Kesehatan

Saraf kejepit dan sering kesemutan

Saraf kejepit itu umumnya karena bantalan ruas tulang belakang bagian pinggang melembek, sehingga jaras saraf yang ada di antara ruas tulang itu akan tersentuh, dan terjepit. Kita tahu saraf itu seperti kabel listrik. Kalau saraf terjepit, akan terjadi korsleting. Korsleting saraf memunculkan keluhan nyeri menjalar sepanjang sampai ke tungkai dan kaki.

 

Oleh karena usia pasien sudah uzur, maka tindakan pembedahan tidak dilakukan karena riskan. Daerah persarafan tulang belakang rawan bila dilakukan operasi pada usia yang tidak muda lagi. Maka anjuran saya pertahankan kondisi tulang belakang agar tidak bertambah buruk.

 

Caranya, dengan mengurangi berat badan, tidak banyak turun naik tangga, kenakan alas kaki yang empuk tiap saat, olahraga hanya renang. Kalau terasa nyeri bisa diatasi dengan minum obat antiradang saraf.
Kasus kedua sering kesemutan kalau alasannya sering memegang mouse laptop, karena pergelangan tangan lama tertekan ke meja, itu lumrah terjadi. Carpal mouse syndrome. Juga bila kesemutan terjadi di telapak kaki karena lama menumpu ke atas lantai selama duduk.
Kesemutan demikian masih dalam batas wajar, belum tentu suatu penyakit. Sarafnya perlu dibantu ekstra vitamin saraf, yakni group vitamin B, khususnya B1… (Rizal Chaniago; dikutip dari postingan dr Handrawan N.)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close