Aku cinta Indonesia

Tahun 2020 Bandara Kulonprogo di target dengan akses Tol dan KA

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Angkasa Pura I (AP I) menargetkan pembangunan bandara Kulon Progo Yogya rampung pada 2020. Sebagai megaproyek, nantinya bandara tersebut bakal dilengkapi akses jalan tol dan kereta bandara.

“Ini juga selain ada akses jalan negara, ada juga jalan tol dan akses kereta api,” ujar Corporate Secretary AP I Farid Indra Nugraha di Jakarta, Kamis (15/10/2015).

AP I, sudah berbicara dengan PT KAI terkait rencana akses transportasi kereta api ke bandara Kulon Progo. Jalan negara, AP I juga sudah menyiapkan lahannya sehingga bisa terkoneksi dengan bandara. Rencananya, jalan tersebut akan dibuat underpass sehingga tak memakan lahan parkir bandara.

Untuk akses jalan tol, saat ini masih terus dimatangkan dengan Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bandara Kulon Progo direncanakan menjadi pengganti Bandara Internasional Adi Sutjipto yang telah kelebihan kapasitas.

Menurut AP I, dana pembangunan bandara tersebut sekitar Rp 7 triliun. Kapasitas Bandara Kulon Progo didesain untuk dapat menampung 50 juta penumpang setiap tahun. Sementara Bandara Adi Sutjipto saat ini sudah melayani 3,5 juta penumpang per tahun. Padahal, kapasitas bandara hanya 1,5 juta penumpang.

Bandara Kulon Progo rencana luasnya 110.000 M2 dan akan dibangun dalam beberapa tahap. (Yoga Sukmana; Bambang Priyo Jatmiko; http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/10/15/155327326/Ditarget.Rampung.2020.Bandara.Kulonprogo.akan.Dilengkapi.Akses.Tol.dan.Kereta.)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close