Iptek dan Lingk. Hidup

Cara lindungi anak terhadap pengaruh buruk Internet

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran teknologi bak pisau bermata-2. Bisa bermanfaat baik atau sebaliknya, menjerumuskan ke hal buruk. Salah satu dilema ortu yang hidup pada zaman modern ini ialah kemudahan anak mengakses internet.

Jika digunakan tepat, internet bisa membuka wawasan pengetahuan dan mempermudah akses informasi. Namun, internet juga mengandung segudang bahaya yang mengancam anak. Gadget dapat menjadi sarana pembelajaran yang mudah bagi anak.

 

Dengan menggunakan gadget, ortu bisa menampilkan berbagai informasi yang dibutuhkan anak dengan mudah. Seperti mengajarkan warna, angka, huruf, hewan, tumbuhan, dan berbagai informasi tentang lingkungan. Pada gilirannya, saat anak mulai bergaul dengan lingkungan sekitar, dia tidak kaget dan dapat menyesuaikan diri dengan cepat.
Dampak negatif mungkin menimpa anak di antaranya menganggu saraf motorik halus, menghambat interaksi sosial, memengaruhi pola bicara, anak akan kesulitan membedakan mana hal yang nyata dan tidak.

 

Yang juga patut diwaspadai jika anak menggunakan internet tanpa pengawasan, mereka bisa mengakses konten yang tak sesuai usia mereka seperti konten dengan pesan negatif bahkan berbau pornografi. Untuk melindungi anak dari bahaya internet, coba terapkan tips berikut.

  1. Buat aturan penggunaan internet dengan anak

Buat aturan yang jelas dengan anak tentang penggunaan gadget dan internet agar tidak kebablasan. Termasuk durasi penggunaan.
Asosiasi dokter anak Amerika Serikat dan Kanada menekankan, ortu harus tegas tidak memberi gadget pada anak usia 0-2 tahun. Anak berusia 3-5 tahun dibatasi satu jam per hari, dan dua jam per hari untuk anak 6-18 tahun.
Untuk membantu Anda mengatur durasi penggunaan gadget, salah satunya dapat memanfaatkan fitur Kids Mode 4.0 pada Samsung Galaxy Tab A 2016. Bila waktu yang ditentukan habis, maka muncul ikon buaya tidur di layar. Dengan demikian, anak secara sukarela menyerahkan gadget jika waktu bermainnya usai.

  1. Libatkan diri saat anak berselancar di internet

Sudah seharusnya sebagai orang tua, Anda mengenal lingkup gerak anak. Dampingi anak saat berselancar di internet. Pastikan juga anak menggunakan teknologi dengan aman.

  1. Ajari anak melindungi privasi

Tidak semua hal boleh dibagikan di internet. Ajari anak untuk melindungi privasi, jangan sembarangan mengumbar informasi pribadi ke publik. Terutama di media sosial. Beri tahu anak untuk tidak menuliskan tentang data pribadi, termasuk alamat dan nomor telepon.
Selain itu, sebaiknya Anda membatasi penggunaan aplikasi agar ia tak mengakses konten yang tak sesuai usia. Caranya? Aktifkan fitur Kids Mode 4.0 misal pada Samsung Galaxy Tab A 2016. Ini fitur parenting control yang berguna menyaring aplikasi yang dapat diakses anak menggunakan pin sebagai kode keamanan.

  1. Letakkan komputer atau perangkat gadget di tempat yang terpantau

Letakkan komputer atau gadget di ruang keluarga. Cara ini memudahkan Anda memantau aktivitas yang dilakukan anak di dunia maya.

  1. Gunakan tablet yang ramah anak

Jika Anda ingin anak menikmati manfaat tablet tanpa khawatir mereka mengakses konten yang tidak cocok dengan usianya, maka pertimbangkan pilih tablet ramah anak. Ini adalah fitur parenting control yang berguna menyaring aplikasi yang dapat diakses anak dengan gunakan pin sebagai kode keamanan.
Seperti Samsung Galaxy Tab A yang sempat diulas di atas, memiliki keunggulan fitur Parental Control (kids mode 4.0).

 

Fitur ini memungkinkan Anda memblokir konten berbahaya dari hasil pencarian di internet, dan mencegah anak akses situs yang tidak semestinya mereka buka. Pengalaman ini pun turut didukung koneksi 4G LTE yang bikin kegiatan berselancar di internet mulus dan lancar.
Samsung Galaxy Tab A dilengkapi jugan kamera belakang 5MP untuk menghasilkan foto yang luar biasa di berbagai kegiatan keluarga. Anda tak perlu khawatir baterai cepat habis saat digunakan menelusuri berbagai informasi di internet atau foto2 momen seru di tengah keluarga.

 

Perangkat ini cocok disebut sebagai tablet modern yang update dengan berbagai kebutuhan keluarga masa kini. (Rosa Anggraeti; http://m.metrotvnews.com/rona/keluarga/9K5Gwo1b-5-cara-melindungi-anak-dari-pengaruh-buruk-internet)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close