Iptek dan Lingk. Hidup

Pokemon mirip ini mencari Masjid

SURABAYA Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Univ-17 Agustus 1945 Surabaya menciptakan aplikasi baru di HP untuk membantu umat muslim di kota itu cari masjid. Aplikasi bernama Go Go Masjid  itu memudahkan cari tempat ibadah terdekat. Hampir mirip Pokemon Go. Namun bukan cari monster.

Pencipta aplikasi itu Wisnu Candi Abdi Kusumo; dan berlogo masjid dua dimensi itu berfungsi mencari masjid di Kota Pahlawan menggunakan teknologi augmented reality berbasis Android. Aplikasi ini terintegrasi dengan internet, kompas, global positioning system (GPS), dan akselerometer pada smartphone Android. “Untuk saat ini, aplikasinya baru bisa digunakan di Android versi 5.0,” ujarnya.

 

Cara kerja aplikasi ini mudah. Tinggal klik aplikasi Go Go Masjid dan arahkan kamera ke timur, barat, utara, atau selatan. Lalu, pilih masjid terdekat. Di layar ponsel tertera data detail masjid. Mulai nama masjid, alamat, kota, kecamatan, nomor identitas (ID) masjid, dan topologi. Aplikasi ini butuh penyempurnaan. Sebab, kini aplikasi Go Go Masjid belum bisa di-download di PlayStore.

Jumlah masjid yang ada di Go Go Masjid masih sedikit. Saat ini baru 238 masjid di Surabaya yang masuk database. Padahal, ada 700 masjid di Surabaya. (rst/c6/fal/flo/jpnn; http://www.jpnn.com/read/2016/08/05/458878/Mirip-Pokemon-Go-Tapi-Ini-Untuk-Mencari-Masjid-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close