Aku cinta Indonesia

Serang Banten kota teraman

JAKARTA, KOMPAS.com-Hasil penelitian Indeks Kota Islami (IKI), Kota Serang, Banten, memiliki skor tertinggi untuk variabel Aman. Indeks ini menunjukkan Serang, kota ter-aman bernilai 82,5. Kota2 dengan nilai Aman yang rendah : Palu, Tangerang, dan Jambi yaitu 47,5. Di bawah Serang, kota2 bernilai Aman tinggi : Bengkulu, Yogya, dan Bandung dengan skor 77,5.

 

Menyusul kemudian Padang Panjang, Banjarmasin, dan Ambon dengan nilai masing-masing 72,5.

Adapun Metro, Tasikmalaya, Pontianak, Jayapura dan Semarang diberi skor 70. Kota-kota dengan nilai Aman 67.5 antara lain, Padang, Mataram Surabaya, dan Denpasar.

 

Sementara Makassar diberi skor 62,5 untuk variabel ini. Kemudian, kota Kupang dan Banda Aceh memperoleh nilai masing-masing 57,5 dan 55. Maarif Institute menyusun definisi kerja Kota Islami yaitu kota yang aman, sejahtera, dan bahagia. Masing-masing variabel ini, dibagi beberapa indikator.

 

Variabel aman memiliki indikator, kebebasan beragama dan keyakinan, perlindungan hukum, kepemimpinan, pemenuhan hak politik perempuan, hak anak dan difabel. Sementara indikator variabel sejahtera adalah tingkat pendidikan, pekerjaan, pendapatan dan kesehatan.

 

Terakhir, indikator variabel bahagia yakni berbagi dan kesetiakawanan serta harmoni dengan alam.

Data obektif berupa data sekunder diambil pada 2014. Data tersebut terdiri dari beberapa dokumen resmi dan terpublikasi dari berbagai instansi terkait.

 

Pengambilan data sekunder ini cukup sulit karena banyak data di daerah pada 2014, baru dipublikasi pada 2015. Sementara data persepsi atau subyektif diperoleh melalui wawancara tatap muka dengan narasumber.

 

Pemilihan narasumber ini melalui kriteria ketat sesuai keahlian dan informasi luas terkait indikator yang diukur. (Arimbi Ramadhiani; Hilda B. Alexander; http://properti.kompas.com/read/2016/05/17/190724721/serang.kota.paling.aman.se-indonesia?utm_source=LineNews&utm_medium=relatedcontent&utm_campaign=LINE)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close