TELKOMGrup dan SEKAR

Yang penting menuju Smart City

Kota2 di berbagai belahan di dunia kini berlomba menerapkan konsep smart city atau kota pintar. Bukan hanya di negara maju, tetapi juga kota-2 di negara berkembang. Menurut majalah Forbes pada Maret 2015 jajaran smart city teratas masih didominasi oleh kota-kota di negara maju seperti Barcelona, New York, London, Nice dan Singapore. Kenapa sekarang menjadi trend di dunia, apa itu smart city?

Beberapa isu penting : Masalah lingkungan hidup (global warming), keterbatasan sumber daya dan Konsep ini berkembang sesuai dengan dinamika tantangan yang dihadapi dalam pengembangan kota. energi, pertumbuhan populasi termasuk di dalamnya masalah urbanisasi.

Tantangannya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mewujudkan pengelolaan kota yang berkelanjutan. Banyak versi definisi dari smart city. Salah satunya menyatakan bahwa smart city adalah kota yang menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas layanan kota yang ramah lingkungan secara lebih efisien dan untuk meningkatkan efektivitas interaksi dengan warganya.

Sarwant Singh, kontributor pada majalah Forbes mengidentifikasi delapan aspek utama dari smart city, yaitu: pengelolaan pemerintahan, pemanfaatan energi, gedung, pengaturan mobilitas, infrastruktur, teknologi, layanan kesehatan, dan warga yang pintar atau smart citizen. Delapan aspek tersebut akan lebih efektif bila dikembangkan dalam sistem yang terintegrasi.

Telkom Indonesia juga terus berperan aktif dalam mengembangkan konsep tersebut bekerjasama dengan e-Indonesia Initiatives dan beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Makassar, Balikpapan, Depok, Aceh, Sleman, Banyuwangi dan kota-kota lainnya.

Aspek penting yang dikembangkan adalah pengelolaan pemerintahan khususnya untuk meningkatkan jenis dan mutu pelayanan kota di bidang kesehatan, agama, pendidikan, perpajakan, pariwisata, industri perdagangan dan sebagainya.

Dari aspek infrastruktur, Telkom terus mengembangkan Indonesia Digital Network, salah satunya dengan menggelar jaringan fiber optik di seluruh wilayah Indonesia. Infrastruktur jaringan fiber optik ini akan menjadi tulang punggung dalam pengembangan tujuh aspek lain dalam implementasi smart city.

Aspek smart citizen adalah elemen penting dalam implementasi smart city. Saat ini Telkom memperluas wilayah layanan Indihome Fiber untuk mendukung pengembangan aspek smart citizen.

Indihome Fiber merupakan layanan terpadu tripleplay (gratis telepon lokal atau interlokal selama 1.000 menit per bulan, akses internet kecepatan tinggi sampai dengan 100 Mbps dan TV interaktif) dalam satu paket dengan harga yang lebih hemat yang memanfaatkan infrastruktur jaringan fiber.

Akses internet kecepatan tinggi disiapkan untuk dapat membantu warga kota dalam mendapatkan informasi dengan cepat dan menggunakan berbagai aplikasi di internet dengan nyaman. TV interaktif dengan menggunakan teknologi IPTV didesain untuk menyajikan konsep edutainment, tayangan hiburan yang tetap mengandung muatan pendidikan.

Dalam paket saluran TV yang disiapkan dalam Indihome terdapat 8 saluran khusus anak-anak yang berisi hiburan dan pendidikan, 5 saluran dokumenter yang banyak bermuatan informasi dan pendidikan dan 1 saluran religi.

Agar tayangan yang mendidik bisa menyesuaikan dengan jadwal menonton TV dari anak-anak, maka tayangan TV di Indihome mempunyai fungsi TVOD atau TV On Demand yang bisa menayangkan kembali semua tayangan dalam rentang waktu 7 hari yang lalu.

Sehingga anak-anak bisa memilih sendiri waktu untuk menonton tayangan favoritnya menggunakan Indihome. Selain itu para orang tua bisa memanfaatkan fasilitas parental control yang membatasi tayangan yang dirasa tidak sesuai untuk anak-anak dengan password.

Fasilitas ini bisa ditemukan di menu Account dan sub menu Parent Control. Ada beberapa level parental control yang sudah dibuat dan bisa dipilih para orang tua. Tetapi bisa juga dipilih pembatasan tayangan berdasarkan saluran TV yang dipilih. Tayangan yang diblok hanya akan bisa dibuka atau ditonton bila memasukkan password yang ditentukan pelanggan.

Saat ini juga sudah tersedia Indihome Store sebagai layanan tambahan Indihome yang merupakan market place dimana pelanggan dapat memilih berbagai konten dan aplikasi berbasis internet. Di antaranya terdapat kategori edukasi dan berbagai aplikasi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup keluarga seperti UDoctor (layanan kesehatan online), Cashman (aplikasi akuntansi), layanan website, domain, hosting dan masih banyak lagi.

Layanan tambahan pada Indihome yang lain adalah Indihome automation yang sangat sesuai konsep smart citizen. Layanan ini dikembangkan untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi di rumah bagi pelanggan Indihome. Salah satu bentuk layanannya adalah surveillance camera yang berbasis koneksi internet.

Sehingga surveillance camera tersebut bisa dipantau dari berbagi lokasi menggunakan aplikasi mobile. Dengan berbagai layanan dalam Indihome Fiber tersebut, diharapkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat di Indonesia akan semakin meningkat sekaligus sebagai pengembangan aspek smart citizen dalam implementasi smart city di Indonesia. (http://www.telkom.co.id/smart-citizen-sebagai-elemen-penting-menuju-smart-city.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close