RSS Feed     Twitter     Facebook

Membangun jaringan bisnis

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 69 views    Font size:
Membangun jaringan bisnis

Kunci membangun jaringan bisnis. Sebagus apapun peluang usaha, tanpa keberanian maka keberhasilan bisnis itu hanya impian belaka. Keberanian, modal utama berbisnis. Sebab keberanian akan memudahkan pebisnis bisa menjaring macam2 partner untuk menumbuhkan usaha yang digelutinya.

Seseorang tidak akan bisa membangun bisnis anda dengan pesat jika anda tidak bisa mengatasi rasa takut dalam menjalin partner. Di bawah ini beberapa tips dalam hubungannya menjaring partner bisnis

Pilih partner yang menguntungkan
Partner yang menguntungkan bisnis adalah bekal utama agar bisnis anda bisa tumbuh pesat. Tapi anda tidak bisa pilih partner bisnis yang asal2an. Anda harus selektif memilih partner bisnis. Banyak partner bisnis yang menawarkan keuntungan besar pada anda tetapi dalam kenyataannya mereka hanya memanfaatkan anda.

Jika anda sudah menemukan partner yang bisa dipercaya dan memberikan keuntungan pada anda, maka hal itu akan menjadi keuntungan pada anda dan andaipun harus bisa membangun kepercayaan pada partner bisnis anda.

Membangun relasi bisnis
Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan bisnis yang cepat anda tidak bisa bekerja sendiri. Anda harus membangun relasi bisnis yang seluas-luasnya. Pilih relasi dari orang yang terdekat anda, dari keluarga, teman dan kenalan-kenalan anda.

Anda tidak perlu memilih apakah mereka bisa bekerja sama dengan anda atau tidak. Mereka semua adalah prospek bisnis yang menguntungkan untuk perkembangan bisnis anda. Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa prospek bisnis yang anda tawarkan memberikan keuntungan pada mereka.

Mungkin anda tipe orang yang selektif, dan anda ingin relasi anda seperti anda. Cara ini memang memberikan keuntungan pada anda. Tetapi anda juga harus mengerti bahwa pada saatnya anda tentu menemukan orang yang anda inginkan melalui mereka. Selain itu belum tentu mereka seperti yang anda sangka.

Membangun Komunikasi yang baik
Membangun komunikasi yang baik dengan relasi merupakan syarat utama agar bisnis anda sukses. Anda harus melakukannya secara intens terhadap relasi bisnis anda. Saat ini tidak ada batasan dalam menjalin hubungan. Anda bisa terkoneksi walaupun jarak anda sangat jauh.

Hal ini memungkinkan anda memiliki mitra jauh di luar kota anda. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, BBM, Whatsapp, dll. Memberikan kemudahan pada anda untuk berhubungan dengan siapa saja.

Bekerja sama dan tidak mementingkan diri sendiri
Bekerja sama adalah hal yang paling urgen yang perlu dilakukan. Anda tidak bisa berpangku tangan bila partner dan relasi bisnis anda memiliki kesulitan. Sewaktu-waktu anda harus bisa meluangkan waktu anda untuk membantu jika mereka memiliki kesulitan dalam usahanya demikian pula sebaliknya. Kerja sama ini harus terjalin harmonis, satu sama lain tidak ada yang dirugikan

Anda memang mencari keuntungan dalam berbisnis, tapi hal itu tidak boleh dijadikan dasar. Saat-saat tertentu anda harus bersikap relawan. Membantu partner dan relasi anda dengan suka rela harus bisa anda lakukan.

Pada saatnya anda tentu memerlukan bantuan mereka, jika anda bisa membantu mereka dengan suka rela, maka saat anda memerlukan bantuan mereka dengan sendirinya tidak membiarkan anda menyelesaikannya sendiri.

Anda harus membayar untuk keberhasilan Anda
Tetap semangat dan tidak mengenal menyerah adalah hal yang paling penting. Permasalahan yang anda dihadapi untuk mencapai keberhasilan jangan jadikan sebagai halangan maupun rintangan, tetapi jadikan sebagai pintu untuk mencapai kesuksesan.

Jika anda bisa mengatasi masalah anda, maka pintu keberhasilan akan terbuka dengan sendirinya.
Kendala yang paling utama dalam setiap bisnis adalah menjalin relasi yang luas. Anda harus bisa membuka setiap peluang. Jika anda bisa melakukan hal yang besar, maka akan anda mendapatkan hal yang jauh lebih besar.

Biasanya seseorang jika berada dalam zona nyaman, akan sulit untuk melihat peluang. Jika anda mendapat diri anda seperti itu jangan harap anda bisa mengembangkan bisnis anda lebih jauh. Teruslah bergerak, jangan pernah berhenti. Jauhilah zona nyaman, sebab jika tidak anda bisa tertidur dan tidak bisa bangun lagi.
Jika anda adalah seorang pebisnis tulen, maka hal di atas mudah dilakukan. Tetapi jika anda ragu-ragu, tidak ada salahnya untuk mencoba. (http://bisnisforlife.com/kunci-membangun-jaringan-bisnis.htm)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code