Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT).

Robert C. Byrd Green Bank Telescope (GBT) dioperasikan oleh National Radio Astronomy Observatory. Keberadaan GBT menjadi alasan kenapa tidak boleh ada gelombang elektromagnetik lain di kota tersebut.

Teleskop radio bekerja dengan mendeteksi gelombang elektromagnetik yang datang dari galaksi. Sinyal itu begitu samar. Maka, emisi sekecil apa pun yang berasal dari gelombang radio atau dari gadget elektronik dapat mengganggu kerja alat tersebut.

Untuk itu, zona bebas perangkat elektronik di sekitar Green Bank diperluas sejauh kurang lebih 13.000 mil persegi. Wilayah tersebut dinamakan National Radio Quiet Zone, dan terletak di sekitar pedesaan yang jarang dihuni yang melintasi perbatasan Virginia Barat, Virginia, dan Maryland.

Hampir semua jenis transmisi radio dan perangkat elektronik dilarang di sini. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan kerja Green Bank Radio Telescopes, sehingga mesin itu dapat bekerja tanpa gangguan.
Meski tampaknya mustahil hidup tanpa teknologi, ada 140 orang yang betah tinggal di kota ini. Jika mereka ingin berbicara dengan seseorang yang berada di luar kota, ada telepon umum yang disediakan untuk mereka.

Hidup di bawah bayang-bayang teleskop raksasa, beberapa warga bahkan tidak menyadari perkembangan teknologi di tempat lain.

“Kami tidak menyadari bahwa seluruh dunia ini semakin terhubung dan tetap terhubung terus-menerus, melalui telepon dan komputer dan semua itu (gadget),” kata penyiar radio Caleb Diller, yang dibesarkan di Pocahontas County, kepada NPR. “Jadi kami agak kuno. Kami belum berkembang.”

Selama beberapa tahun terakhir, banyak orang memutuskan untuk tinggal di Green Bank. Kebanyakan dari mereka mengaku menderita hipersensitivitas elektromagnetik. Mereka memiliki gejala seperti pusing, mual, ruam, denyut jantung yang diakibatkan dari radiasi elektromagnetik.
“Hidup terasa tidak sempurna di sini,” kata Diane Schou, salah satu orang yang datang ke Green Bank dengan suaminya pada tahun 2007 karena menderita hipersensitivitas elektromagnetik.

“Tidak ada toko, tidak ada restoran, tidak ada rumah sakit terdekat. Tapi di sini, setidaknya, saya sehat. Saya bisa melakukan banyak hal. Saya tidak perlu tinggal di tempat tidur karena sakit kepala yang saya rasakan sepanjang waktu,” tandasnya. Bersambung ………… [des; http://m.merdeka.com/gaya/5-kota-aneh-yang-bikin-penasaran.html]-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close