Selingan

Mengenal Batu Suiseki

Batu Suiseki berbeda dengan batu cincin karena meski sama2 batu namun keduanya memiliki proses kejadian yang kontras dari asal, bahan baku  dan penggunaan batu2 yang umumnya sebagai pelengkap perhiasan.  Batu Suiseki dan batu cincin sama2 untuk hiasan dan sama2 karya seni tinggi-indah-menarik.

Pada Pf2n (Pameran Flori dan Flora Nasional) samping sebelah kanan gedung Carefour Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan sejumlah Batu Alam Suiseki turut dipamerkan (keseluruhan batu alam ini berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam(NAD).

 

Menurut Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai (PPBI) Pusat Sapto Darsono ke media ini pameran Batu Alam Suiseki selalu menyertai pameran tanaman Pohon Hias Bonsai. “Dimana Pohon Hias Bonsai di pamerkan maka disitu Batu Suiseki turut dipamerkan jelasnya Batu Alam Suiseki adalah pendamping dari tanaman Pohon Hias Bonsai,” ujar Sapto .

Mengenal-Batu-Mulia-Suiseki-dari-Kuningan-Jawa-BaratMenurut anggota tim pendamping tanaman Pohon Hias Bonsai yang menyertakan Batu Alam Suiseki turut serta sebagai peserta dalam Pf2n di Medan Julius (45) asal NAD di lokasi pameran menerangkan, Suiseki adalah batu alam yang berkarya seni tinggi yang  bentuk kejadiannya karena diproses alam .

Batu Alam Suiseki tidak mudah mendapatkannya karena mesti cari tidak disembarang tempat misalnya dengan menelusuri alur sungai, bekas letusan gunung berapi atau longsoran gunung atau bahkan di-tempat2 bekas terjadinya gempa maupun tsunami, termasuk juga bebatuan hempasan sungai.

Kesemua Batu Alam Suiseki yang dipamerkan di arena Pf2n berasal dari NAD, kata Julius. Batu Suiseki ini terdiri dari 3 jenis bebatuan yaitu Batu Alam Suiseki yang didapatkan dari alur-alur sungai, Batu Suiseki yang berasal dari alur-alur pegunungan dan Batu Alam Suiseki yang dicari dari bebatuan gempa hempasan tsunami.

Julius yang juga anggota PPSI (Persatuan Pecinta Suiseki Indonesia) hadir ke Pf2n bersama rekan satu tim Hidayat, Agam, Popon, Agustiar dan Boy Siregar menjelaskan, Batu Suiseki dari berbagai bentuk dan perwujudan diantaranya ada Batu Suiseki berwujud Simbolik, misalnya Suiseki berbentuk seperti ikan.  Berbentuk Landscape (nyata) begitu dilihat langsung dapat diketahui bentuk nyatanya. Suiseki Abstrak dan berbagai bentuk lainnya.
Sebagian Batu Suiseki terbentuk akibat bencana alam (letusan gunung, hempasan gempa dan tsunami). Usia Suiseki ada yang mencapai jutaan tahun, jaman purbakala maupun Suiseki yang berasal dari sejak jaman nabi-nabi.

 

Usia Suiseki dan kekerasannya sangat mempengaruhi kualitas batu alam ini. Semakin tua dan semakin keras Batu Suiseki maka semakin berkualitas. Namun corak, relif, ornamen dan keindahan Batu Alam Suiseki juga turut menentukan kualitas.

 

Apalagi semua unsur ada pada Suiseki maka ini Suiseki sempurna dan dicari pecinta Suiseki, ujar Julius sembari mempersilahkan masyarakat mengunjungi stand Bonsai dan Suiseki di arena Pf2n di Jln Jenderal Gatsu dekat Pasar Petisah Medan. (sam/sugandhi; http://baleagungonlineshop.blogspot.co.id/2014/02/apa-itu-batu-suiseki.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close