Islam

Festifal idul Fitri di Turki Seker Bayrami

Istanbul – Festival unik ketika Idul Fitri dimiliki Turki. Negara antara benua Eropa-Asia itu punya Seker Bayrami, festival gula yang serba manis dan berlangsung turun temurun di Turki. Jika di Indonesia identik hidangan opor dan ketupat saat lebaran, maka yang bisa ditemui : Lebaran di Turki berarti saatnya menyicipi yang manis2 : Permen, coklat, roti manis dan banyak lainnya

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (9/7/2015), festival Seker Bayrami merupakan perayaan Idul Fitri yang telah menjadi tradisi sejak abad ke-18 silam. Bayram dalam bahasa Turki berarti perayaan hari libur secara nasional, sementara Seker berarti manisan.

Sesuai tradisi, dalam Seker Bayrami ada acara silaturahmi antar anggota keluarga. Orang yang lebih muda mendatangi anggota keluarga yang lebih tua untuk bermaaf-maafan. Kemudian pihak keluarga yang tua, menaruh beberapa lembar uang kertas ke dalam kain sapu tangan untuk anak-anak yang lebih kecil. Kurang lebih sama dengan apa yang ada di Indonesia.

Kemudian, para tamu atau kerabat yang datang disuguhi beragam permen, coklat dan aneka panganan manis lainnya untuk diicipi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk keramahan dan penghormatan tuan rumah kepada para tamu. Siap-siap saja berat badan akan bertambah gara-gara makan yang serba manis.

Tradisi ini juga diramaikan oleh anak-anak kecil yang menggemaskan. Biasanya mereka akan datang bergerombol mengetuk pintu untuk bersilaturahim keliling ke rumah-rumah penduduk. Dengan harapan akan dibukakan pintu lalu disambut dengan kata ‘Iyi Bayramlar’.

Lalu sang tuan rumah akan memberikan sejumput permen dan manisan ke tangan mereka yang sedang menengadah. Anak-anak itu pun sudah bersiap dengan membawa tas besar untuk menampung permen hasil berkeliling. Sungguh seru sekali melihatnya!

Traveler yang kebetulan liburan ke Turki saat Idul Fitri siap2 ikut festival ini. Jika ditawari menyicipi permen, jangan menolak pemberian tuan rumah. Anda wajib hukumnya menyantap hidangan dan permen2 manis untuk mewujudkan rasa terima kasih dan hormat ke mereka. (rdy/fay; Wahyu Setyo; http://travel.detik.com/read/2015/07/09/190841/2965050/1520/seker-bayrami-festival-idul-fitri-di-turki)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close