Aku cinta Indonesia

Flyover Brebes-Tegal berteknologi Baja Bergelombang

Jakarta-Kemen-PUPR menyampaikan, pembangunan lima jembatan layang flyover di perlintasan sebidang -perpotongan sebidang antara jalur KA dengan jalan- di Kab-Brebes dan Tegal akan menggunakan teknologi baja bergelombang.

 

Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis dari Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, yang diterima Antara di Jakarta, Senin, 12 September.

 

Kemen-PUPR menyatakan akan mempercepat pembangunan 5 jembatan layang berteknologi Corrugated Mortar Pusjatan (CMP) atau baja bergelombang, hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kemen-PUPR di Kab-Brebes dan Tegal.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kelima jembatan layang tersebut dibangun untuk menghilangkan kemacetan akibat perlintasan sebidang kereta api di lima lokasi di Kab-Brebes dan Tegal, yaitu perlintasan sebidang Dermoleng, Klonengan, Kesambi, Karang Sawah dan Kretek.

 

“Kita akan pakai teknologi CMP untuk mengatasi simpang-simpang sebidang dengan kereta api di kawasan Brexit (Brebes exit), di sana ada lima simpang sebidang dengan kereta api, sekarang sedang ditender,” ujar Basuki.

 

“Mudah-mudahan satu setengah bulan ke depan sudah bisa kita tetapkan pemenangnya sehingga sebelum mudik 2017 (jembatan layang) sudah bisa dimanfaatkan,” lanjut dia.

 

Menteri Basuki mengatakan bahwa saat ini kendaraan-kendaraan menghabiskan waktu lima menit untuk melewati setiap perlintasan tersebut, padahal kereta api dalam satu hari melintas sebanyak 72 kali. Bahkan, pada saat musim mudik, kereta api bisa melintas hingga 90 kali.

 

“Jadi dalam satu hari ada 450 menit (untuk kendaraan terhenti). Artinya, sudah berapa jam berhenti, ini akan kita coba atasi dengan teknologi CMP,” kata dia. Basuki menambahkan bahwa teknologi CMP yang sama saat ini sedang dibangun di jembatan layang Antapani di Bandung.

 

Teknologi itu, menurut dia, dapat menghemat sampai 35 persen biaya yang digunakan untuk teknologi biasa. Selain itu, dengan menggunakan teknologi baja bergelombang, pembangunan jembatan layang bisa lebih cepat.

 

“Harganya menjadi murah 35%, kita coba di simpang Antapani di Bandung dengan CMP itu kita bisa berhemat hanya Rp35 miliar”. (/SN; ANTARA dan http://www.beritasatu.com/ekonomi/385136-flyover-brebestegal-gunakan-teknologi-baja-bergelombang.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close