Wisata dan Kuliner

Morotai jadi tujuan wisata dunia

Ternate-Legislator di DPRD Maluku Utara (Malut) Edi Langkara mengatakan kebijakan Pemerintah memasukkan Morotai salah satu dari 10 daerah di Indonesia yang memiliki Badan Otoritas Pariwisata, menjadikannya tujuan wisata dunia.

 

“Morotai berpotensi pariwisata menarik, khususnya potensi pariwisata bahari dan peninggalan sejarah. Adanya Badan Otoritas Pariwisata di Morotai akan menjadikan daerah itu salah satu tujuan utama bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia,” kata Edi Langkara kepada Antara di Ternate, Rabu.

 

Menurut dia, selama ini wisatawan belum banyak berkunjung ke Morotai meski daerah itu memiliki potensi pariwisata yang menarik, di antaranya disebabkan masih terbatasnya infrastruktur pariwisata, seperti akomodasi yang belum sesuai dengan standar internasional serta akses transportasi yang menghubungkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

 

Pemprov Malut dan Pemkab Pulau Morotai selama ini sulit membenahi infrastruktur pariwisata di Morotai karena dana yang dimiliki sangat terbatas, sementara kalangan swasta juga belum banyak yang tertarik menanamkan modalnya dalam pengelolaan pariwisata di daerah itu.

 

Tetapi, kata Edi Langkara, adanya Badan Otoritas Pariwisata di Morotai maka semua permasalahan tersebut akan teratasi, karena bandan itulah yang nantinya akan menangani semuanya dengan menggunakan dana dari APBN atau sumber dana lainnya, misalnya dari Perbankan.

 

“Saya berharap Pemkab Pulau Morotai dan masyarakat serta berbagai pihak terkait di daerah itu memberikan sepenuhnya kepada Badan Otoritas Pariwisata Morotai dalam melaksanakan berbagai program terkait pengembangan pariwisata setempat,” katanya.

 

Ia mengatakan, Pemkab Pulau Morotai dan masyarakat harus bersyukur atas dipilihnya Morotai salah satu daerah di Indonesia yang akan memiliki Badan Otoritas Pariwisata, karena banyak daerah yang mengharapkan seperti itu tetapi pemerintah hanya memilih 10 daerah, termasuk di antaranya Morotai.

 

Kalau sektor pariwisata di Morotai maju, dan jadi tujuan wisata dunia maka masyarakat setempat pasti akan banyak menikmati manfaatnya, seperti terbukanya peluang kerja di sektor pariwisata serta tumbuhnya usaha ekonomi kreatif, katanya menambahkan. (Herry Barus/HRB; Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/food-travel/338635-morotai-jadi-tujuan-wisata-dunia.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close