Iptek dan Lingk. Hidup

Sejarah mesin Fotokopi

Betapa besar pengaruh mesin fotokopi berkaitan proses penggandaan dokumen. Pelajar dan mahasiswa, Khususnya mereka yang behubungan dengan proses penggandaan atau penyalinan dokumen2 sebentuk tulisan diatas kertas.

 

Mesin FC yang kita temui mengalami kemajuan dan perkembangan yang membuatnya semakin hari memudahkan pekerjaan penyalin / pengganda berkas. Para ahli sejarah menceritakan bahwa konsep mesin fotokopi ditemukan oleh seorang profesional pengganda dokumen bernama Chester Carlson.

 

Dia meninggal pada 9 September 1968, di Rochester, New York. Konsep penyalian berkas temuan Carlson itu disebutnya dengan istilah elektrofotografi. Konsep ini memanfaatkan energi elektrostatik, yaitu xenography.

 

Awalnya temuan Carlson belum dapat mewujudkan mimpinya membuat mesin penyalin dokumen dengan konsep xenography-nya karena ia butuh dana yang tidak sedikit mengembangkan konsep yang ia yakini ke bentuk produk pengganda berkas tanpa dukungan dana dan tenaga dari pihak yang lain.

 

Carlson memutuskan menawarkan teknologi penggandaan dokumen temuannya ke perusahaan2 sangat sulit mendapatkan respon positif, ia banyak melalui berbagai macam penolakan dari pemilik bisnis kala itu higga akhirnya ia menemukan Batelle Memorial Institute yang ditawarinya menjadi mitra.

 

Charlson bersama Batelle Memorial Institute akhirnya berhasil meyakinkan sebuah perusahaan untuk mendanai proyeknya, yakni  Haloid Corporation yang kala itu bergerak dalam bidang penujualan kertas foto.

 

Chester Carlson Dan Kejayaan Mesin Fotokopi Temuannya

Haloid Corporation yang awalnya hampir menolak mendanai proyek yang ditawarkan Carlson bersama partnernya akhirnya menemukan kejayaan melalui mesin FC buah pikiran dan kerja kerasnya. Xerox 914, produk pertama yang dikembangkan Haloid Corporation berhasil membuatnya populer.

 

Mesin fotokopi pertama mereka tersebut mampu menyalin hingga 100000 copy perbulannya serta mampu mendatangkan penghasilan mencapai 60 juta Dollar Amerika untuk perusahaanya –sangat luar biasa–. Haloid Corporation pun akhirnya berganti nama menjadi Xerox Corporation.

 

Tak hanya berhendit disitu, sama seperti produk2 yang mendunia lain, mesin fotokopi-pun tak pernah berhenti berinovasi. Saat ini berbgai jenis mesin fotokopi dikembangkan oleh berbagai perusahaan, tak hanya didominasi oleh XEROX CORPORATION.

 

Teknologinya terus berkembang. Mesin FC awalnya hanya bisa menyalin kedalam bentuk tulisan hitam putih, saat ini telah mampu menyalin dokumen-dokumen berwarna kedalam bentuk aslinya. Teknologi ADF (auto document feeder) ditambahkan.

 

Tak ketinggalan, fitur komputerisasi dan jaringan juga ditambahkan. Itulah sedikit sejarah tentang mesin fotokopi. Ditulis oleh HAVIA FOTOKOPI (http://haviafotokopi.blogspot.com/) dengan berbagai rujukan. Dan https://haviafotokopi.blogspot.co.id/2014/03/mengenal-mesin-fotokopi-sejarah-dan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close