TELKOMGrup dan SEKAR

Melalui SMS nelayan Bengkulu tahu tempat kumpulnya ikan

TEMPO.CO, Bengkulu – Kabar gembira untuk nelayan di Bengkulu. Mereka mendapatkan panduan tempat berkumpulnya ikan di laut. Telkom memberi fasilitas pendeteksi titik berkumpulnya ikan di laut. Para nelayan bisa mendapatkan info titik kumpul ikan ini melalui pesan pendek di telepon seluler sebelum mereka berangkat melaut.

Program ini merupakan kerja sama Telkom dan Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Prov-Bengkulu. “Awalnya fitur ini untuk kapal yang bersandar di Pelabuhan Bengkulu. Kapal2 itu dibekali automatic identification system untuk mendeteksi atau memantau kapal2 yang akan memasuki Pelabuhan Bengkulu,” kata GM Telkom Witel Bengkulu Nugroho Setio Budi, Jumat, 24 Juli 2015.

Fitur ini berguna untuk memantau lalu lintas keluar-masuk area pelabuhan, sehingga memudahkan pendeteksian jika terjadi sesuatu terhadap kapal. Telkom kemudian mengembangkan program ini dengan menciptakan layanan pesan pendek untuk nelayan yang akan mencari tempat ikan berkumpul.

Pengiriman pesan pendek ini menggunakan teknologi 2G dengan memanfaatkan base transceiver station yang dimiliki Telkom. Fitur teknologi ini bisa digunakan di ponsel sederhana.

Selama ini nelayan kecil berangkat mencari ikan ke laut tanpa dibekali teknologi. Sedangkan Dinas Kelautan dan Perikanan memiliki info ihwal titik-titik koordinat tempat ikan berkumpul. Hanya, info itu diakses secara manual.

Telkom akan membantu menyebarkan informasi itu melalui pesan pendek ke nomor nelayan. ( http://m.tempo.co/read/news/2015/07/24/058686231/pakai-sms-nelayan-bengkulu-bisa-tahu-titik-kumpul-ikan dan http://www.telkom.co.id/pakai-sms-nelayan-bengkulu-bisa-tahu-titik-kumpul-ikan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close