Aku cinta Indonesia

Sektor ini butuh jutaan pekerja

GRESIK, KOMPAS.com – BKPM memproyeksikan akan ada jutaan lapangan kerja baru mulai tahun depan hingga beberapa periode mendatang. Dari tujuh sektor prioritas penanaman modal yang ditetapkan BKPM dan pemerintah saja, diperkirakan akan membutuhkan 14,11 juta tenaga kerja.

 

Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan, hal itu berdasarkan data izin prinsip yang sudah dikeluarkan lembaganya sepanjang  Semester 1  2015. Di tujuh sektor ini, izin prinsip yang keluar untuk penanaman modal senilai 39,01 miliar dollar AS.

 

Rinciannya sebagai berikut:

  1. Sektor infrastruktur dengan nilai investasi sekitar 25 miliar dollar AS.

Dalam lima tahun terakhir, investasi 1 juta dollar AS di sektor infrastruktur rata-rata menyerap 350 orang. Dengan demikian nantinya bakal butuh 8,80 juta tenaga kerja.

 

  1. Sektor pertanian dengan nilai investasi sekitar 4,23 miliar dollar AS.

Dalam lima tahun terakhir, rata-rata penyerapan tenaga kerja untuk investasi 1 juta dollar AS di sektor pertanian sebanyak 140 orang.

Hitung punya hitung, sektor pertanian akan butuh 592.000 tenaga kerja.

 

  1. Sektor maritim dengan investasi 1,12 miliar dollar AS.

Tiap investasi 1 juta dollar AS di sektor maritim rata-rata menyerap pekerja 75 orang dalam lima tahun terakhir. Dengan demikian, nantinya investor akan butuh 84.000 pekerja.

 

  1. Sektor padat Karya dengan investasi 2,73 miliar dollar AS.

Rata-rata penyerapan tenaga kerja setiap investasi 1 juta dollar AS di sektor padat karya menyerap 936 orang dalam lima tahun terakhir. Jadi, investor akan membuka 2,56 juta pekerjaan.

 

  1. Sektor substitusi impor dengan investasi 3,70 miliar dollar AS.

Lima tahun terakhir, investasi 1 juta dollar AS di sektor ini menyerap menyerap 169 orang, sehingga kebutuhan pekerja dalam periode mendatang bakal mencapai 626.000 orang.

 

  1. Sektor hilirisasi minyak dan gas (migas) dengan investasi 1,95 miliar dollar AS.

Dalam lima tahun terakhir, setiap investasi 1 juta dollar AS rata-rata menyerap 173 orang. Jadi, sektor ini akan butuh 337.000 tenaga kerja.

 

  1. Sektor orientasi ekspor dengan investasi 128,20 juta dollar AS.

Dalam lima tahun terakhir, setiap investasi 1 juta dollar AS di sektor ini rata-rata menyerap 936 orang. Walhasil, nantinya sektor ini akan butuh 1,2 juta orang.

Franky menjanjikan, BKPM akan terus memantau pelaksanaan penanaman modal di tujuh sektor prioritas yang telah mendapat izin prinsip tersebut.

 

BKPM akan membantu mengatasi kesulitan investor agar komitmen investasi itu benar-benar terealisasi, sehingga proyeksi penyerapan tenaga kerja itu menjadi kenyataan.

Sementara, sepanjang Oktober 2014-Juni 2015 BKPM mencatat terjadi realisasi penyerapan tenaga kerja sebanyak 1,15 juta orang.

 

Serapan itu berasal dari realisasi investasi sebesar Rp 380,1 Triliun di seluruh sektor usaha. Asal tahu saja, izin prinsip merupakan izin dasar bagi investor yang akan tanam modal. Setelah ada izin prinsip, investor harus mengurus berbagai macam izin sebelum mereka mendirikan dan memulai usaha. (Kontan/Adi Wikanto; Erlangga Djumena; http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/08/24/044900926/7.Sektor.Ini.Bakal.Membutuhkan.Jutaan.Pekerja)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close