TELKOMGrup dan SEKAR

Telepon rumah dicabut jika berhenti IndiHome

JAKARTA, KOMPAS.com-Telkom memberi penjelasan mengenai pencabutan saluran telepon jika konsumen berhenti berlangganan IndiHome. Selama ini, saluran telepon menggunakan kabel tembaga. Namun, untuk layanan IndiHome, Telkom menggunakan kabel serat optik.

Kabel serat optik ini lebih andal dan bisa menjamin kecepatan internet. Operator pelat merah ini juga memakai kabel yang sama menggelar layanan bertelepon. Menurut Director of Consumer Services PT Telkom, Dian Rachmawan, panggilan telepon melalui kabel serat optik itu menggunakan teknologi voice-over internet protocol (VoIP) atau dengan kata lain melalui sambungan internet.

Voice over internet, jadi bila IndiHome-nya distop, otomatis layanan teleponnya juga berhenti,” kata Dian kepada KompasTekno (5/2/16). Setelah berhenti, pengguna belum tentu bisa kembali ke layanan telepon berbasis kabel tembaga karena bisa saja sentral telepon atau bagian switching-nya diganti dengan kabel serat optik yang lebih modern. Menjadi mubazir karena tetap saja telepon tersebut terhubung menggunakan koneksi internet.

“Bila hanya satu play telephony, maka secara ekonomis jadi lebih mahal ketimbang TriplePlay,” kata Dian. TriplePlay yang dimaksud : Paket akses internet fiber to the home (FTTH), konten UseeTV, dan gratis telepon dalam menit tertentu untuk jangkauan lokal atau interlokal.

Selain itu, Telkom sedang melakukan migrasi sentral telepon digital jadi softswitch IMS (IP multimedia subsystem). Langkah ini ikut tren dunia seiring teknologi lama yang mulai tidak lagi dikembangkan. Merujuk pada situasi tersebut, menurut Dian, tidak tepat jika Telkom dikatakan tidak melayani masyarakat yang membutuhkan layanan telepon dasar.

Dia berjanji, perusahaan akan cari solusi bagi masyarakat yang masih butuh layanan telepon rumah, asalkan jaringan yang dibutuhkan tersedia. “Kami akan perbaiki cara menjual layanan IndiHome ke pasar,” ujar Dian. (Yoga Hastyadi Widiartanto – Kompas Tekno; Reza Wahyudi; http://tekno.kompas.com/index.php/read/2016/02/05/18322487/Telepon.Rumah.Dicabut.Jika.Berhenti.IndiHome.Ini.Penjelasan.Telkom)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close