Islam

Tujuh masjid unik di Rusia(2/4)

(Serial)- 2. Masjid Heart of Chechnya, Grozny ; Masjid The Heart of Chechnya (Hati Chechnya) dinamai oleh Akhmad Kadyrov, Presiden pertama Republik Chechnya. Masjid yang menjadi salah satu tempat ibadah terbesar di Eropa ini mampu menampung lebih dari 10.000 orang.

Luas total kompleksnya mencapai 14 hektar. Jika diperlukan, jemaah dapat melaksanakan ibadah shalat di galeri-galeri musim panas dan lapangannya. Empat menara setinggi 63 meter mengelilingi Heart of Chechnya dan merupakan menara masjid tertinggi di Rusia.

Eksterior dan interior dinding masjid dilapis marmer. Para perajin asal Turki melukiskan kaligrafi yang diambil dari ayat-ayat suci Al Quran di sepanjang dinding-dinding masjid. Kaligrafi dilukiskan dengan tinta emas kualitas terbaik.

Kemegahan interiornya dapat dilihat dari delapan lampu gantung kristal Swarovski. Untuk menciptakannya, Swarovski menggunakan beberapa ton perunggu dan 2,5 kg emas berkualitas tinggi.

3. Masjid Kul Sharif, Kazan
3-mesjid-kul-sharifSetelah tiga kali penyerbuan pada awal abad ke-16, barulah tentara Rusia yang dipimpin oleh Ivan Grozny, yang dijuluki “Si Kejam”, mampu menaklukkan Kazan, ibu kota negara Islam Kazan Khanate.

Menurut salah satu versi kisahnya, pasukan Ivan Grozny merampas dan membawa “Kazan Cap”, mahkota para Khan Kazan, dari Kazan ke Moskwa. Menurut versi kedua, para pembuat perhiasan dari Khanate yang ditaklukkan membuat “mahkota” ini khusus untuk sang Tsar Rusia.

Bentuk “Kazan Cap” itu mengilhami arsitek utama Masjid Kul Sharif di Kazan. Masjid didirikan di lokasi bekas menara masjid yang dihancurkan pasukan Ivan Grozny. Masjid ini dibuka untuk merayakan ulang tahun kota Kazan yang ke-1.000 dan merupakan salah satu masjid paling spektakuler di dunia menurut Huffington Post, The Wondrous, dan banyak media lainnya.
Interior masjid dengan menara setinggi 52 meter ini mampu diisi 1.500 orang, sementara 10.000 orang lain bisa ditampung di alun-alunnya. Pendanaan pembangunannya yang diperkirakan mencapai 400 juta rubel sepenuhnya didapatkan dari sumbangan. Di aula utama masjid, terdapat buku-buku yang mencantumkan nama 40.000 orang dan organisasi penyumbang dana pembangunan.

Bersambung ……………. (Ervan Hardoko; Russia beyond the headline; dan
http://internasional.kompas.com/read/2015/08/13/17001971/Inilah.7.Masjid.Paling.Menakjubkan.di.Rusia?utm_source=megapolitan&utm_medium=cpc&utm_campaign=artbox)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close