Kesehatan

Berdirilah dengan benar jika ingin sehat

KOMPAS.com – Postur berdiri yang salah bisa melukai syaraf dan meningkatkan risiko arthritis. Agar dapat menjaga postur tubuh yang baik, Anda harus lebih dulu memahami apa sebenarnya postur alami manusia.

Tulang belakang memiliki bentuk kurva (lengkungan) alami yang berbentuk huruf S. Dilihat dari samping, bagian leher dan lumbar (pinggang belakang) memiliki bentuk lordotik (sedikit melengkung ke dalam). Sementara, tulang belakang dada atau punggung atas memiliki lengkung kipotik atau sedikit melengkung keluar.

Kurva tulang belakang bekerja seperti pegas melingkar untuk menyerap kejutan, menjaga keseimbangan, dan untuk memfasilitasi berbagai gerak seluruh tulang belakang. Kurva ini dikelola oleh dua kelompok otot, fleksor dan ekstensor. Otot-otot fleksor berada di depan, termasuk otot perut. Otot-otot ini memungkinkan kita untuk melentur atau membungkuk ke depan.

Otot-otot ekstensor berada di belakang. Otot-otot ini memungkinkan kita untuk berdiri tegak dan mengangkat benda. Bekerja bersama, kelompok otot-otot ini bertindak seperti kabel yang saling terkait untuk menstabilkan tulang belakang Anda.

Karena gaya hidup atau sebab lainnya, bentuk alami tulang belakang dapat berubah, terlalu condong ke depan atau sebaliknya, terlalu condong ke belakang. Alhasil, Anda jadi memiliki postur tubuh yang buruk.

Pengaruhnya terhadap kesehatan
Tanpa postur yang baik, kesehatan Anda secara keseluruhan akan terpengaruh. Dalam jangka panjang dari sikap tubuh yang buruk dapat memengaruhi sistem tubuh (seperti pencernaan, pernapasan, otot, sendi dan ligamen). Orang dengan postur tubuh yang buruk, sering mudah lelah atau tidak dapat bekerja secara efisien atau bergerak dengan benar.

Bahkan bagi orang-orang muda, bagaimana cara Anda berdiri ketika bekerja, santai atau bermain dapat memiliki efek besar. Apakah Anda tahu, bahwa hanya limabelas menit membaca atau mengetik dengan posisi yang salah dapat menyakiti otot-otot leher, bahu dan punggung?

Sebaliknya, postur tubuh yang benar mampu mengurangi risiko artritis yang disebabkan luka di persendian, meminimalkan cedera, memungkinkan otot untuk bekerja lebih efisien, sehingga lebih sedikit energi yang harus Anda keluarkan.

Berdirilah dengan benar
Lalu bagaimana cara berdiri yang benar? Mudahnya, berdiri yang benar menurut Kansas Chiropractic Foundation adalah yang tidak mengubah kurva tulang belakang Anda. Untuk itu, ketika berdiri Anda harus:

– Membagi rata beban tubuh pada kedua kaki. Supaya pembagiannya lebih mudah, bukalah kaki Anda selebar bahu
– Biarkan lutut sedikit menekuk alami
– Kedua tangan tergantung di sisi tubuh dengan rileks

– Berdiri tegak sesuai kurva alami; leher dan pinggang belakang sedikit melengkung ke dalam, tulang dada belakang atau punggung atas sedikit melengkung ke luar.
– Bahu tegak namun rileks, boleh juga sedikit ditarik ke belakang
– Sedikit kencangkan otot perut untuk membantu Anda menjaga postur tegak. (Lily Turangan; Bestari Kumala Dewi; Kansas Chiropractic Foundation dan http://health.kompas.com/read/2015/08/11/193911423/Ingin.Sehat.Berdirilah.dengan.Benar?utm_campaign=related_left&utm_medium=bp&utm_source=news)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close