Iptek dan Lingk. Hidup

Waspadalah agen Umrah abal2 dengan gerakan lima pasti

Merdeka.com – Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin meluncurkan gerakan nasional lima pasti ibadah Umroh 2015. Gerakan 5 pasti ini merupakan informasi mengenai proses melakukan ibadah umroh bagi masyarakat Indonesia.

Menurut Lukman, diluncurkannya program tersebut lantaran selama ini banyak kasus penelantaran jemaah umroh dari agen atau biro perjalanan abal-abal di tanah air.

“Kita antisipasi lonjakan umroh ke depan lebih besar. Kita tidak mau jemaah dimanfaatkan oknum. Kami Kemenag beri info agar masyarakat tidak dijadikan objek penipuan. Banyak laporan, karena itu kami gandeng Polri untuk urusan pengawasan,” kata Menteri Lukman di Gedung Kemenag, Jalan Muhammad Husni Thamrin, Jakarta, Senin (29/6).

Ada pun lima pasti tersebut menurut Lukman di antaranya, pertama pastikan betul apa biro atau agen umrah itu. Apakah benar memiliki izin resmi. “Bisa dicek di www.haji.kemenag.go.id. Cek dipojok atas,” ujar Lukman.

Kedua, lanjut Lukman, pastikan jadwal pemberangkatan dan penerbangan. Juga nama maskapi penerbangannya.

“Ketiga, pastikan harga dan paket yang ditawarkan. Masyarakat juga harus diedukasi, tidak hanya harga yang diketahui, tapi juga hak-hak konsumen yang didapat selama di Arab Saudi,” kata dia.

Keempat, pastikan di mana kita akan menginap di tanah suci. Tentu tidak hanya nama, tapi juga alamatnya. Karena sering terjadi janji-janji hotel ini itu, tapi di sana diofer-ofer.

“Kelima, pastikan visanya. Normalnya, 2 hari sebelum berangkat jemaah dapat visa. Jangan sampai di hari H jemaah belum tahu dapat visa apa belum,” tandas Lukman. (Gil; http://m.merdeka.com/peristiwa/marak-agen-umrah-abal-abal-kemenag-luncurkan-gerakan-lima-pasti.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close