Iptek dan Lingk. Hidup

Untuk apa Ram besar pada smartphone?

KOMPAS.com – Ketika meresmikan kehadiran Galaxy Note 5 pada acara di New York, AS, akhir minggu, Samsung menyebutkan “phablet” tersebut dibekali dengan memori utama alias RAM (Random Access Memory) berkapasitas 4 GB, jumlah terbesar yang pernah ditanamkan dalam gadget mobile Samsung.

Apa perlunya kapasitas RAM yang berlimpah? Pengamat gadget Lucky Sebastian dari komunitas Gadtorade berbagi pandangan mengenai hal ini.

“Pengguna smartphone masa kini menjalankan banyak aplikasi yang makan tempat pada RAM, misalnya saja aplikasi media sosial yang terus berjalan di latar belakang. Ini membuat kinerja ponsel terhambat apabila kapasitas RAM sampai terpakai semua,” kata Lucky dalam obrolan dengan KompasTekno di lokasi acara peluncuran Galaxy Note 5.

RAM, kata Lucky, tak ubahnya “jalan raya” untuk menjalankan “mobil” (aplikasi). Saat sebuah aplikasi dijalankan, data-data program akan diambil dari media penyimpanan atau internal storage, seperti mobil yang dikeluarkan dari garasi untuk dipakai di jalanan.

“Saat jalanan ini penuh, maka mobil yang baru berjalan tak bisa masuk. Mobil (aplikasi) lain harus dipinggirkan dulu untuk sementara. Proses inilah yang menghambat kinerja dan menghasilkan lag,” kata Lucky memberi perumpamaan.

Dengan menyediakan RAM sebesar 4GB, maka Samsung memperlebar “jalanan” untuk aplikasi sehingga pengguna bisa menjalankan lebih banyak program sekaligus tanpa mengalami lagging.

Lucky menambahkan bahwa gadget seri Galaxy Note memang membutuhkan RAM dalam jumlah besar mengingat perangkat yang bersangkutan harus senantiasa menjalankan aplikasi-aplikasi pendukung untuk stylus S Pen.

“Dengan menyediakan RAM 4 GB, pengalaman pengguna memakai Galaxy Note 5 jadi lebih nyaman,” tutupnya. (Oik Yusuf; Editor: Reza Wahyudi;
http://tekno.kompas.com/read/2015/08/18/10065247/Apa.Perlunya.RAM.Besar.pada.Smartphone.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close