Aku cinta Indonesia

Sistem integrasi Tol Cipali diterapkan

Merdeka.comPemberlakuan sistem integrasi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai diterapkan Senin (13/6). Dari pantauan merdeka.com di pintu Tol Cikopo, sejak jam 06.00 WIB, penerapan sistem itu diberlakukan dan kendaraan yang melintas di pintu tol itu di jalur Cikopo-Cirebon dan sebaliknya tidak lagi melakukan transaksi.

Menurut kepala ruas transaksi bagian barat Cipali, Prayodi Setyo Pratomo, transaksi atau pembayaran dapat dilakukan di gerbang tujuan, seperti yang masuk dari pintu Tol Cikarang utama Tol Jakarta-Cikampek, dengan tujuan Cirebon dapat melakukan pembayaran di pintu keluar Tol Palimanan.

“Integrasi di gerbang Tol Cikopo ini diberlakukan hari ini mulai pukul 06.00 WIB. Sekarang kita sudah berjalan live integrasinya, ambil contoh dari Cikarang utama kalau mau exit kita sudah bisa membayar langsung di Palimanan. Jadi sudah tidak melewati Cikopo lagi,” kata Prayodi.

Sistem integrasi dilakukan menyusul keputusan pemerintah yang telah melakukan evaluasi mengingat gerbang Tol Cikopo, kerap menjadi pemicu terjadinya kemacetan terutama pada masa arus mudik dan balik, serta libur panjang.

“Jalur dari Jakarta ke Cirebon kita buka empat lajur, sebaliknya dari Cirebon ke Jakarta dibuka tiga lajur. Tapi nanti ke depan semua lajurnya kita perbesar. Gardu semua dibongkar,” ujar Prayodi.

Diberlakukannya integrasi, para pengendara akan melakukan perjalanan dari Tol Cikarang Utama menuju Tol Palimanan sejauh lebih dari 200 kilometer. Namun demikian sejauh ini belum dipersiapkan tempat peristirahatan tambahan, setelah diterapkannya sistem integrasi. Padahal akan banyak pengendara yang mengalami kelelahan karena perjalanan panjang.

“Rest area sejauh ini belum ada penambahan, hanya saja mungkin lahan-lahan parkir di rest area yang ditambah” pungkas Prayodi. (cob; Bram Salam; http://www.merdeka.com/peristiwa/antisipasi-macet-hari-ini-sistem-integrasi-tol-cipali-diterapkan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close