RSS Feed     Twitter     Facebook

Hancurnya Hasil Albasia di “Hijaunya Kebonku”

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 71 views    Font size:
Hancurnya Hasil Albasia di “Hijaunya Kebonku”

Bulan Februari 2016 posisi Albasia di Kampungku banyak yang mati dimakan terap, mati kering, patah kena angin dll hampir separo lahan, sehingga diputuskan untuk ditebang semua karena dikhawatirkan semua terserang dan akan mati, kemudian lapuk begitu saja.

Pohon yang terganggu bukan yang lilit kecil (dibawah 100 Cm), namun juga menyerang pohon besar yang sebelumnya pertumbuhannya meyakinkan. Lokasi yang terserang sementara ini memang di sekitar ladang kami dan karena banyaknya serangan tidak memungkinkan pengobatan, juga kadang tidak menyembuhkan.

Keuangan hasil penebangan sangat kurang memadai dibandingkan andaikan di jual pada tahun lalu ataupun dalam kondisi sehat, bahkan untuk yang normalpun dibayar dibawah separo harga bahkan sampai menuju seperlimanya … sehingga memang penghasilan ini sangat diluar rencana/ perhitungan sebelumnya.

Sebagai contoh 6 batang yang tadinya tahun 2018 kami perkirakan menghasilkan lebih dari 8 juta; … lilit dan ukuran pernah kami tampilkan sebelumnya, ternyata di ratakan dengan tanah 17 batang hanya dihargai 2 juta. Harga bagus sekarang adalah untuk kayu Sonokeling yang hitam mengjkilat itu, beberapa tetangga menjual diatas 10 juta per batangnya.

Mohon masukan akan ditanami apa “Hijaunya Kebonku” kedepan agar tidak mudah terserang hama dan menghasilkan panenan yang menggembirakan. Untuk Sonokeling, ditempat kami tumbuh liar dimana-mana, nggak perlu bibit.

Di lokasi yang telah berulangkali ditebang akan tumbuh dengan sendirinya tunas yang akan menghijau nantinya. Untuk kepastian pemahaman lahan akan kami foto/videokan beberapa lokasi dan kondisi saat ini, setelah agak lumayan banyak diadakan penebangan dari beberapa Sonokeling dan puluhan menuju ratusan Albasia milik kami.

Terakhir memang kami masih memiliki ratusan Mahoni dan beberapa batang cukup besar (sekarang harga juga kurang bagus), ada sedikit Jati, Sonokeling kecil2, Albasia, kelapa, dan lainnya di lahan sekitar 2 hektar tanah pegunungan/miring.

Masukan dari semua Rekan juga diskusi untuk perbaikan akan kami rundingkan pelaksanaan rehabilitasinya… Terimakasih. (Raden Sutanto; dari grup FB : https://www.facebook.com/groups/bisnis.pensiunan/permalink/580614475438214/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code