Islam

Sambutlah Tahun baru Islam dengan gegap

Menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 H, Khadimul dan Jamaah Masjid Jami An Nur melaksanakan beberapa kegiatan. Kegiatan Syiar Agama Islam itu mulai H-2, tanggal 11/10/15 berupa kerja bhakti membersihkan masjid.

 

Kemudian dilanjutkan pada Hari Selasa 13/10/2015 bada Shalat Asar.  Hadrah Remaja Masjid Jami An Nur akan mengiringi Pembacaan Rawi Nabi Muh ammad dipimpin oleh Imam Rawatib Ustazd Fadhil Al Basalamah.  Tahun Baru  Islam Tanggal 12/10/2015 ketika waktu shalat maghrib tiba.

 

Tidak seperti pergantian Tahun Masehi yang dirayakan manusia dunia pukul 00.00 tengah malam maka pergantian hari pada hitungan hijriah terjadi ketika azan maghrib dikumandangkan.

 

Kegiatan menyambut tibanya 1 Muharram 1437 H dimulai dengan membersihkan baitullah.  Program memandikan Masjid Jami An Nur yang berlokasi di Jalan Raya Bogor Km 21 Jakarta Timur merupakan Program Rutin Khadimull.

 

Membersihkan seluruh bagian Masjid tahun ini adalah kali ke 3 yang dilaksanakan beberapa hari sebelum pergantian tahun.   Tidak lain maksud dari mensucikan kembali baitullah adalah untuk memberikan rasa nyaman beribadah bagi seluruh umat islam.

 

Sejak pagi jamaah berdatangan membawa peralatan yang berkaitan dengan pekerjaan membersihkan Masjid .   Alat kebersihan yang dibawa dari rumah seperti sapu lidi, sapu ijuk, kain pel, kain lap, kemoceng dan lain lain, sedangkan Khadimull menyediakan alat semprot air dengan kekuatan super.

 

Pukul 07.00 Wib Khadimull melalui corong menara Masjid mengumumkan kembali berita kerja bhakti atau gotong royong tersebut kepada seluruh warga RW 05 Kelurahan Rambutan.

 

Anak-anak mulai ikut mendampingi para orang dewasa dan orang tua membersihkan tempat mereka mengaji.  Keberadaan anak anak di baitullah merupakan suatu upaya pendidikan moral dan agama dimana anak anak sudah mecintai rumah ibadah sejak dini.

 

Terlihat anak anak dengan riang gembira bermain air sembari menyapu dan mengepel lantai masjid.  Biasanya di hari hari libur anak anak  bermain futsal di halaman depan masjid, namun kali ini nampaknya mereka lebih suka ikutan mesucikan baitullah kesayangannya.

 

Jamaah yang datang dari lingkungan Asrama Polri Polsek Ciracas (komseko) semakin banyak.  Bagian dalam masjid dibersihklan terlebih dahulu dengan menggulung semua karpet.  Kemudian bagian atas dan sisi-sisi samping masjid disemprot. Air,  Setelah itu  barulah lantai bagian utama masjid di sikat  bersih bersih menghilangkan semua kotoran nan menempel.

 

Setelah 2 jam sebagian jamaah rehat sejenak sembari menikmati kue penganan. Bendahara Masjid Haji Pudjo Basuki sejak subuh sudah menyediakan peganan berupa jagung rebus, singkong rebus dan ubi rambat yang diletakkan di dua tampah besar.

 

Air teh manis panas dan kopi hangat pun tersedia di 2 buah cerek besar. Sementara sebagian jemaah istirahat semabri bersilaturahim, tetap saja ada jamaah yang semangat melanjutkan pembersihan masjid di bagian luar atau serambi. Masjid.

 

Hari H

Hari Selasa 1/10/15 Bada Shalat Asar baitullah makin ramai dipenuhi jamaah terutama kaum ibu serta remaja dan waktu mendekati pergantian Tahun yaitu Maghrib, dipimpin oleh KH Mohammad Hadi semua hadirin akan melantunkan doa Akhir Tahun.  Naskah doa telah disiapkan Khadimull.

 

Selanjutnya Shalat Maghrib berjamaah dan membaca Doa Awal Tahun.  Makna doa : Ungkapan syukur atas segala nikmat karunia Allah SWT sepanjang Tahun 1436 H dan bermohon dengan ketulusan hati agar di  Tahun 1437 H di berikan perlindungan dan rezeki serta kesehatan dalam Redha Allah SWT.

 

Acara diteruskan dengan Pawai Muharram.  Pawai dimulai dari depan Masjid Jami An Nur mengelilingi kawasan RW 05 Kelurahan Rambutan . Biasanya anak anak sangat riuh mengikuti pawai ini yang dimulai bada maghrib sampai tibanya waktu isya.

 

Seluruh warga di komplek Polri Polsek Ciracas akan terkejut dan keluar sembari bertanya ada apa kampung kami begini gaduh.   Inilah Syiar Agama untuk mengingatkan kembali bahwa sebagai umat Islam selaiknya kita merayakan dengan gegap gempita datangnya Tahun  Baru Islam 1 Muharram .

 

Setelah Pawai Muharram anak2 tiba di Baitullah. Shalat Isya berjamaah dan lanjut pemberian santunan untuk 40 orang anak yatim.  Guna memantapkan ketaqwaan dan keimaman maka khadimull mengajak warga medengarkan Tuasyah Muharram yang akan disampaikan KH Waliul Amri Ulama Ahli Sejarah Islam.

 

Rangkaian Gema Muharram di akhiri dengan ramah tamah dalam ikatan siltaurahim menikmati makan malam bersama yang dihidangkan Khadimul Masjid Jami An Nur. Insha Allah kehadiran H-2 menjelang tibanya Tahun Baru Islam berada di Rumah Allah akan mendapatkan Pahala berlimpah dari Allah SWT.

 

Melanjutkan Sunatullah yang di didakwakan Rasulullah SAW bahwa berkumpul di baitullah dalam rangka memakmurkan masjid adalah amalan yang sangat di anjurkan.  Masjid kita bersih, debu debu dunia telah dihilangkan, semoga demikian pula dengan debu debu nan melekat di hati.

 

Tempat Ibadah bersih, suci sesuci para pembersih.  Masjid lebih nyaman dalam ikatan silaturahim antara jamaah yang menjadi semakin erat meAlekat dunia akherat. Salamsalaman. (TD; Thamrin Dahlan; http://www.kompasiana.com/thamrindahlan/mari-sambut-tahun-baru-islam-dengan-gegap-gempita_561a014c3593738d058b456e)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close