TELKOMGrup dan SEKAR

Tandatangani MOU-Padang menuju Smart city

‘Smart City’, suatu keharusan bagi Pemko Padang di tengah kemajuan teknologi informasi (IT) ini. Pasalnya, penerapan ‘Smart City’ dalam penyelengaraan pemerintah memudahkan dalam pelaksanaan pembangunan dan penataan administrasi yang terintegrasi.

Implementasi ‘Smart City’ oleh Pemko Padang diwujudkan melalui penandatanganan MoU bersama Telkom dalam layanan IT. Penandatanganan dilakukan Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah dengan Direktur Wholesale dan International Service Telkom, Honesti Basyir di Bandung, (30/5).

Menurut walikota, saat ini SKPD di lingkungan Pemko Padang banyak menggunakan sistem pemanfaatan IT. SKPD itu : Dishub Kominfo , Dinas Pengelola Keuangan dan Aset dan Dinas Dukcapil. Akan tetapi, pemanfaatan IT itu perlu terkoneksi dan belum terintegrasi.

“Dengan MoU ini, Padang akan jadi kota cerdas, penuh inovasi dan menggunakan teknologi dalam banyak hal,”. Hal ini sejalan dengan komitmen yang terbangun antar SKPD di lingkup Pemko Padang. Setiap pegawai, mesti mampu bergerak cepat dan tidak boleh lambat ataupun menghambat. “Lewat MoU ini semoga cepat terlaksana, sehingga harapan masyarakat cepat kita penuhi,” ujar Mahyeldi.

Wako mengakui, selama ini telah terjadi komunikasi dan kerja sama antara Pemko Padang dengan Telkom. Lewat kerja sama ini, membuat Pemko Padang susah untuk pindah ke provider lain. “Kami susah ke lain hati. Hemat kami, Telkom punya kelebihan banyak hal,” terangnya.

Diceritakan wako, terjadinya kesepakatan ‘Smart City’ ini berkat komunikasi yang baik dengan Wako Bandung, Ridwan Kamil. Wako Bandung ini, telah membuka komunikasi luar biasa dengan Kota Padang.
“Padang cukup spesial, saat Ridwan Kamil mempersilahkan Kota Padang menggunakan server ‘Smart City’ milik Kota Bandung. Momen ini, kita manfaatkan betul,” kata Mahyeldi.

Sementara Honesti Basyir menyampaikan, terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Telkom. Dikatakannya, Telkom memang telah memiliki komitmen untuk memajukan seluruh Indonesia.
Lebih jauh disebutkannya, Bandung memang telah menjadi kota percontohan ‘Smart City’.

Lewat ‘Smart City’, cukup banyak yang dapat dilakukan. Honesti berharap, dengan terjalinnya kerja sama antara Telkom dengan Pemko Padang akan menjadi semacam kampanye, agar kabupaten/kota lain di Sumbar menjadi ‘Smart City’.

“Lewat ‘Smart City’, roda perekonomian akan bagus. Saya mengimbau kepada karyawan, agar tidak saja melakukan MoU, akan tetapi ada action nyata dan bagaimana Padang menjadi satu-satunya kota termaju di Indonesia,” tutupnya. (http://www.telkom.co.id/tandatangani-mou-padang-menuju-smart-city.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close