Wisata dan Kuliner

Tawuran es bikin lidah babak belur

CIREBON, FOKUSJabar.com: Dari namanya aja bikin penasaran, ‘Kedai Es Tawuran,’  Jangan2 yang punya ngawur? Simak penelusuran kuliner FokusJabar ini. Kedai es unik ini terletak di kawasan Jalan Fatahilah, Plered, Kab-Cirebon. Sesuai namanya yang berbau ‘tawuran’ menu2nya unik.

 

Mulai dari Es Monyong, Es Amburadul, Es Ngos Ngosan, hingga Es Babak Belur. Namanya tawuran kalau gak babak belur monyong sedikit itu pasti, tawuran bikin amburadul padahal dari rumah udah dandan rapi, dan kalo mulai kejar2an bikin ngos-ngosan.  Setidaknya itu jadi imajinasi akibat tawuran yang diaplikasikan ke dalam menu kuliner yang satu ini.

 

Meski berdiri sejak 2008, Kedai Es Tawuran ini ramai dikunjungi, terutama kawula muda Cirebon dan luar Cirebon. Untuk merasakan dinginnya suasana tawuran di dalam mulut kita cukup mengeluarkan kocek Rp. 7000 untuk Es Tawuran, dan Es Monyong, Es Amburadul, Es Ngos ngosan dan Es Babak Belur cukup mengeluarkan Rp. 6000 dan untuk es berantakan  Rp. 10.000.

 

Biar seru tawurannya, kita musti tahu bahan di dalam menu yang bisa bikin bonyok lidah ini. Seperti diutarakan Ayu salah satu karyawannya, yang bikin pembeli ketagihan ngos2an sampai monyong2 itu nata de coco, agar2, nangka, melon, timun suri, alpukat, krimer, dan santan ini mampu menghabiskan lebih dari 50-100 porsi setiap harinya.

 

Tawuran belum berhenti di sini, di kedai satu ini semua menu es disajikan dalam tempurung (batok) kelapa, jadi tetap ramah lingkungan meski Es-nya Amburadul . Bagi yang ingin dan belum pernah tawuran, tapi penasaran ingin merasakan babak belur, datang saja ke kawasan Jalan Fatahilah, Plered, Kab-Cirebon. Kedai Es Tawuran buka dari pukul 10.30–17.00 WIB. (Dea/Glh; http://fokusjabar.com/2015/11/28/es-tawuran-yang-bikin-lidah-babak-belur/)-FatchurR

————

Silahkan sajian lainnya :

  1. Kereta Api masuk stadion
  2. Singkong bisa meletus juga

————

 

Kereta Api masuk stadion

Cierny Balog – Beberapa negara di dunia memiliki stadion sepakbola yang bikin turis heran. Stadion Dobroc di Slovakia, pinggiran lapangannya dilintasi kereta api. Tut..tut… Kalau sebelumnya ada stadion di Norwegia yang disebut terindah, karena ada di pulau kecil di tengah laut, yang satu ini beda. Inilah Stadion Dobroc milik klub amatir TJ Tatran Cierny Balog di Slovakia.

Beberapa media internasional : Independent, Mirror dan EveningStandard seperti dirangkum detikTravel, (24/11/15) menyebut Stadion Dobroc adalah stadion sepakbola paling aneh di dunia. Bayangkan, ada lintasan kereta api di pinggiran lapangan bola. Stadion Dobroc di kawasan Cierny Balog, Brezno District. Dari Kota Bratislava, ibukota negara Slovakia, butuh 2 jam naik mobil sampai di sana.

Cierny Balog bukan destinasi wisata. Tapi, stadion sepakbola di sanalah yang bikin turis mau melihat langsung dan geleng2 kepala. Bagaimana bisa, ada lintasan kereta api di dalam stadion?

Ceritanya begini, jalur KA itu adalah lintasan dari Cierny Hron Railway. KA nya ada sejak tahun 1909 yang diperuntukan untuk mengangkut hasil penebangan kayu-kayu dan hasil alam lainnya dari gunung. Keretanya punya lintasan sepanjang 131,9 km dan menghubungkan antara Cierny Balog dan Hronec.

 

KAnya merupakan KA uap. Sempat digunakan sebagai transportasi umum 1928, akhirnya keretanya diberhentikan 1992. Tapi beberapa tahun setelahnya, dibuka sebagai KA wisata. Turis yang naik KA, disajikan pemandangan gunung2 dan hutan lebat. Begitu masuk ke Cierny Balog, siap2 terbelalak karena kereta uapnya akan melintasi pinggir lapangan sepakbola di Stadion Dobroc.

Meski dilewati KA, pertandingan sepakbola di stadionnya tetap berlangsung. Para penonton di tribun, akan mengeluarkan kamera mengambil gambar yang langka yakni KA masuk stadion sepakbola. Asyiknya, penonton tak ragu bertepuk tangan dan melambaikan tangan ke kereta. Walau banyak asap membumbung tinggi dari lokomotifnya, toh tak jadi masalah.

Ada satu yang jadi misteri, hingga kini belum diketahui pasti siapa pendiri stadion dan mengapa membangun stadionnya di sana. Klub sepakbola TJ Tatran Cierny Balog berdiri sejak tahun 1933, yang artinya lebih dulu terdapat lintasan kereta apinya daripada klubnya.

 

Dalam penelusuran detikTravel melalui akun Facebook, ternyata TJ Tatran Cierny Balog memiliki logo yang unik. Di laman Facebook resminya, klub tersebut punya logo kereta api yang mengangkut bola sepak. (http://travel.detik.com/read/2015/11/24/072422/3078667/1520/ini-baru-aneh-kereta-api-masuk-stadion-sepakbola)-FatchurR

————

 

Singkong bisa meletus juga

CIREBON, FOKUSJabar.com : Bicara soal kuliner, tidak ada habisnya, mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner modern. Penyajian yang selalu menampilkan tampilan dan rasa kuliner yang bikin anda ketagihan makin membuat pembahasan mengenai kuliner maikn asik untuk diperbincangkan.

 

Namanya ‘Singkong Meletus’ selalu laris diburu pengunjung. Singkong meletus adalah kuliner berbahan dasar singkong yang diberi susu dan berbagai rasa manis hingga asin, kemudian diberi taburan keju. Tak heran jika kuliner yang satu ini tak hanya sekedar mengenyangkan, tapi juga nikmat untuk disantap.

 

Nama Singkong meletus memiliki sejarah unik. Kuliner ini dinamai singkong meletus karena saat digoreng, singkong yang sudah dipotong bulat ini retak akibat mengembang dan meletus. “Ketika digoreng, singkong yang direbus dahulu retak dan me-letup2, jadi dinamai singkong meletus,” tutur Hamzah selaku penjual singkong meletus.

 

Singkong meletus ini memiliki 2 varian rasa : Rasa keju dan coklat. Dalam satu harinya Hamzah dapat menghabiskan 20 Kg singkong. Singkong meletus ini dijual Rp. 1500/buah. Buka tiap hari Pukul 09.00-18.00 WIB. Buat yang kebetulan ada di Cirebon, mampir saja ke kawasan Kesambi, di depan Rutan Kota Cirebon. (Dea; http://fokusjabar.com/2015/11/28/eh-ternyata-singkong-pun-bisa-meletus-juga-loh/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close