Pengalaman Anggota

Pengalaman dengan Ikan Gabus

Ikan Gabus atau iwak Kutuk (bhs Jawa) menurut info yg saya dengar mengandung albumin, biasanya di dicari orang untuk pasien yang setelah operasi, biar lukanya cepat sembuh, ini yang saya dengar. Kawan saya sembuh dari penyakit darah tingginya gara-gara makan ikan gabus tersebut.

 

Awalnya darah tingginya selalu tergantung dari obat dokter. Tekanan darah nya naik ke dokter, setelah diberi obat tekannya turun, tidak makan obat dokter tekan darahnya naik. Dari saudaranya diberikan saran untuk minum cairan ikan gabus yang di tim.
Caranya ikan gabus setelah
dicuci dan dibersihan ditaruh dipiring cukung. Kemudian di tim (dimasukkan ke dandang yang diisi air dan di atasnya diberi saringan pembatas. Tempat kan piring cukung yang berisi ikan gabus tadi. Tutup dadang dan masak.

 

Setelah diperkirakan matang, buka tutup dandang , dipiring cekung tersebut keluar cairan dari ikan kutuk tadi, angkat piring dan diinginkan, setelah diingan airnya dapat diminum. Menurut kawan saya cairannya berbau amis.
Tapi dengan beberapa kali minum cairan kutuk tadi, tekan darah nya jadi normal dan tidak tergantung obat dokter. (Endartono; dari grup WA-VN)-FR
———-

 

Tulisan diatas , mendapat koment dari sobatnya di grup : Maaf, mumpung nemu takut keburu lupa, INFO SEKILAS TTG KASIAT IKAN GABUS; ringkasan klipping SH Kompas

Peneliti ITS,berhasil  membuktikan bhw ekstrak ikan gabus bs jadi obat diabetes krn telah  menurunkan kadar gula serta mampu meregenerasi jaringan pankreas akibat pemberian senyawa aloksan. Tidak hanya itu, ekstrak ikan gabus juga dp meregenerasi testis shg impotensi pria diabetes dpt pula terobati.
Selain diabetes, fish albumin ikan gabus mempercepat penyembuhan  luka hingga 30%. Mau tau cara mengolahnya, baca ulang posting dari p Endartono  di grup ini bbrp wkt yll. Smg bermanfaat. (Soenarto SA; dari grup WA-VN)-FR

———

 

Berikut tentang Ikan Gabus dari sumber lain :

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan sangat fenomenal, hal ini karena kandungan protein pada ikan ini salah satu yang paling tinggi dibandingkan berbagai daging ikan lainnya. Ikan gabus banyak terdapat di perairan di Indonesia, sebab ikan jenis ini lebih banyak hidup di sungai, danau maupun rawa.

 

Sekilas ikan gabus  mirip ikan lele. Perbedaan gampang diamati, ikan gabus tidak memiliki surai atau kumis. Warnanya tak segelap ikan lele. Ikan gabus sama2 dapat bertahan hidup di darat, dalam tempo yang cukup lama, sebab ikan gabus diketahui dapat bernafas secara langsung dengan udara luar.

 

Jika ikan gabus ini hidup di sebuah tempat yang kebetulan airnya berkurang hingga cenderung kering, maka dapat Anda lihat ikan gabus ini membenamkan diri ke lumpur tempat itu. Ini upaya agar tetap hidup. Atau Tak jarang ikan gabus ini berpindah tempat, terutama malam hari yang dilakukan dengan cara melompat lompat di darat.

 

Banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi daging ikan gabus. Kelebihan dan manfaat Ikan gabus adalah :

 

  1. Pembentukan & Pertumbuhan Otot

Ikan gabus Mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele dan pada ikan mas / nila. Namun masih setara dengan kandungan protein yang terdapat pada ikan bandeng. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein.

 

Bandingkan kadar protein ikan Gabus untuk  per 100 gramnya. Yang terdapat pada ayam 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, dan telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

 

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daging ikan gabus banyak mengandung albumin dalam kadar tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh Anda.

 

  1. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga kestabilan regulasi cairan dalam tubuh. Jika kondisi tubuh Anda kadar cairan berkurang, maka protein yang masuk dalam tubuh Anda akan pecah sehingga tak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

 

  1. Sehat untuk pencernaan

Ikan gabus punya struktur daging lebih empuk, anda tidak perlu khawatir pencernaan karena ia mudah di cerna. Ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging ternak darat lain. Hanya 3% hingga 5 % dari total kandungan protein kolagen .

 

  1. Penyembuhan berbagai penyakit

Dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti penyakit  hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, dll

 

  1. Memperbaiki gizi buruk

Dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada bayi , balita , anak maupun ibu hamil karena dalam 100 gr gabus saja sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

 

  1. Membantu penyembuhan anak autis

Ikan gabus memiliki kandungan yang berfungsi untuk membantu penyembuhan pada pengidap autis.

 

  1. Mempercepat penyembuhan luka pasca operasi

Ikan gabus dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka pasca operasi.  Ini karena kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus, sehingga secara cepat dapat membantu proses pembentukan sel  dan jaringan baru pada bagian tubuh Anda  yang telah rusak akibat proses operasi..

 

  1. Membantu mengatasi pembengkakan di tubuh

Selain untuk penyembuhan luka, kandungan albumin dalam ikan gabus yang cukup tinggi juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh Anda.

 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Anda yang ingin daya tahan tubuh lebih baik ? jangan lupa konsumsi ikan gabus secara rutin, konsumsi ikan ini akan membuat tubuh Anda tidak mudah terserang berbagai penyakit akibat perubahan cuaca maupun karena faktor lain.

 

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Dari penelitian di laboratorium diperoleh bukti bahwa dari 100 gram ikan gabus mengandung berbagai kandungan gizi  seperti :

  • Kalori : 69    kalori
  • Protein : 25,2 gram
  • Lemak : 1,7 gram
  • Besi : 0,9 miligram
  • Kalsium : 62   miligram
  • Phospor : 76   miligram
  • Vit.A : 150  miligram
  • Vit.B : 0,04 miligram
  • Air : 69  gram

 

Kandungan gizi ini membuat manfaat gabus baik bagi anda yang ingin meningkatkan gizi janin atau ibu hamil, anak, hingga orang dewasa. Gabus ber-tekstur daging yang lembut dan enak disantap dengan berbagai hidangan. Konsumsi gabus secara rutin akan memberikan dampak bagi kesehatan anda. (http://manfaat.co.id/10-manfaat-ikan-gabus-untuk-kesehatan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close